Kebanggaannya Ultras Grey Absen di 4 Cabang Olimpiade UI? Ini Alasannya!

Olimpiade UI merupakan acara tahunan yang diselenggarakan untuk menjalin silaturhmi antar fakultas yang ada di Universitas Indonesia. Hajat terbesar bagi para atlet-atlet Universitas Indonesia tersebut sedianya dilaksanakan dengan suka cita oleh seluruh mahasiswa di kampus kuning. Namun, tahun ini terdapat sedikit noda yang mewarnai pesta akbar para olahragawan/wati di kampus perjuangan ini.

Panitia Olimpiade UI 2016 menyatakan, Kontingen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia tidak lolos verifikasi berkas entry name pada empat cabang olahraga pada Selasa, (8/11). Empat cabang yang dinyatakan tak lolos verifikasi tersebut antara lain, sepak bola, voli, futsal, dan tenis meja.

kontingen
Kontingen Basket FEB UI vs FISIP UI, 5 November 2016 (via KontingenFEBUI)

Hal itu bermula dari miss interpretasi antar pihak yang terlibat, baik dari panitia maupun Kontingen FEB. Berkas entry name Kontingen FEB pada empat cabang tersebut, dikatakan panitia, dikumpulkan pada detik-detik pengumpulan terakhir, yakni pada Jumat, (21/10) pukul 17.00 WIB dengan keadaan foto tidak ditempel pada kolom yang tersedia. Awalnya keteledoran tersebut disikapi dengan permisif oleh panitia, namun pada pelaksanaan drawing cabor terkait, para perwakilan fakultas lain yang hadir menyatakan keberatannya atas kejadian tersebut.

 

BACA JUGA: Olimpiade UI Bakalan Tambah Asyik Kalo Ada Cabang Lomba Berikut ini!

 

Keberatan itu berujung pada pertemuan pada Senin, (31/10) antara pihak FEB dengan pihak Panitia Olimpiade UI 2016 beserta BEM UI 2016 di Gymnasium UI. Pihak panitia dan jajaran BEM UI mulai mempertimbangkan untuk membantu Kontingen FEB agar tetap bisa ikut serta di cabor terkait, melalui CEM (Chief Executive Meeting). CEM sendiri diikuti semua Depor (Departemen Olahraga) dan BEM dari seluruh fakultas di UI.

Dari hasil perjuangan pihak panitia dan BEM UI ditetapkanlah keputusan yang membuat gerah Kontingen FEB beserta supporter yang senantiasa membanggakannya atau lebih dikenal dengan istilah Ultras Grey. Kesimpulan dari pertemuan itu memaktubkan FEB tidak dapat ikut serta di keempat cabor yang dipermasalahkan. Hingga pada forum terakhir yang dinegosiasikan Kontingen FEB kepada jajaran Panitia Olimpiade UI 2016 di Selasar FEB pada Senin, (7/11) tetap tidak membuahkan hasil manis bagi Kontingen FEB.

“Kami sangat mempertanyakan keputusan panitia Olimpiade UI karena pada saat penyerahan berkas, Project Officer serta beberapa penanggung jawab cabor Olimpiade UI menyatakan secara langsung kepada kami bahwa verifikasi berkas FEB UI tidak bermasalah dan dapat diverifikasi,” ujar Irsyan, perwakilan Kontingen FEB, seperti dilansir dari Economica.id.

ultras
Suasana Olimpiade UI pada pertandingan Basket FEB vs FISIP, 5 November 2016 (via KontingenFEBUI)

Atas ketidak puasan tersebut, pihak panitia diminta perwakilan Kontingen FEB untuk menyetujui poin-poin tambahan agar meminta maaf kepada publik atas ketidak ikut sertaan FEB dalam empat cabor tersebut. Hal itu diminta, sebab keputusan panitia dapat membuat kecewa para pelatih Kontingen FEB yang telah meluangkan waktu untuk mengusahakan atletnya juara di masing-masing cabor.

Dari keterangan resmi yang diterima redaksi anakUI.com melalui press release panitia Olimpiade UI di link berikut, pihak panitia mengambil keputusan tersebut berdasarkan pertimbangan poin pada Peraturan Umum Olimpiade UI 2016, yakni:

Peraturan nomor 9. “Jika ada peraturan cabang yang bertumpang tindih dengan peraturan umum, maka akan digunakan peraturan cabang. Tetapi, jika ada peraturan yang tidak tertera pada peraturan cabang, maka akan mengacu pada peraturan umum.”

Peraturan nomor 2.4. “Peserta yang akan mengikuti Olimpiade UI 2016 wajib mendaftar dengan mengisi formulir yang akan diserahkan oleh Panitia Olimpiade UI 2016 kepada ketua kontingen masing-masing peserta dan diserahkan kembali kepada PJ cabang olahraga terkait pada waktu yang telah ditentukan oleh Panitia Olimpiade UI 2016.”

Dengan demikian, arus informasi yang mengalir deras dari hulu ke hilir menyalahkan salah satu pihak diharapkan dapat diterima dengan bijaksana antar kedua belah pihak. Semoga ke depannya BEM UI semakin cepat dan tegas dalam menindaklanjuti suatu masalah sehingga tidak lagi menyebabkan kekecewaan berbagai pihak.

 

BACA JUGA: Perhatikan Hal-hal Ini Sebelum Kamu Turun Jadi Supporter di Olimpiade UI

 

Nah, buat kamu yang ngaku UI banget dan juga ingin membantu memberi informasi serta alasan temen-temen kamu di FEB yang nggak bisa ikut serta di beberapa cabor, yuk bagikan artikel ini di Facebook, Twitter, dan Line kalian! Mari menjunjung tinggi sportifitas dalam berkompetisi!

Olimpiade UI Bakalan Tambah Asyik Kalo Ada Cabang Lomba Berikut ini!

Seperti yang udah kita tau kalo minggu lalu, tepatnya tanggal 31 Oktober 2016, Olimpiade atau yang sering disebut dengan Universiade UI ini resmi dibuka. Yup, kompetisi olahraga yang melibatkan seluruh Fakultas dan Program Vokasi di UI ini merupakan kesempatan bagi mereka menunjukkan atlet-atlet terbaiknya dalam berbagai cabang lomba.

Bukan hanya atlet, bahkan para supporter juga ikut memeriahkan acara ini dengan senantiasa mendukung atlet-atlet tercinta ketika sedang berlaga di medan perang. Lomba-lomba yang ada di Olimpiade UI itu ada banyak loh, contohnya futsal, sepak bola, basket, bulutangkis, voli, atletik, renang, dan masih banyak lagi deh pokoknya!

Eh iya, tapi temen-temen semua nyadar gak sih, sepertinya kita butuh gebrakan baru biar Olim UI itu tambah asik dan terkesan cuma anak UI yang punya? Kira-kira lomba apa aja ya yang memungkinkan? Yuk, disimak mimpi anakui.com berikut ini.

BACA JUGA: Tipe Kalah-Menang yang Bisa Kamu Temui Setelah Pertandingan Olim UI

 

Rektorat Climbing

Serukan jadi pemanjat gedung rektorat yang pertama dalam sejarah? via nona april
Serukan jadi pemanjat gedung rektorat yang pertama dalam sejarah? via nona april

Semua civitas academica UI pasti tau kalo gedung rektorat itu tinggi besar menjulang ke angkasa. Akan tetapi, cuma beberapa yang pernah naik ke lantai tertingginya. Nah, sebagai pengenalan tingkat tertinggi gedung rektorat dan menguji adrenalin para civitas, maka rektorat climbing cocok banget nih dijadiin cabang lomba baru. Coba bayangin nanti perwakilan dari tiap fakultas berlomba-lomba untuk menjadi pemanjat gedung rektorat yang pertama dalam sejarah. Menakjubkan, bukan?

 

Berenang, tapi di Danau UI

Cabang lomba berenang, tapi di danau UI via kisah pekerja lepas
Cabang lomba berenang, tapi di danau UI via kisah pekerja lepas

Ada pepatah yang pernah mengatakan bahwa manfaatkanlah sebaik-baiknya apa yang kamu punya. Bener banget sih, daripada jauh-jauh nyewa kolam renang lagi, lebih baik kita menggunakan fasilitas yang sudah tersedia. Gratis! Alami tanpa kaporit! Udah gitu, danau UI pun banyak pilihannya. Ada enam buah yang jika kata pertamanya dirangkai menjadi kata KAMPUS. Tinggal pilih deh tuh yang ukurannya hampir standar dan view-nya yang asyik sebelah mana.

 

Angkat Ember

Ngangkutin ember yang isinya air bocoran via properti and event
Ngangkutin ember yang isinya air bocoran via properti and event

Kamu pasti pernah ke Perpusat dan melihat kemirisannya sewaktu hujan? Huhuhu bocor di mana-mana, ember di mana-mana. Karena katanya mahasiswa harus berkontribusi bagi sekitarnya, maka dari itu kita juga harus turut membantu universitas kita tercinta. Ya, contohnya aja ngangkutin ember yang isinya air bocoran, sekaligus berkompetisi membentuk otot dan melatih kesabaran.

 

Mengejar Bikun

Lomba buat kamu yang suka ngejar bikun via i1os
Lomba buat kamu yang suka ngejar bikun via i1os

Kapan lagi coba kita mengadakan lomba lari dengan fasilitas kampus? Buat kamu yang tiap pagi lari-lari ngejar bikun karena takut ketinggalan kelas boleh banget nih dicoba, siapa tau bisa mengharumkan fakultasmu dan mencetak sejarah. Lumayan gitu menuh-menuhin CV: “Juara 1 Cabang Lomba Mengejar Bis Kuning pada Olimpiade UI 2090.” Asik banget, gak? Iya, lalu kamu nanti diterimanya malah jadi kenek. Eh apa sih ini?

 

Supporter paling merdu

Gak ada lagi yang teriak-teriak deh via arjunatekn1k
Gak ada lagi yang teriak-teriak deh via arjunatekn1k

Supporter bakalan jadi gitu-gitu aja kalo isinya cuma nyanyian kompak dan teriak-teriak semangat ke para atlet. Akan jadi lebih artsy dan berkelas kalo ada lomba supporteran paling merdu juga nih, kan lebih bikin suasana pertandingan jadi syahdu. Atlet yang kita dukung juga jadi gak terbakar api, malah bikin tenang dan damai hehe. Siapa tau kalo supporterannya berkualitas nanti, akan dijadiin konser tunggal sama Pak Dibyo. Mantap kan?

Ya udah deh gitu aja. Semoga suatu saat nanti mimpi dan harapan anakui.com bisa terealisasikan entah di Olim UI kapan. Semoga Olimpiade UI 2016 tahun ini sukses sampai akhir rangkaian acara dan dapat meningkatkan sportifitas dari tiap-tiap Fakultas! Semangat untuk panitia dan peserta!

Kira-kira akan ada tubir gak ya? Hm kita tunggu saja.

*provokator*

Lima Acara ini Wajib Banget Kamu Datengin Seengaknya Sekali Selama Menjadi Mahasiswa UI

Bagi mahasiswa UI, mengadakan berbagai acara bukan suatu hal yang asing. Banyak banget acara yang diselenggarakan oleh berbagai macam lembaga maupun kepanitiaan di UI itu sendiri. Acaranya juga macem-macem, ada yang fun, syahdu, sampe serius. Semuanya menggambarkan “pesta”-nya anak UI bangetlah pokoknya. Iya dong, masa buku dan cinta melulu.

Nah, oleh karena itu, anakui.com punya rekomendasi acara yang wajib banget kamu datengin selama kuliah di UI! Ya, selagi masih mahasiswa dan masih sering ke kampus, seengaknya sekali dalam kehidupan ngampus kamu ikutan acara-acara keren berikut ini, karena serunya jadi mahasiswa itu tidak terulang dua kali!

 

JGTC

Acara tahunan festival musik jazz yang diselenggarakan oleh FEB UI via Youthmanual
Acara tahunan festival musik jazz yang diselenggarakan oleh FEB UI via Youthmanual

Siapa sih anak UI yang gak tau sama JGTC? Yup, Jazz Goes to Campus ke-39 yang tahun ini diselenggarakan tanggal 27 November 2016 mendatang merupakan festival musik jazz yang diselenggarakan oleh FEB UI.

Dari nama acaranya gak kedengeran sama sekali kan kalo acara ini merupakan prokernya BEM FEB UI? Wah, berarti acara ini udah keren banget dan udah dianggap masyarakat layak dikatakan sebagai prokernya satu UI, padahal yang jadi panitia cuma anak-anak FEB loh!

Dengan harga tiket mulai dari Rp65-  Rp78 ribu, kamu gak akan rugi karena gak cuma penyanyi papan atas lokal aja yang hadir di sini tapi juga internasional, loh! Contohnya aja tahun lalu ada Lenka dan tahun ini ada Daniel Powter! Bener-bener harus nyobain seenggaknya sekali dalam seumur hidup kamu biar tambah afdol jadi anak UI.

 

Supporter Olimpiade UI

Serunya jadi supporter di Olimpiade UI via Cyberspace & Time
Serunya jadi supporter di Olimpiade UI via Cyberspace & Time

Siapa sih yang meragukan hype-nya supporter Olimpiade UI, apalagi bidang olahraga mayor kayak futsal, basket, dan bulu tangkis? Masing-masing fakultas tentu saja mengerahkan massa sebanyak-banyaknya untuk mendukung kontingennya dan menunjukkan kepada seluruh umat siapa yang paling kompak dan paling asyik.

Intinya sih ikut aja, sekali aja deh setidaknya kalo kamu anaknya mageran, asal tau aja gitu rasanya supporteran gimana. Dua fakultas yang terkumpul dalam satu stadion, gymnasium, atau perHall saling menggaungkan yel-yel kebanggaannya masing-masing. Euforia yang akan kamu terus kangenin sampai kapan pun.

 BACA JUGA: Perhatikan Hal-hal Ini Sebelum Kamu Turun Jadi Supporter di Olimpiade UI

 

Seminar Berbayar

Kamu harus datengin minimal sekali seminar berbayar di UI via Fakultas Teknik Universitas Indonesia
Kamu harus datengin minimal sekali seminar berbayar di UI via Fakultas Teknik Universitas Indonesia

Susah banget ngitung seminar yang diselenggarakan oleh mahasiswa UI, apalagi kita terdiri dari bermacam program studi dengan fokusnya tersendiri. Tentu dari tiap lembaga di fakultas masing-masing memiliki proker seminar yang bertujuan memperdalam bidang studi dari narasumber yang berpengalaman.

Akan tetapi, dari sekian banyak acara seminar yang diselenggarakan, tentu saja ada setidaknya satu program seminar besar dan berbayar yang pembicaranya juga keren deh pokoknya. Nah, yang ini nih, yang kamu harus datengin minimal sekali selama kuliah di UI! Pastinya akan beda banget sama seminar-seminar gratis dan kecil biasa, seminar berbayar ini diselenggarakan di auditorium yang kece, profesionalitas panitianya tinggi, pembicaranya orang-orang penting semua, dapet lunch dan seminar kit, bahkan ada beberapa yang ada gala dinner-nya juga loh! Berkualitas deh pokoknya.

Selain kamu harus dateng, kamu juga harus ngerasain gimana rasanya jadi panitia ini, lagi-lagi minimal sekali dalam hidupmu. Kalo kamu jadi panitia, dresscode-nya pasti pake baju bagus semacam blazer dan kawan-kawannya. Kapan lagi mejeng make jas atau blazer di depan temen-temen kampus?

 

CompFest

 Ada pameran teknologi atau playground yang pastinya menakjubkan di CompFest via bem.cs.ui.ac.id
Ada pameran teknologi atau playground yang pastinya menakjubkan di CompFest via bem.cs.ui.ac.id

Acara yang berkaitan dengan teknologi satu ini dan diselenggarakan oleh BEM Fasilkom UI juga gak boleh ketinggalan kamu ikutin, nih. Selain ada pameran teknologi atau playground yang pastinya menakjubkan, ada berbagai macam lomba dan academy yang hadiahnya gak nanggung-nanggung loh! Liat aja seberapa banyak sponsor dan media partner yang tercantum di poster acara mereka. Meyaknikan banget gak, tuh?! Ditambah lagi, tahun ini CompFest 8 mengundang HiVi! pada main event-nya. Satu acara yang gak boleh terlewatkan, bukan? Wajib banget kamu datengin biar makin melek sama teknologi.

 

Wisuda Genap

Rasain atmosfirnya wisuda paling heboh di UI via metrotvnews
Rasain atmosfirnya wisuda paling heboh di UI via metrotvnews

Nah, terakhir nih. Admin bukan bilang kamu harus wisuda di genap ya hehehe… Kalau mau ganjil ya silakan, 6,5 tahun misalnya. Eh maap.

Iya, wisuda genap merupakan wisuda yang paling heboh karena berbarengan dengan penerimaan mahasiswa baru. Pada wisuda ini, mahasiswa baru akan menjadi paduan suara yang mengiringi para wisudawan. Serunya lagi, mereka semua mengenakan jakun hasil jerih payah melawan kemalasan latihan padus yang kalo gak lengkap kartunya satu biji aja, gak dapet jakun. Betul begitu? Hahahaha.

Ya gak usah dijelasin panjang lebar lagi dah, mungkin bagi kamu yang waktu maba dateng wisuda genap untuk mengiringi wisudawan udah merasakan atmosfir merindingnya gimana, yang belum ngerasain, pokoknya wajib kudu harus dateng wisuda genap minimal satu kali seumur hidup deh!

 

Udah ah, gitu aja, oleh karena itu agar supaya jika menjadi, silakan mulai dari sekarang yang jomblo cari temen buat ikut acara di atas biar afdol jadi anak UI dan biar ada bahan cerita untuk anak dan cucu kelak. Selamat merayakan pesta!

Pesta Keilmiahan Terbesar Mahasiswa di Universitas Indonesia Masih Berlangsung!

Senin, 4 Oktober 2016 lalu, acara yang merupakan pesta keilmiahan terbesar mahasiswa di UI telah resmi dibuka. Yup, Olimpiade Ilmiah Mahasiswa Universitas Indonesia atau yang biasa disingkat menjadi OIM UI ini merupakan kompetisi terbesar dalam bidang keilmiahan yang melibatkan seluruh fakultas di UI untuk unjuk gigi dan memperlihatkan kemampuan kontingen-kontingen terbaiknya.

Nah, kali ini pihak anakui.com ingin memberikan ke teman-teman semua, kira-kira kayak apa sih OIM UI 2016 ini? Langsung dari Project Officernya loh, Saffanah Marietta, yang hangat disapa dengan Seffin. Langsung aja dibaca yok!

oimui

Seperti yang kita tau sendiri bahwa OIM merupakan lomba keilmiahan terbesar tingkat UI. Pada acara ini, terdapat berbagai jenis lomba yang diikutsertakan, di antaranya adalah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Debat Bahasa Indonesia, Debat Bahasa Inggris, Quiz, Poster Inspiratif, dan masih banyak lagi!

Kalau kamu bertanya apa yang akan berbeda dari OIM UI tahun lalu dengan tahun sekarang, nih kita kasih tau sedikit biar gak penasaran-penasaran banget. Jadi, OIM UI tahun ini ingin memberikan kesan yang beda bagi kegiatan keilmiahan; bahwa keilmiahan itu gak melulu dikorelasikan dengan sesuatu yang nerdy, geeky, dan serem-serem serius gitu. Makanya, acara yang memiliki tagline “Challange Your Imagination” ini, design secara umumnya lebih ke colorfull dan menarik lucu-lucu gitu kalo temen-temen sendiri perhatiin.

myhome
Sumber: Official Account OIM UI 2016

Meski di awal kepanitiaan sempat terkendala perihal dana, hal itu tidak meruntuhkan semangat Seffin beserta panitia lainnya untuk totalitas dalam menyelenggarakan acara ini. Seffin memiliki target dan capaian tersendiri bahwa OIM tahun ini harus memiliki banyak penonton di tiap lombanya. Jadi sebisa mungkin panitia menyediakan ruangan lomba yang memadai agar supporter dari tiap kontingen juga bisa banyak, apalagi untuk lomba-lomba tertentu. Contohnya aja nih, OIM Quiz diadakan di Annex Balairung agar penonton lomba ini juga bisa tertampung banyak, mengingat nonton OIM Quiz ini seru dan bikin geregetan banget loh, kamu harus nyobain! Selain itu, pertanyaan-pertanyaannya juga menambah wawasan kita banget. Asyik kan nambah wawasan dengan cara yang fun?

Oh iya, kamu pasti pernah dong sesekali mikir, abis OIM UI, terus pemenang-pemenangnya akan dibawa ke mana ya? Nah, kalo masalah ini, Seffin menjawab dengan tegas bahwa pemenangnya gak akan dibawa ke mana-mana.

“Sebenernya kita ada juga lomba ilmiah antar-Universitas, yaitu PIMNAS. Tapi sayangnya, OIM UI dan PIMNAS ini gak in line jadwalnya, jadi akan susah kalo misalkan kontingen yang menang di OIM dilanjutkan ke tingkat PIMNAS. Lagipula, PIMNAS juga udah ada wadahnya sendiri untuk menjaring kontingen-kontingennya. Kesimpulannya, OIM UI ini pure untuk seru-seruan dan mencari experience baru serta ajang unjuk gigi antar-fakultas di UI,” jawab Seffin.

myhome_0
Sumber: Official Account Line OIM UI 2016

Ada lagi yang beda dari OIM UI tahun ini. Kalo biasanya opening OIM UI ada ceremonial dan paradenya, berbeda dengan sekarang. Rencananya, ceremony dan Parade OIM UI 2016 akan digabung bersamaan dengan dua kompetisi besar nan bergensi di UI lainnya; OLIM UI dan UI AW. Gak sabar kan betapa meriah dan ramenya acara ini nanti? Datang dan saksikan sendiri tanggal 14 Oktober 2016 di Rotunda Universitas Indonesia!