Inilah Beberapa Fasilitas di UI yang Dialihfungsikan Saat Musim Ujian

Kalau berbicara tentang fasilitas di UI, sudah tentu sepuluh jempol siap diacungkan. Eh, kalian cuma punya 2 jempol ya? Ya sudah, angkat dua-duanya deh.

Sobat Anak UI, ngomong-ngomong soal ujian nih, biasanya mahasiswa Universitas Indonesia punya persiapan yang matang-matang dan unik untuk diri mereka sendiri lho, bukan hanya mental dan fisik tapi juga kesiapan belajar dan sarana belajar yang dapat mendukung. Maklum lah, kampus yang terkenal dengan slogan Veritas, Probitas, dan Iustitia ini memiliki mahasiswa yang terkenal genius, kreatif, unik dan fokus pada orientasi masing-masing individu. So, setiap individu bakal punya cara tersendiri untuk memaksimalkan kemampuan mereka sebelum bersaing pada ujian nanti.

Kamu tahu nggak sih ternyata selama masa ujian semester berlangsung, fasilitas-fasilitas dilingkungan kampus Universitas Indonesia dalam sekejap dialihfungsikan? Dialihfungsikan oleh siapa? Rektor? Dosen? Pegawai UI?

Bukan! Fasilitas-fasilitas tersebut secara tidak langsung dialihfungsikan oleh mahasiswa dan mahasiswi Universitas Indonesia sendiri untuk kegiatan belajar mereka selama masa ujian berlangsung. Kenapa demikian, bagaimana bisa? Pasti kamu punya banyak pertanyaan. Untuk lebih jelasnya, yuk diintip beberapa tempat-tempat tersebut dibawah ini.

 

BACA JUGA: Siapa Bilang UAS Cuma Bikin Stress Doang? Nih, Hikmah Tersembunyi di Balik UAS!

 

Kantin dan Lobi Asrama Universitas Indonesia

Wah kantinnya luas dan pewe banget kan keliatannya? (via asrama.ui.ac.id)

Hayo, siapa yang bukan anak Asrama UI tapi sering berkunjung ke Asrama UI untuk kerja kelompok, tutor, diskusi dan mentoring? Pasti banyak diantara kalian yang pernah, ya kan? Asrama Universitas Indonesia ini memang memiliki kantin yang cukup nyaman lho, makanan di sana terkenal murah-murah dan enak-enak, memiliki fasilitas makan yang memadai dan wifi yang on hampir 24 jam.

Di zona-zona fokus seperti zona ujian sekarang, Asrama UI sering dijadikan perkumpulan para mahasiswa untuk sharing materi kuliah, baik itu di kantin yang seharusnya menjadi tempat makan, atau di lobi. Biasanya, sih, kalau kantin sudah kepenuhan, spot kedua yang dijadikan alternatif adalah daerah lobi. Kanan kiri mahasiswa, depan belakang mahasiswa, padat merayap oleh himpunan mahasiswa.

Lobi Asrama UI seringkali dijadikan tempat mahasiwa duduk-duduk membentuk lingkaran untuk berdiskusi lho. Bukan hanya itu, saking nggak ada tempat lain untuk bisa belajar, terkadang beberapa mahasiswa sampai rela berdiskusi di selasar-selasar. Maksa banget, ya? Itulah keunikannya. Selain itu, fasilitas yang menjamin kenyamanan di sini juga adalah pusat pemberangkatan dan pemberhentian bus kuning. Bus kuning biasa beroperasi dari jam 7 pagi sampai jam 9 malam di hari Senin-Jumat dan jam 7 pagi sampai jam 5 sore dihari Sabtu. Nah, hal tersebutlah yang kerap kali dijadikan alasan para mahasiswa untuk belajar di Asrama Universitas Indonesia. Selain nyaman, wifi aman, transportasi terjamin. Wah, patut dicoba nih!

 

Selasar Perpustakaan UI

Ada yang pernah nekat belajar di depan gate in? (via elibrary.bsi)

Tempat kedua adalah selasar perpustakaan Universitas Indonesia. Tahu nggak sih, pada musim ujian ini, kegiatan belajar atau berdiskusi bukan hanya dilakukan di dalam perpustakaan saja lho, tapi juga di selasar-selasar Perpusat contohnya di selasar pintu masuk, di depan Bank Mitra UI, di depan kantor pos, bahkan pintu keluar di dekat Restoran Korea. Kalian pasti sering melihat perkumpulan-perkumpulan mahasiswa yang duduk di spot-spot tersebut, bukan? Nah, itu sebagai bukti kalau mahasiswa UI menyambut antusias musim ujian mereka.

Lingkungan Perpustakaan Universitas Indonesia memang tidak hanya menyediakan fasilitas berskala besar sampai berskala kecil, tapi juga menyediakan fasilitas tambahan yang mungkin tidak semua orang dapat terpikir sampai kesana. Contohnya saja dapat dilihat dari kebersihan dan keluasan lantai di Perpustakaan Universitas Indonesia. Untuk apa tepatnya kita bisa lihat pada masa ujian, lantai-lantai tersebut sangat berguna untuk mahasiswa ketika belajar bersama, tutor, sharing dan mentoring.

 

Bis Kuning

Belajar di Bikun asik juga.

Tempat yang selanjutnya adalah Si Kuning tanpa tanda jasa. Hujan angin selalu ada, badai petir setia bersama. Itulah Bis Kuning Universitas Indonesia. Lah kok puitis banget?

Karena kesibukan yang padat, belum sempat belajar dan terlambat masuk kelas, terpaksa Bis Kuning ini jadi tempat andalan untuk belajar kilat. Hayo siapa yang pernah bahkan sering belajar atau membaca dalam Bis Kuning? Sadar nggak sih secara nggak langsung kamu salah satu mahasiswa yang telah mengganti fungsi bus ini menjadi fungsi yang lain, yaitu tempatmu belajar. Namun, hal tersebut sangatlah wajar dan memang sering dilakukan.

Pada masa ujian, biasanya bus kuning tercinta ini akan dipenuhi mahasiswa UI yang membawa note berupa secarik kertas ataupun potokopian temennya untuk bekal pembelajaran mereka sebelum ujian dimulai. Selain itu, beberapa mahasiswa kadangkala melakukan diksui kecil. Tidak peduli dalam posisi duduk atau berdiri, berdesak-desakan atau tidak, para mahasiswa ini masih bisa fokus lho, keren, ya? Secara, Anak UI gitu lho. Melihat gerak-gerik mahasiswa tersebut, sopir bus kuning sendiri kadang cepat tanggap dan maklum. Mereka menghargai para mahasiswa dengan cara mereka sendiri, yaitu mematikan musik di dalam bus demi tercapainya pemahaman para mahasiswa sebelum ujian.

 

Kamar Mandi/Toilet

Belajar sepi sendiri. (via fisip.ui.ac.id)

Selanjutnya adalah kamar mandi maupun toilet. Percayalah pasti kalian pernah melihat seseorang masuk ke dalam toilet sambil membawa buku dan catatan. Ngapain? Jelas belajar. Di dunia ini, bahkan di Universitas Indonesia sendiri ada juga lho beberapa mahasiswa yang memang lebih fokus belajar di tempat-tempat sepi seperti misalnya kamar mandi atau toilet. Terutama toilet Universitas Indonesia yang kenyamanannya terjamin. Selain bersih, rapih juga strategis. Asal jangan pas ujian aja ke toilet terus buka hape. Hehe.

Mahasiwa yang senang belajar di kamar mandi cenderung menyukai ketenangan, suka menyendiri dan tidak ingin proses belajarnya terganggu oleh suara siapapun terkecuali suara air. Memasuki masa ujian, biasanya mahasiswa yang belajar di kamar mandi akan memilih waktu pada siang dan sore hari. Gila, di kamar mandi ngapain aja? Biasanya, proses belajar di kamar mandi hanya untuk mata kuliah berbasis pemahaman dan hafalan saja, kok. Keheningan dan ketenangan di kamar mandi itu sendiri dapat mendukung cepatnya daya tangkap otak. Well, kalau kalian ingin mencoba seperti mereka, pastikan kamar mandi di rumah atau kos kalian bersih, ya!

 

BACA JUGA: Ini Dia Tipe-tipe Mahasiswa Saat Menghadapi UAS, Kamu Termasuk yang Mana?

 

Nah, itulah beberapa dari fasilitas di Universitas Indonesia yang secara tidak langsung dialihfungsikan oleh para mahasiswanya untuk kegiatan belajar mereka saat masa ujian. Unik dan bermacam-macam, ya, cara setiap orang untuk belajar? Kamu ingin mencobanya? Jika iya, selamat mencoba. Jangan lupa juga share ke temen-temen kamu informasi ini biar kamu bisa beramai-ramai mencoba. Selamat Ujian!

9 Jenis Anak Teknik Berdasarkan Tempat Tongkrongannya (Bag. 2 – habis)

Apa kabar, Civitas Academica Universitas Indonesia? Di sela-sela hiruk-pikuk Ujian Tidak Serius dan long weekend ini, saya hadir kembali menambah penat di kepala Anda. Kali ini gue akan membahas tentang jenis-jenis anak teknik, pastinya di FTUI, berdasarkan tempat tongkrongannya—karena setiap departemen maupun jurusan pasti punya ciri khasnya masing-masing.

Buat anak teknik atau anak-anak fakultas lain yang penasaran, mau meng-iya-banget-kan, atau bahkan meng-yaelah-apabanget-kan artikel ini, yuk ga usah basa-basi lagi; sok atuh dibaca!

Ini bagian kedua. Baca bagian pertama dari tulisan ini: 9 Jenis Anak Teknik Berdasarkan Tempat Tongkrongannya

 

4. Anak Gazeb//Kanopi

Gazebo Teknik UI

Ada yang menyebutnya Gazebo, ada yang menyebutnya Kanopi. Terserah mau nyebut apa, yang penting fungsinya sama; buat duduk-duduk ngobrol-ngobrol, belajar bareng, atau ngerjain tugas. Kanopi atau Gazebo yang paling terlihat oleh khalayak ramai adalah kanopi Teknik Metalurgi dan Material, Teknik Kimia, dan Teknik Mesin. Ketiga kanopi ini letaknya berdekatan dan jika dilihat dari ketinggian 1000 kaki akan terlihat seperti membentuk rasi bintang tertentu dan membentuk sudut-sudut geometrik yang sangat aduhai. Ga deng boong.

Kalo diperhatikan dengan teliti dan saksama, Kanopi atau Gazeb yang paling ramai dan tidak pernah kesepian pengunjung adalah Gazeb Teknik Kimia. Di sana selalu ramai dengan mahasiswa-mahasiswa yang menghabiskan waktunya, entah untuk bercengkrama ataupun… belajar.

 

5. Anak Studio

1428123100945
Studio Teknik Arsitektur (Photo by Shaflian)

Wah tidak usah dipertanyakan lagi siapa yang menghuni tempat ini, sudah dipastikan adalah anak Arsitektur. Bayangkan, studio di lantai 6 gedung S ini merupakan satu-satunya ruangan di lantai tersebut. Penulis ga pernah masuk sih, cuma pernah sampe depannya doang dan bener-bener lyk a studio yang di mana-mana tercipta sebuah karya yang luar biasa. Studio ini bisa diibaratkan sebagai rumah kedua bagi mahasiswa-mahasiswi Arsitektur, karena mereka banyak menghabiskan waktu di sana bersama kelompoknya untuk membuat segala macam maket dan tugas yang diberikan. Katanya sih, semakin banyak mendekam dan menghabiskan waktu di studio, semakin sejati-lah mahasiswa Arsitektur tersebut. Gimana engga, 6-10 SKS berasa 144 SKS, brur.

 

6. Anak EC

DSCN3564
Engineering Center (sumber)

EC atau Engineering Center merupakan gedung yang cukup kekinian, didominasi oleh kaca, dan sangat syuting-able. Lokasinya berdekatan dengan FE dan Jembatan Teksas. EC ini adalah tempat dimana anak-anak Program internasional mengenyam bangku kuliah, otomatis pasti kebanyakan dari mereka nongkrong di sana. Fasilitasnya juga cukup lengkap yakni terdiri atas parkiran yang sangat luas, pintu yang dapat terbuka otomatis, segala jenis ATM dan Bank Bukopin, lift, serta 2nd Bite. Sayang saja terdapat inkonsistensi antara lantai yang ditunjuk oleh lift dengan lantai yang sebenarnya huehehe.

 

7. Anak Rotunda

1428118335989
Rotunda FTUI (Photo by Amel)

Sebenernya penulis sendiri masih bertanya-tanya apakah definisi dari seonggok Rotunda. Saat melihat ke Rotunda UI, di sana yang dominan adalah lapangan luasnya. Apabila menengok ke Rotunda Teknik, maka yang terlihat adalah meja besar melingkar dengan kursi-kursinya yang juga demikian. Ada juga panggung super besar yang bernama Rotunda Tekkim, bisa dipake personil TJK48 buat manggung di FT. Rotunda ini besar sekali pemirsah dan biasa dipake anak Tekkim buat ngumpul-ngumpul ataupun kalo ada gathering gitu, heboh dan keren deh pokoknya.

Dan yang masih menjadi misteri serta hidden place adalah kafe di bawah Rotunda Tekkim itu. Ternyata kafe itu telah ditutup dan sekarang dijadikan gudang… Huh rupa-rupanya Teknik benar-benar tidak memiliki tempat yang sederajat dengan ah, Coffe Toffee, maupun Yoshinoya. Ga deng becanda, don’t expect too much.

 

8. Anak Selasar

1428070792152
Selasar Departemen Teknik Elektro (Photo by Aiyuni)

Selasar a.k.a ruang yang berfungsi untuk sirkulasi barang dan manusia serta sering mengalami reproduksi ruang merupakan tempat nongkrong yang pw dan asik karena kamu bisa selonjoran dan sender-senderan sesuka hati. Selasar yang selalu terlihat ramai dan heboh adalah Selasar (lagi-lagi) Teknik Arsitektur. Selasar ini akan selalu ramai, silahkan diperhatikan apabila teman-teman melakukan migrasi saat jam makan siang dari Lobby S menuju Kantek.

Selain Teknik Arsitektur, anak selasar ini juga dijuarai oleh Teknik Elektro. Jika dilihat-lihat, selalu ada mahasiswa yang bertengger di selasar ini, entah sekedar bermain laptop ataupun bercengkrama dan rapat kecil-kecilan. Mungkin karena selasar Teknik Elektro sangat nyaman dan departemennya berlokasi di paling depan FTUI (?)

 

9. Anak Jurang

Aku pun tidak mengerti mengapa poin terakhir ini sangat absurd dan agak sedikit beda dari yang lain. Sejujurnya poin ini cuma buat mengganjilkan jumlah poinnya, karena Tuhan itu satu dan satu itu ganjil. Gue sendiri pun ga tau letak jurangnya dan mengapa orang-orang menyebut lokasi ini adalah jurang. Tempat ini dipenuhi dengan mobil-mobil yang berparkir, berdekatan dengan Pusgiwa UI, belakang Stadion, dan deket juga sama Departemen teknik Metalurgi dan Material serta Teknik Industri.

Oh iya, kalo ada penunjuk jalan di deket Vokasi yang bertuliskan Laboratorium Teknik Metalurgi dan Material, itu sebenarnya mengarah ke jurang yang dimaksud. Penulis sendiri yang merupakan mahasiswa jurusan tersebut masih belum mengerti mengapa laboratorium kita dibikin penunjuk sendiri padahal laboratorium tersebut tidak terpisah dari FT dan tidak sebesar yang Anda pikirkan, kawan-kawan… Cuma emang ada gedung yang baru dibangun sih.

 ***

Udah, jadi segitu aja jenis-jenis anak teknik menurut tempat tongkrongannya. Sebenernya ga bisa distereotype-kan dan digeneralisasi juga sih pernyataan-pernyataan ini, ga berlaku mutlak juga, cuma karena emang dominan dan ciri khas banget, maka terjadilah. Buat seru-seruan aja kok teman-teman, no offense. Meskipun tempat main kita beda-beda, kita tetep anak papa mama membaur serta senantiasa menciptakan solid teknik, kok. Ea. Bagi temen-temen yang mau nambahin silahkan komentar aja, gratis kok! Selamat menikmati UTS semua!

9 Jenis Anak Teknik Berdasarkan Tempat Tongkrongannya (Bag. 1)

Apa kabar, Civitas Academica Universitas Indonesia? Di sela-sela hiruk-pikuk Ujian Tidak Serius dan long weekend ini, saya hadir kembali menambah penat di kepala Anda. Kali ini gue akan membahas tentang jenis-jenis anak teknik, pastinya di FTUI, berdasarkan tempat tongkrongannya—karena setiap departemen maupun jurusan pasti punya ciri khasnya masing-masing.

Buat anak teknik atau anak-anak fakultas lain yang penasaran, mau meng-iya-banget-kan, atau bahkan meng-yaelah-apabanget-kan artikel ini, yuk ga usah basa-basi lagi; sok atuh dibaca!

Bagian kedua dari tulisan ini bersambung besok lusa. Subscribe lewat email ya supaya tidak ketinggalan updatenya!

1. Anak Kantek

90705785
Kantek (sumber)

Kantin Teknik atau biasa familiar disebut Kantek merupakan tempat favorit bagi anak-anak teknik yang suka nongkrong-nongkrong ataupun sekedar melepas rasa lapar. Tau ga sih, secara ga sadar dan ga disengaja, ternyata kantin teknik ini terbagi-bagi menjadi zona-zona tersendiri, tempat di mana mahasiswa-mahasiswa dari jurusan tertentu biasa ngumpul. Ada apa aja tuh?

Kantek Dalam

1424131958910
Photo by Melissa

Jadi secara garis besar Kantek itu dibagi jadi dua, ada Kantek Luar dan Kantek Dalam. Kantek yang di dalam, ya namanya Kantek Dalam. Ets, Kantek Dalam dibagi lagi jadi dua lagi, ada Zotam (Zona Hitam) dan Zona Sipil.

Zotam (Zona Hitam)

Zona Hitam ini terletak di Kantek Dalam yang letaknya deket sama Lapangan Teknik (Laptek), biasanya dihuni sama anak-anak Teknik Mesin.

Zona Sipil

Nha, kalo yang ini dari namanya aja udah jelas, pastilah dihuni sama anak-anak Teknik Sipil. Kalo tadi Zotam letaknya di deket Laptek, Zona Sipil ini letaknya deket sama Taman Teknik (Tamtek).

Zotam dan Zona Sipil ini ga literally kepisah kok, cuma dibagi aja jadi sebelah kiri dan sebelah kanan, dan keduanya dipisahin sama jalan buat orang-orang lewat di mana ketika kamu melewati jalan tersebut kamu merasa berjalan di tengah lorong yang hampa dan berasa seperti Miss Universe, semua mata tertuju padamu sembari diiringi lagu You Rise Me Up. Oh iya, jadi Kantek Dalam ini juga sering dipake buat acara-acara gitu karena emang tempatnya luas dan pas banget buat dibikin panggung kecil-kecilan. Juga di tempat inilah aspirasi-aspirasi dan diskusi-diskusi yang dirindukan mahasiswa, khususnya mahasiswa teknik terjadi.

Zona Hijau a.k.a Zona Ganteng

1428113028115
Zona Hijau (Photo by Amel)

Zona Hijau atau Zona Ganteng (Zogan) ini terletak di luar, sebelah pojok Kantek, sebelahan sama Musholla Teknik (Mustek). Zogan ini merupakan tempat yang sering banget dipake nongkrong anak-anak Teknik Metalurgi dan Material, saking seringnya sampe punya location sendiri di Path. Dinamakan Zona Hijau mungkin karena memang wilayah tersebut didominasi oleh nuansa hijau, tetapi entah bagaimana asal-usulnya bisa tercipta zona yang disebut dengan ganteng. Kalo diperhatiin dan kalo kamu coba berdiam diri di Kantek sampe larut malam sekitar jam 11-12an, sudah dapat dipastikan bahwa di Zogan ini masih terdapat manusia yang beraktivitas. Jadi, kalo kamu ke Kantek jam 11-12 malem dan masih menemukan orang di Kantek, sapa aja dia, siapa tau bisa ngelelehin hati kamu. Kalo ngga, ya lambaikan tangan aja ke kamera.

Kantek Pink

Namanya lucu banget ga sih? Yup, kebayang dong yang biasa nongkrong di situ pasti lucu-lucu cantik gitu seperti bidadari jatuh dari surga dihadapanku ea ea ea? Ihiy, Zona Pink ini paling banyak dihuni oleh bidadari-bidadari Teknik dan juga zona yang gabungannya paling banyak, yaitu Teknik Arsitektur, Teknik Industri, dan Program Internasional. Duh, kebayang dong gimana classynya ini Zona? Entah sengaja atupun tidak, hanya di zona ini yang terdapat wastafelnya, mungkin memang karena yang sering makan di sini orang-orang yang super bersih dan higienis yha, ga tau juga sih tapi ini adalah sebuah kebetulan. Kantek Pink ini letaknya di luar juga, di deket Lapangan BP3, dan di samping Zona Ganteng.

Kantek Atas

1428118300344
Kantek Atas (Photo by Amel)

Sekarang kita naik satu tingkat yuk! Di tingkat kedua atau di tingkat atas Kantek ini, isu-isunya merupakan tempatnya mahasiswa-mahasiswa berprestasi ataupun yang gemar belajar bersarang. Entahlah penulis pun tidak mengerti akan kevalidan isu tersebut, tapi penulis sendiri pernah nyobain belajar di Kantek Atas dan emang tempatnya pw banget; luas, kursinya banyak, damai, dan banyak angin sepoi-sepoinya gitu deh. Emang cocok sih buat belajar sambil ngemil-ngemil atau makan besar. Kantek atas ini biasanya dihuni sama anak-anak dari Teknik Elektro dan Teknik Kimia.

 

2. Anak Tamtek

progres-desfur-10-638
Taman Teknik (sumber)

Yup, teknik juga punya taman loh teman-teman, namanya Taman Teknik (Tamtek). Jangan berpikiran bahwa Taman Teknik ini ditumbuhi rerumputan bunga-bunga dan diterbangi kupu-kupu ya, malahan Taman Teknik ini ditumbuhi sesuatu yang sangat eksotis; bola kristal, entah mengapa bola kristal bisa tumbuh di taman. Btw sepertinya semua tempat yang ada di teknik disingkat dan berakhiran …tek. Nevermind.

Taman Teknik ini tempatnya enak banget buat kumpul-kumpul atau sekedar ketemuan sama temen, karena tempat duduknya banyak. Biasanya, di Taman Teknik ini bertebaran sama anak-anak dari Teknik Sipil, mungkin karena zona mereka letaknya deket sama Tamtek jadi sekalian aja gitu tumpeh-tumpeh ke Tamtek… Di sekitar Tamtek juga banyak tempat-tempat legendaris dan bersejarah dalam kehidupan akademik yaitu fotocopy Savin, satu fotocopy punya koperasi, dan satu lagi yang deket Savin yang kukira sama ternyata berbeda.

 

3. Anak Lobby K

Ini adalah tempat di mana kamu akan menjadi makhluk primitif seketika karena tidak mendapatkan sinyal seluler. Ga deng ga separah itu, but mostly. Awal-awal pasti kamu akan bingung karena tempat ini mempunyai empat pintu yang akan membawamu ke tempat yang misterius serta belum pernah dikunjungi sebelumnya. Tadinya mau ke Kantek, eh kok salah jalan malah melipir ke Haltek. Yha…

Loh kok adi ngelantur gini. Jadi kalo kamu ke Lobby K entah pagi ataupun malam pasti kamu akan menemukan anak-anak mahasiswa Arsitektur yang sedang sibuk memegang sketchbook ataupun alat warna ataupun maket dan sebagainya yang membuat kamu berpikir dan bertanya-tanya, “itu kalo gue ambil sebagian kecilnya atau gue goyangin dikit pake dribble, rusak ga ya? dia bakal marah nangis-nangis darah ga ya?…

***

Bagian kedua dari tulisan ini bersambung besok lusa. Subscribe lewat email ya supaya tidak ketinggalan updatenya!