Tak Kunjung Dapat Kerja? Yuk Ikut UI CISE Virtual Expo 2021

CDC UI selaku pelaksana acara UI CISE Virtual Expo ke-31 telah membuktikan eksistensinya sebagai pioner, kreator, dan inovator kegiatan yang meneliti dan menjembatani hubungan antara dunia pendidikan dan dunia kerja.


0

Anak UI, pandemi yang tak kunjung berakhir berdampak pada peluang kerja bagi fresh grad. Para lulusan baru harus bersaing dengan karyawan berpengalaman yang turut dirumahkan akibat pandemi. Tentunya ini semakin memperkecil kemungkinan fresh grad untuk mendapatkan pertama.

Dalam rangka membantu peningkatan karir sarjana baru, Direktorat Pengembangan Karier Lulusan dan Hubungan Alumni (DPKHA) Universitas Indonesia  (UI) melalui Career Development Center (CDC UI) menyelenggarakan pameran dan seminar virtual bernama UI Career, Internship, Scholarship & Entrepreneurship (CISE) Virtual Expo 2021.

Pameran yang menyajikan berbagai peluang kerja, magang, beasiswa, dan kewirausahaan bertujuan untuk menjembatani lulusan dan mahasiswa dengan industri/penyedia kerja. Nah, acara ini diharapkan dapat mendorong alumni UI untuk terus berkarya, serta memiliki proyeksi positif mengenai karir di masa mendatang.

Pada acara yang dilaksanakan secara daring mulai 23 – 29 Maret 2021, turut hadir Dr. Hj. Ida Fauziyah selaku Menteri Ketenagakerjaan. Dalam sambutannya, ia berharap pameran ini dapat menjadi sarana untuk memperkuat kolaborasi dan kompetensi bagi lulusan perguruan tinggi di Indonesia.

“Setidaknya ada dua hal penting yang menjadi syarat untuk memenangkan persaingan di era disrupsi dan digitalisasi ekonomi saat ini.

Hal yang pertama, setiap individu harus memiliki kompetensi yang memadai terutama yang dibutuhkan labour market. Peningkatan kompetensi ini dapat dilakukan melalui pendidikan formal, vokasi, atau pemagangan.

Hal yang kedua adalah kolaborasi, dengan berkolaborasi setiap orang mudah membangun usaha dengan memanfaatkan teknologi digital serta tidak mengandalkan kepemilikan pribadi atau keluarga,” ujarnya.

Acara serupa yang digelar tahun 2020, mendapat tanggapan yang sangat positif. Acara yang telah diselenggarakan selama 15 tahun berturut-turut ini diproyeksikan akan menarik perhatian 150.000 mahasiswa dan fresh graduates dari UI dan umum.

Kepala CDC UI sekaligus Ketua UI CISE Virtual Expo 2021, Prof. Dr. drg. Sandra Fikawati, MPH, mengatakan, tujuan utama kegiatan pameran virtual ini adalah sebagai wadah untuk mempertemukan para alumni UI dengan perusahaan-perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja, serta memfasilitasi lulusan yang ingin melanjutkan studi.

“Kami bertekad untuk terus berkreasi dan berinovasi untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan SDM di Indonesia.” ujarnya.

Lebih lanjut, Prof. Sandra Fikawati menyampaikan dalam laporan kegiatan pada pembukaan UI CISE Virtual Expo 2021 bahwa pada acara ini tercatat ada 160 peserta mitra UI yang terdiri dari 45 perusahaan nasional dan multinasional yang membuka program rekrutmen dan internship, 11 lembaga atau universitas pemberi beasiswa (scholarship) baik dari dalam maupun luar negeri, 29 kewirausahaan (start-up) yang menginspirasi, 55 media partner pendukung, 20 mitra perguruan tinggi/lembaga pendidikan, dan 78 sesi webinar. Buat kamu yang tertarik mengikuti kegiatan pameran virtual ini, kamu dapat mengaksesnya melalui alamat https://www.klob.id/UI-CISE2021.

4UI CISE Virtual Expo 2021 terselenggara berkat sinergi CDC UI dengan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI); Klob (platform talenta untuk career development dan matchmaking); dan The 10th Student Access to do Internship (SUCCESS) FEB UI. Selain itu, CDC UI juga didukung oleh Direktorat Inovasi dan Science Techno Park Universitas Indonesia (DISTP) dan Kantor Urusan Internasional (KUI) yang menawarkan kesempatan melanjutkan peluang studi dan berwirausaha pada lulusan UI, serta membuka peluang bagi pengunjung dan tenant entrepreneur untuk menawarkan produk dan peluang kerja sama.

BACA JUGA: 10 Pekerjaan Paling Banyak Dibutuhkan Pada Tahun 2025


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ditha Adinda

Content Writer. Are you the end of my prayer? Because Amen love with you. Hit me on: Ditha Adinda (Vokasi, Administrasi Rumah Sakit 2017). Baca artikel Ditha Adinda lainnya.

0 Comments

Leave a Reply