Setelah cyber walking kemarin jadi ingin kasih info ini buat temen-temen UI semua. Boleh tambah berbangga hati jadi anak UI karena kini UI sedang membangun perpustakaan terbesar dan termodern di dunia begitulah yang dikatakan mbak Devie selaku humas UI. Perpustakaan ini akan dibangun di area seluas 2,5 hektar serta akan memiliki 8 lantai dengan konsep sustanable building yang ramah lingkungan. Perpustakaan yang baru ini akan dibangun dekat dengan Danau Kenanga agar suasananya lebih nyaman.  Gedungnya akan menggunakan panel surya sebagai sumber energinya selain itu didalam gedung tidak diperkenankan menggunakan material plastik serta harus hemat listrik dan hemat kertas dan juga harus hemat air bisa dipastikan bebas asap rokok karena UI juga akan mencanangkan bebas rokok pada tahun 2012.

Kapasitasnya nanti dapat menampung 10.000 pengunjung, termasuk mahasiswa UI beserta sivitas akademika serta dibuka untuk umum. Jumlah bukunya yang akan ditampung sebanyak 3 juta buku hingga 5 juta. Bisa dibayangkan seberapa banyak lemari buku yang dibutuhkan. Selain itu ada juga sistem komputerisasi yang memudahkan pengunjung untuk mencari informasi lebih leluasa (bukan untuk situs jejaring sosial karena ini perpustakaan loohhh). Sistem ini akan menyediakan layanan internet gratis serta memudahkan untuk membaca e-book, e-journal, dan bahan bacaan elektronik lainnya.

Menurut beberapa informasi yang saya baca biayanya diperoleh dari dinas pendidikan serta sumbangan dari Bank BNI.

Dengan adanya pembangunan perpustakaan ini semoga mahasiswa lebih mudah untuk mencari informasi mengenai mata kuliah dan penelitian dosen-dosen yang lainnya. Selain itu kita harus bangga dengan adanya keterangan dari pihak rektorat yang mengklaim bahwa perpustakaan yang sedang dibangun sejak awal juni hingga akhir desember tahun ini akan menjadi perpustakaan terbesar dan termodern di dunia. Tambah bangga jadi anak UI, tambah bangga jadi orang Indonesia Dan jadilah generasi penerus bangsa yang dapat membanggakan almamaternya dan negaranya



[reaction_buttons]