Teater Sastra UI mementaskan Multimonolog SELINGKUH


0

 

Teater Sastra UI mementaskan Multimonolog SELINGKUH:

Eksploitasi Tubuh Perempuan dan Wacana Politik Seksual Nasional

 

 

Multimonolog Selingkuh adalah pementasan tahunan Teater Sastra UI arahan I. Yudhi Soenarto. Pementasan ini bercerita tentang perselingkuhan seorang perempuan bernama Ida dengan seorang pengusaha Batak bernama Hendrik Pangabean. Suaminya, Ahmad Zakaria, seorang musisi, memiliki kelainan seksual—ia suka menyiksa istrinya di ranjang. Perselingkuhan ini menjadi wacana besar ketika dieksploitasi oleh seorang pengacara/politisi bernama Fahri Asbun, seorang dukun populer bernama Ki Pudjo Asmoro, dan seorang produser sinetron bernama Vijay Benggali. Semua cerita ini disampaikan dalam format monolog. Format ini dipilih karena ia adalah format kebudayaan nasional indonesia kontemporer: semua orang saling bermonolog dari soal kenegaraan, ekonomi sampai gosip selebriti sehingga akhirnya dialog jadi mandeg.

Teater Sastra UI adalah teater kampus tertua di Universitas Indonesia. Pementasan ini diselenggarakan sebagai program tahunan setelah sukses dengan pementasan teater di tahun-tahun sebelumnya, seperti Macbeth (2009), Sketsa Robot Ver. 2.0.(2010), Baju Baru Sang Raja (2011), dan Musuh Masyarakat (2012). Teater Sastra UI sudah cukup dikenal di panggung nasional sebagai kelompok seni pertunjukkan yang menghadirkan tidak hanya hiburan, tetapi juga ajang pembelajaran dan refleksi untuk turut berperan dalam perubahan paradigma pikiran Indonesia, khususnya masyarakat urban Jakarta.

Walaupun disatukan oleh satu plot perselingkuhan, pementasan multimonolog ini juga multi-tematis. Masing-masing karakter membicarakan perselingkuhan dari sudut pandang dan kepentingan masing-masing sehingga wacana jender, industri media, politik seksual, politik praktis dan mistisisme khas Indonesia ikut masuk dan memperkaya isi pertunjukkan. “Monolog ada sebelum dialog, namun saat dialog tak lagi dua arah kita kembali bermonolog,” ungkap Sutradara I. Yudhi Soenarto. “Dan ketika semua pihak bermonolog maka kesunyian dan kehancuranlah yang menanti dibalik pintu,” lanjutnya.

 

Selesai.

 

Acara        : Pementasan Multimonolog Selingkuh oleh Teater Sastra UI

Tempat      : Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki

Tanggal     : 24 Oktober 2013 (Press), 25-26 Oktober (umum)

Kontak      : Pingkan Persitya (+62853 1268 4060, pingkan.persitya@ui.ac.id)

Website     : selingkuh.teatersastraui.org


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

0 Comments

Leave a Reply