Teknologi informasi merupakan salah satu sarana untuk memudahkan manusia dalam proses penyampaian informasi dalam bentuk apapun. Saat ini, teknologi informasi telah memberikan revolusi besar dalam setiap segi kehidupan manusia, misalnya dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.

Dalam bidang pendidikan, teknologi informasi memegang peranan yang cukup penting, baik dalam infrastruktur pendidikan itu sendiri maupun pembekalan para pelajar agar siap dalam menghadapi era globalisasi yang semakin cepat berubah.

Atas dasar pemikiran tersebut, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia 2010 (BEM Fasilkom 2010) berinisiatif untuk mengadakan sebuah acara yang dapat memberikan kebermanfaatan kepada seluruh generasi penerus bangsa ini, khususnya pada siswa dan siswi Sekolah Dasar.

Acara yang bernama “Technokids 2011” bertemakan “Tumbuhkan Kreativitas Anak Bangsa Melalui Teknologi Informasi yang Positif”. Diharapkan dengan dilaksanakannya acara ini, siswa dan siswi sekolah dasar sedikit banyak akan mengenal teknologi informasi yang akan mempermudah proses pembelajaran mereka kelak.

Technokids 2011 akan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 15-16 Januari 2011, yang berlokasikan di lantai 1 DMall, Depok. Kegiatannya sendiri meliputi lomba menggambar dan mewarnai untuk kelas 1 – 3 sekolah dasar dan lomba menggambar dan mewarnai untuk kelas 4 – 6 sekolah dasar.

Target peserta dari kegiatan ini berjumlah 100 orang yang terdiri dari 50 orang siswa kelas 1- 3 sekolah dasar dan 50 orang siswa kelas 4 – 6 sekolah dasar. Lomba menggambar dan mewarnai ini menggunakan software ‘Paint’ pada media komputer.

advertisement

Selain itu, kegitan ini juga dimeriahkan dengan adanya booth untuk pameran aplikasi game yang dibuat oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UI, booth untuk pameran dari Tim Robotik UI, dan booth untuk pameran hasil karya dari perlombaan menggambar dan mewarnai Technokids 2011 pada hari kedua.

Dalam pameran game akan disediakan empat monitor besar agar setiap pengunjung dapat melihat dan memainkan game tersebut secara langsung. Sedangkan untuk pameran robotik akan disediakan arena yang biasa digunakan dalam pertandingan Robotic se-Indonesia agar pengunjung dapat melihat secara langsung cara kerja dari setiap robot yang biasa dilombakan.



[reaction_buttons]