Sejauh ini, penyebab penyesalan yang paling populer, selain menyesal karena baru sadar kamu sayang sama dia, adalah menyesal karena kamu telah melewatkan sesuatu yang menyenangkan. Kali ini penyebab pertama nggak akan dibahas karena artikel ini bisa jadi setebel buku telepon dari zaman yang hilang: Yellow Pages. Mari fokus kemenyesal karena melewatkan sesuatu.

Kamu sudah berulang kali mudik. Sudah berulang kali berusaha menghibur diri seakan dirimu lagi road trip padahal kamu penginnya cepet sampe, bukan bersemangat bertualang bersama kondektur dan pak supir. Kamu akan menyesal kalau tahu bahwa mungkin selama ini, ketika mudik ataupun liburan, kamu melewatkan beberapa tempat wisata ini:

Goa Jomblang, Gunung Kidul, Yogyakarta

Goa Jomblang, Yogyakarta. (Sumber: jogjadventuretrip)

Goa Jomblang, Yogyakarta. (Sumber: jogjadventuretrip)

Kamu ke Yogya dan selalu berdesak-desakan di Malioboro atau sibuk mondar-mandir panas-panasan menjelajahi segala macam destinasi wisata yang famous dan terjangkit virus manusia. Seandainya kamu tahu tempat ini, mungkin kamu nggak akan mau melewatkan kesempatan mengunjungi Goa Jomblang di Gunung Kidul.

Popularitasnya memang nggak setara dengan bermacam pesona Yogya lainnya, tapi Goa Jomblang tidak kalah kalau menyangkut masalah keindahan dan keunikan. Goa yang berbentuk vertikal dan berdiameter sekitar 50 meter ini, terbentuk akibat proses geologi setelah terjadi reruntuh—ah…, udahlah, mending dateng aja sendiri kalau lewat pas lagi liburan dan kagumi sendiri keindahannya.

 

advertisement

Mazola, Lamongan

Mazola, Lamongan. (Sumber: ahmadramadlan)

Mazola, Lamongan. (Sumber: ahmadramadlan)

Loh, apa lagi nih? Nama bisnis online ya? Temennya Traveloka dan Zalora? Bukaaan! Mazola yang dimaksud adalah destinasi wisata di Lamongan, Maharani Zoo & Goa Lamongan, yang patut dikunjungi buat kamu yang lagi road trip mudik atau liburan edisi Pantura. Oke, anyway, kebun binatang, tapi kenapa goa lagi? Apa sih menariknya goa?

Yah, selain Goa Maharani ini merupakan goa alam yang awesome, goa juga indah karena instead of berkeliling di atas permukaan, melihat bangunan-bangunan yang diciptakan manusia, kamu menjelajahi hasil karya original dari Bumi yang kamu pijak ini. Itu menariknya goa, bisa menyadarkan kamu bahwa alam itu juga terus hidup dan berkarya selayaknya kamu dan manusia lain. Hal menarik lainnya ya bisa berasa kaya Bilbo Baggins atau Frodo Baggins yang emang doyan keluar masuk goa.

 

Air Terjun Lembah Bongok, Tuban

Air Terjun Lembah Bongok, Tuban. (Sumber: detik)

Air Terjun Lembah Bongok. (Sumber: detik)

Mau yang kesannya lebih liar dan sarat petualangan? Dateng aja ke Air Terjun Lembah Bongok di Tuban. Epik, nuansa liar dan belum terjamahnya kental banget, masih ramai dengan hewan-hewan liar macam monyet dan berbagai jenis burung.

Ada tiga air terjun yang mengalir dan tempat ini juga dikelilingi tebing. Kalau sebelumnya di Goa Maharani kamu berasa kaya Hobbit, kali ini kamu bisa merasa seperti Indiana Jones yang bertualang ke pedalaman, meskipun kamu sebenernya cuma berwisata ke Tuban.

 

advertisement

Pantai Plengkung, Banyuwangi

Pantai Plengkung, Banyuwangi. (Sumber: siskanurifah)

Pantai Plengkung, Banyuwangi. (Sumber: siskanurifah)

Yuk, beralih ke pantai. Letaknya jauh diujung, di Banyuwangi, deket sama Bali. Pantai Plengkung ini kabarnya bukan suatu tempat yang ramai dengan pengunjung lokal dalam negeri, tapi justru merupakan salah satu destinasi favorit peselancar-peselancar mancanegara.

Pantainya indah menawan, dan yang ditawan bukan sekadar mata kamu tapi juga seluruh bagian tubuh karena pasti kamu bakal doyan banget sama tempat ini dan akan sulit untuk pulang. Lebih dikenal dengan nama G-Land (punya alias loh, kurang keren apa?), tempat ini juga bersanding dengan sederetan pantai di Banyuwangi yang nggak kalah indahnya macam Pulau Merah dan Pantai Grajagan.

 

Telaga Ngipik Gresik

Air Terjun Lembah Bongok, Tuban. (Sumber: Suaragresik)

Air Terjun Lembah Bongok, Tuban. (Sumber: Suaragresik)

Telaga? Di Gresik? Becanda kan? Enggak kok. Kalau kamu cuma pernah denger Semen Gresik dan berasumsi bahwa seisi kota itu pabrik semen, yang bener aja Bung! Memang sih, diakui oleh orang banyak, bahwa Gresik itu memang panas dan bising, salah satu dari banyak kota yang paling sibuk seantero Jawa Timur.

Tapi seperti halnya padang pasir, ada oase di tengahnya. Telaga Ngipik inilah oase di padang Gresik. Meskipun dulunya bekas tambang penggalian semen, Telaga Ngipik ini tetap memesona karena ruang hijaunya yang bikin hati tenteram dan telaga yang berperan seperti layaknya telaga pada umumnya, yakni menghilangkan dahaga. (bukan berarti diminum loh).

—

Bingung mau ngabisin liburan dengan aktivitas apa? Nih baca tulisan yang masih berkaitan tentang liburan di artikel Pakai Cara-cara Asik Ini Untuk Menghabiskan Waktu Liburan Semester Kamu.

Gimana, kamu menyesal telah melewatkan berbagai destinasi wisata underrated dan jarang dikunjungi seperti yang di atas? Jangan khawatir, share tulisan ini via Facebook, Twitter dan Line, siapa tau kamu berhasil memanipulasi temen kamu untuk beneran road trip ke salah satu destinasi wisata di atas.

 



[reaction_buttons]