Terima Kasih Pak Rektor: Green Campus on The Way!


0
Tumbuhan di Tepi Danau
Tumbuhan di Tepi Danau

Saat itu sedang ada acara workshop bertemakan “Menanam Pohon, Menabung Oksigen” di Balai Sidang, (19 Mei 2011). Dalam acara itu, dihadirkan berbagai narasumber, yaitu bapak Rektor kita Dr. der. Soz. Gumilar Rusliwa Soemantri, lalu ada Pak Nazir Fooead sebagai Direktur WWF Indonesia, lalu ada Mbak/Ibu Annisa S. dari WWF sub forest officer, dan ada perwakilan dari BNI dari bagian manajemen sustainability atau apalah saya lupa, juga namanya 😀

Ada berbagai hal menarik, yang sebenarnya saya simpulkan sendiri berdasarkan kampus kita. Bagi temen-temen yang hadir saat itu mungkin sudah tahu, bahwa UI adalah kampus hijau, bisa dibilang salah satu yang terbaik di dunia. Hal itulah yang dikatakan oleh Pak Rektor.

Perpus pusat, masih hangat, masih sehangat kopi susu di malam minggu bersama seorang teman 😀 Saya pribadi mengacungkan jempol, mungkin kalau pak Rektor bikin status, like sekalian komen like this!, terkait desainnya yang dirancang berdasarkan efisiensi sumber daya dan konsep kelestarian lingkungan. Saya lupa lembaganya apa, namun Perpus pusat akan mendapatkan penghargaan sebagai salah satu green building, itu yang saya ingat.

Itu dari segi kampus kita, namun itu tiada berarti ketimbang apa yang sudah dilakukan oleh Pak Rektor sendiri. Bahkan, jujur saya sangat malu ketika selama menjadi anak UI, alias anak Universitas Indonesia, dan yang lebih penting “UNTUK INDONESIA!” Saya masih kalah jauh menanam pohon dibandingkan pak Rektor.

Pak Rektor adalah salah satu hero, alias pahlawan dalam masalah tanam menanam pohon. Dia sudah menanam lebih kurang 7000 pohon, lebih kurang beliau mengatakan 800 spesies. Salah satunya adalah yang ada di Mega Mendung, di mana rumah beliau berada. Dia antaranya ada tumbuhan yang sangat unik, meski saya belum tahu asalnya dari mana, namun ada bambu betung yang daunnya berwarna putih.

Tentunya hal ini adalah contoh yang benar-benar contoh, bukan sekedar mengkampanyekan, menuntut, atau sekedar dalam mulut. Kita patut berterima kasih pada Pak Rektor, yang telah menjadi salah satu inspirasi bagi kita untuk selalu melestarikan lingkungan.

Dan ketika mendengar UI mengkampanyekan Go Green, salah besar jika kita tidak mendukungnya. Use public transportation to reduce air pollution, lebih baik dari kita yang tiap hari ke kampus naik mobil atau motor sendiri, sementara kita kadang mengatakan, “Mau Go Green kok bikun pakai AC?”


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Achmmad

Bio: Logi. (aka Wendy Achmmad M). Anak Lawu

3 Comments

Leave a Reply