Tahun ajaran baru akan tiba, saatnya mempersiapkan diri untuk menjadi mahasiswa. Selain mempersiapkan diri dan mental agar lebih kuat menghadapi kehidupan perkuliahan, satu hal penting yang wajib diperhatikan adalah tempat tinggal, khususnya untuk mahasiswa perantau. Hal ini karena tempat tinggal akan mempengaruhi masa adaptasi kalian di lingkungan baru di kampus dan sekitarnya.

Salah satu opsi tempat tinggal untuk mahasiswa rantau adalah Asrama Mahasiswa UI. Terdapat beberapa faktor yang membuat asrama menjadi rekomendasi pilihan tempat tinggal untuk maba. Penasaran? Yuk, kita tengok poin-poin berikut.

1. Murah Meriah

Jika dibandingkan dengan kos yang ada di sekitar UI, Asrama UI ini terbilang sangat murah. Kalian cukup membayar Rp300.000 perbulannya, loh. Satu kamarnya dihuni oleh satu orang. Namun, khusus laki-laki, terdapat pilihan lain selain kamar untuk satu orang, antara lain kamar untuk dua orang yang biayanya Rp300.000/bulan/orang, kamar untuk tiga orang yang biayanya Rp200.000/bulan/orang, dan kamar standar plus untuk dua orang yang biayanya Rp500.000/orang.

advertisement

Sumber: Surat Pengumuman Pendaftaran Asrama UI bagi Mahasiswa 2020

Jika kalian ingin membawa barang elektronik, kalian akan dikenakan biaya Rp20.000/item. Barang elektronik yang dapat dibawa ke asrama antara lain rice cooker, kompor, listrik, dispenser, televisi, dan pemanas air (heater).

2. Perabot Kamar Lengkap

Sumber: asrama.ui.ac.id

Dengan harga semurah itu, kalian nggak perlu khawatir soal perabotan yang ada di kamar. Di setiap kamar sudah tersedia perabotan yang lengkap loh, mulai dari kasur, lemari pakaian, meja dan kursi belajar, rak buku. Selain itu, kalian juga nggak perlu khawatir karena sprei kasurnya sudah disedikan oleh pihak asrama, loh. Penggantian sprei dilakukan dua minggu sekali. Jadi, kalian tidak perlu ribet bawa perabot sendiri, deh.

3. Kamar Mandi Luar

Pada setiap lantai gedung, terdapat 10—15 kamar mandi dan toilet bersama. Kamar mandi dan toilet tersebut sudah dilengkapi bak dan gayung, wastafel untuk mencuci piring, dan tempat untuk mencuci dan menjemur baju. Walaupun digunakan bersama, kalian nggak perlu antre kok, kan nggak semua mahasiswa punya jadwal kuliah pagi, hehe.

advertisement

Oh iya, kamar mandi dan toiletnya juga dibersihkan setiap hari oleh petugas kebersihan asrama. Meskipun demikian, para penghuni tetap diharapkan bisa menjaga kebersihan demi kenyamanan bersama.

BACA JUGA: Rasa Kesepian Memuncak di Masa Kuliah, Wajar Nggak Sih?

4. Kantin yang Murah dan Menu yang Beragam

Sumber: Google Maps Photo/Sofiati Zainuddin DR

Kantin asrama ini bisa dibilang kantin paling murah seantero UI. Selain murah, menu yang disediakan pun beragam. Kebanyakan sih menu masakan rumah, jadi rasa kangen sama masakan rumah bisa terobati, deh.

advertisement

Kantin yang buka pada pukul 06.00—23.00 tersebut memiliki tujuh pedagang dengan ciri khasnya masing-masing. Dua pedagang menjajakan aneka minuman, tiga pedagang menyediakan menu rumahan, satu pedagang spesialis aneka olahan ayam, dan satu lagi menyediakan aneka nasi goreng, bakso, dan mi. Oh iya, khusus untuk masakan rumahan, kalian bisa ambil sendiri nasi dan lauknya loh, jadi porsinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu, hehe.

5. Wifi 24 Jam

Lobi depan, salah satu spot wifi di Asrama UI (Sumber: Google Maps Photo/Rey Fahriza)

Mahasiswa UI itu identik sama tugas yang bejibun. Untuk meringankan beban mahasiswa, pihak kampus menyediakan wifi gratis untuk mahasiswanya. Nggak cuma di lingkungan kampus, di asrama juga ada wifi yang bisa kalian gunakan 24 jam, loh. Wifi ini sama seperti wifi yang ada di kampus, hanya bisa diakses oleh mahasiswa karena terhubung dengan sistem Singel Sign On (SSO) UI.

Sayangnya, wifi asrama hanya terdapat di spot-spot tertentu, seperti area kantin, gazebo, dan lobi depan asrama. Jadi, kalau mau wifi-an, mau nggak mau harus keluar kamar, deh.

advertisement

6. Fasilitas Pendukung yang Lengkap

Lapangan futsal, salah satu fasilitas pendukung di Asrama UI (Sumber: Google Maps Photo/Team Pexel)

Selain kantin murah dan akses wifi, asrama juga memiliki fasilitas lengkap lainnya yang tentunya berguna untuk penghuninya. Fasilitas pendukung tersebut antara lain kios fotokopi, minimarket, laundry, area olahraga, parkir mobil dan motor yang luas, dan ATM (sayangnya hanya BNI). Di asrama juga ada layanan konseling khusus untuk mahasiswa, loh. Jadi, kalau kamu merasa punya masalah dan ingin berkonsultasi dengan ahlinya, kalian nggak perlu jauh-jauh ke Klinik Makara, deh.

BACA JUGA: Pendaftaran Asrama UI Sudah Dibuka, MABA Silahkan Catat Persyaratannya!

7. Penjagaan 24 Jam

Pos penjagaan yang ada di dekat parkiran motor (Sumber: Google Street View)

Dengan fasilitas selengkap itu, nggak mungkin dong kalau nggak ada yang jaga. Di gerbang depan asrama sudah ada Pengamanan Lingkungan Kampus (PLK) UI yang siap sedia menjaga keamanan asrama selama 24 jam. Gerbang asrama pun dibuka pukul 05.00 dan ditutup pukul 23.00. Kalau kalian mau pulang di atas jam malam, kalian cukup lapor saja ke pihak PLK.

Asrama UI memiliki jam tenang pada pukul 23.00—05.00. Namun, kalau kalian mau nugas atau wifi-an di kantin atau area lobi tetap diperbolehkan, kok. Asalkan nggak berisik tentunya.

8. Menambah Banyak Teman

Kantin Asrama UI sering menjadi titik kumpul mahasiswa (Sumber: Google Maps Photo/Deni Fazri)

Last but not least, dengan tinggal di asrama, kalian bisa memperluas pertemanan kalian karena asrama ini tempatnya mahasiswa UI dari Sabang sampai Merauke. Nggak cuma dari berbagai daerah, kalian juga bisa menambah teman dari berbagai fakultas. Selain itu, kalian juga nggak akan merasa kesepian ketika mengerjakan tugas ospek sebab punya banyak teman senasib sepenanggungan, hehe.

Asrama juga menjadi tempat berkumpulnya paguyuban daerah. Setiap malam, nggak jarang anak-anak paguyuban berkumpul di kantin, entah untuk rapat atau sekadar ngobrol bareng. Selain itu, kegiatan mahasiswa di asrama juga cukup banyak, loh. Kegiatan seperti lomba, live music, nonton bareng, dan lain-lain dikoordinatori oleh Senior Resident, semacam BEM-nya asrama gitu, deh. Nah, buat kalian yang anaknya religius, kalian juga nggak perlu khawatir sebab acara keagamaan juga sering diadakan di asrama, seperti buka bersama untuk mahasiswa Islam dan ibadah bersama untuk mahasiswa Kristen dan Katolik.

***

Itu tadi delapan alasan kenapa kalian harus tinggal di Asrama Mahasiwa UI untuk mengawali masa adaptasimu. Sebagai informasi tambahan, masa tinggal di asrama itu satu tahun. Namun, kalian bisa memperpanjangnya di tahun kedua dengan persyaratan tertentu. Mau tinggal lebih lama? Tenang, gabung aja jadi pengurus Senior Resident. Otomatis masa tinggalmu bisa bertambah, deh

BACA JUGA: Horror Misteri Di Gedung C Asrama UI