The 15th IVED: UI Membawa Pulang Trophy Runner-Up dan Best Speaker

Final IVED 2012
Setelah memenangkan biding tahun lalu, Universitas Muhammadiyah Malang telah berhasil menjadi tuan rumah penyelenggara The 15th Indonesian Varsities English Debate competition, atau yang lebih dikenal dengan sebutan IVED, pada tanggal 7 hingga 11 Februari 2012 lalu. Perlombaan bergengsi tingkat nasional yang diselenggarakan rutin setiap tahun ini, diikuti oleh 62 perwakilan universitas dari seluruh Indonesia. IVED tahun ini menggunakan format australs-asian debate, dengan 6 preliminary rounds. Dalam kompetisi ini, peserta dibagi dalam dua kategori untuk lolos ke babak eliminary round, yaitu kategori main dan novice team.
English Debating Society (EDS) Universitas Indonesia mengirimkan tiga tim debat yang telah terpilih melalui proses intercomp untuk mengikuti The 15th IVED. Tim UI 1 diwakili oleh Aulia Anggita (Politik, 2010), Bramesada Prasastyoga (Psikologi, 2008), dan Egalita Irfan (Hub. Internasional, 2010). Tim UI 2 diwakili oleh Magreta Kallia (Hukum, 2011), Hana Hanifah (Hub. Internasional, 2010), dan Albert Santoso (Teknologi Bioproses, 2010). Tim UI 3 diwakili oleh Roberto (Hukum, 2009), Patty Regina (Hukum, 2011), dan Anas Sijabat (Komunikasi, 2011).
Selain itu, EDS UI juga mengirimkan perwakilan adjudicator, yaitu Ade Bimi (Akuntansi, 2010), Luthfi Sahputra (Hukum, 2010), dan Nicko Arie (Sosiologi, 2009) menjadi perwakilan N1 adjudicator, dan Roderick Sibarani (Akuntansi, 2009), Ahdiat Permana (Manajemen, 2008), Elghafiky Bimardhika (FE, 2010), Boby Andika (Psikologi, 2009), dan Indra Kusuma (FT, 2008) sebagai invited adjudicators.
Semua tim UI lolos sebagai kategori main break, diikuti oleh para adjudicatornya. Setelah berhasil sapu bersih di babak preliminary round, tim UI 1 berhasil lolos ke babak octofinal menempati urutan pertama. Tim UI 2 dan UI 3 juga berhasil lolos ke babak octofinal, meskipun harus menghadapi satu sama lain di babak tersebut. Perjalanan tim UI 3 berhenti di octofinal, sementara tim UI 2 berhasil lolos ke babak quarterfinal dan akhirnya dikalahkan dengan split decision. Tim UI 1 berhasil mengalahkan tim-tim unggulan di babak eliminary, dan akhirnya bertemu dengan tim Bakrie University di babak final. Setelah melewati perdebatan yang sengit, dengan hasil split decision, tim Bakrie University keluar sebagai pemenang dan tim UI 1 dinobatkan sebagai runner-up.
Prestasi yang membanggakan ini diikuti dengan prestasi lainnya. Egalita Irfan, anggota tim UI 1, berhasil meraih predikat best speaker dalam IVED ke-lima belas ini, diikuti oleh Bramesada Prasastyoga sebagai pembicara terbaik ke-lima, serta seluruh pembicara dari tim UI lainnya yang menempati 40 besar pembicara terbaik. Adapun Magreta Kailla berhasil meraih predikat pembicara terbaik kedua kategori novice, dan Anas Sijabat menempati urutan kelima untuk kategori pembicara terbaik novice.
IVED tahun depan akan diselenggarakan oleh ITB, dan tim EDS UI akan terus berusaha untuk meraih yang terbaik.

Leave a Comment