Tim Robot Universitas Indonesia akan mengikuti lomba KRI dan KRCI tingkat regional II yang pada tahun ini akan diadakan di Politeknik Bandung pada tanggal 8-9 Mei 2010.
Adapun KRI (Kontes Robot Indonesia) merupakan sebuah kontes robot yang diadakan setiap tahun sekali dari tingkat regional sampai ke nasional dan bagi robot-robot yang berhasil menang hingga tingkat nasional akan mengikuti kontes robot di tingkat internasional ABU Robocon yang pada tahun ini akan berlangsung di Cairo, Mesir pada tanggal 19 September tahun 2010. Pada kontes internasional tersebut, Tim Robot Indonesia akan berkompetisi dengan 20 tim robot luar negeri yang merupakan negara-negara anggota Asia-Pacific Broadcasting Union (ABU). ABU adalah organisasi penyiaran di kawasan negara-negara Asia Pasifik yang beranggotakan lebih dari seratus televisi dan radio dari lima puluh negara. Dalam hal ini Indonesia diwakili oleh Televisi Republik Indonesia (TVRI) sebagai anggota.
Tim yang mewakili Indonesia akan dipilih melalui seleksi dalam Kontes Robot Indonesia 2010 (KRI-2010) yang akan diselenggarakan secara bertahap dimulai dengan Kontes Robot Regional yang terbagi menjadi 5 wilayah, yaitu Pangkal Pinang, Bandung, Yogyakarta, Malang dan Manado. Pemenang dari kelima Kontes Regional akan diikutsertakan dalam Kontes Nasional KRI-2010 yang akan berlangsung pada tanggal 19-20 Juni 2010 di kota Malang. Ketentuan pertandingan KRI-2010 mengacu kepada aturan baku dari ABU Robocon 2010, dimana setiap tim terdiri dari 3 (tiga) orang mahasiswa dan 1 (satu) orang dosen pembimbing, yang akan merancang, membuat, mengoperasikan dan mengatur strategi robot manual dan otomatis yang akan digunakan. Kontes ini dikoordinasikan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, bekerjasama dengan institusi yang ditunjuk untuk pelaksanaan kontes Regional dan Nasional. Tema untuk Kontes Robot Indonesia 2010 adalah: “Bersama Membangun Candi Prambanan” yang diselaraskan dengan tema ABU Robocon 2010, yaitu: “Robo-Pharaohs Build Pyramids”.
KRCI (Kontes Robot Cerdas Indonesia) juga merupakan kontes robot tahunan. Perbedaan utama KRI dan KRCI ialah KRI mengikuti aturan baku dari ABU Robocon sedangkan KRCI mengikuti aturan baku dari Intelligent Fire-Fighting Robot Contest di Trinity College, Hartford Connecticut, Amerika Serikat. KRI biasanya terdiri dari robot manual dan otomatis sedangkan KRCI dibagi menjadi 3 kategori yakni beroda, berkaki dan expert battle. Seperti halnya KRI, KRCI pun diadakan secara bertahap melalui kontes Regional yang akan diambil pemenangnya untuk bertanding di tingkat Nasional. Dari pemenang Nasional inilah yang akan mewakili Indonesia di Intelligent Fire-Fighting Robot Contest di Trinity College, Hartford Connecticut, Amerika Serikat. Pemenang divisi berkaki dan beroda ditentukan berdasarkan kecepatan robot dalam menemukan dan memadamkan api sedangkan pemenang divisi expert battle ditentukan berdasarkan adu cepat dengan tim lain dalam mengambil bola dan memasukannya ke dalam keranjang.
Berikut ialah Tim KRI dan KRCI dari Universitas Indonesia yang akan berlaga tahun ini. Pada KRI Regional 2, tim TRUI yang akan berkompetisi dengan 19 tim lain. Dari KRCI regional 2, dibagi 3 kategori yaitu Divisi Beroda dengan tim Blank Wire yang akan berkompetisi dengan 27 tim lainnya, Divisi Berkaki dengan tim Ratatouille yang akan berkompetisi 17 tim lainnya dan Divisi Expert Battle dengan tim Captain Hirajpby yang akan berkompetisi dengan 11 tim lainnya.
Oleh karena itu, kami mohon kesediaan teman-teman para civitas akademika Universitas Indonesia untuk mendukung kami dalam lomba ini agar bisa menjadi juara di tingkat regional, nasional hingga internasional.
Terimakasih atas perhatiannya. Semoga Tim Robot UI Menang,,,
Salam kami dari Tim Robot UI.

”We Support UI Robotics Team to be the CHAMPION”



advertisement