TIM SYC (Science Youth Community) Kembali Berjaya : UI JUARA 2 National Life Science Competitions


0

Anggota SYC yang kini terdiri dari mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) meraih juara 2 National Life Science Competition ITB, yang berlangsung 11-12 Februari 2011 di Kampus ITB Bandung. Tim SYC ini terdiri dari, Tangguh W, Aditya Rinus P. Putra, M. Iqbal, Faris Najmuddin dan Haafizh Izzatullah.

Sebuah catatan berharga bagi mereka sebagai anggota Science Youth Community, karena sejak dalam 2 bulan terakhir, Science Youth Community berhasil menjuarai 3 kejuaran nasional, dimulai dari Juara 3 KIA FORCES Paper Challenge IPB dan Juara 3 MITI Paper challenge, lolos PKM P di danai dikti 2011 hingga Nalco Paper challenge ITB. Sebuah pembuktian bahwa mimpi, perjuangan dan keikhlasan adalah keberhasilan.

National Life Science Competition (NALCO) merupakan suatu kompetisi karya tulis ilmiah berbasis ilmu dan teknologi hayati untuk mahasiswa S1 di seluruh Indonesia. Kompetisi akan melalui dua tahapan seleksi. Seleksi pertama berupa karya tulis ilmiah sehingga terpilih 7 tim finalis dan seleksi kedua berupa presentasi hasil penelitian 7 tim terpilih di ITB pada rangkaian acara seminar Biofront.

Pada tahun ini dari puluhan karya tulis yang masuk, diseleksi menjadi 7 terbaik. Para finalis tersebut yaitu 2 tim dari ITS, 3 tim dari IPB, dan 2 tim dari UI, Tema Nalco tahun ini yaitu “explore life sciences as the future catches you” .

UI baru berpartisipasi tahun ini, namun sangat luar biasa UI berhasil meraih juara ke-2 oleh tim SYC yang terdiri dari mahasiswa Departemen Teknik Kimia UI dan juara ke-3 dari tim Biologi UI yang diwakili Mardhatillah Sariyanti dan Nidya Sutanto , Top of Form

Sedangkan juara ke-1 diperoleh oleh ITS. Tangguh salah seorang anggota tim UI menyatakan, “seorang pemenang sejati bukanlah dia yang mendapatkan juara 1 , 2 , atau 3, tetapi dia yang sanggup menjadi pribadi yang ikhlas atas apapun yang terjadi, baginya kemenangan adalah ketika dia bisa bersyukur atas nikmat yang diberikan, dan bersabar atas cobaan yang menimpanya”.

Pesan ini diungkapkannya setelah medengarkan persentasi dari tim lain yang sangat luar biasa. Kami pun sepakat peluang menang adalah 0% tapi Tuhan menunjukkan kuasanya, ketika kita sudah mencoba, berusaha maksimal dan Ikhlas menyerahkan semuanya kepada tuhan, luar biasa keajaiban terjadi. Oleh karena itu Jangan pernah takut mencoba kawan.

Dengan keikutsertaan UI dalam ajang ini, diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa UI lainnya untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan ilmiah yang berkaitan dengan paper competitions. Kami semua telah membuktikan dengan segala kesederhanan dan keterbatasan, dan bermodalkan mimpi, prestasi apapun pasti kita dapat meraihnya. Sudah sewajarnya UI sebagai universitas riset kelas dunia, kita semua bahu-membahu mewujudkan mimpi tersebut. Hidup mahasiswa, Hidup rakyat Indonesia!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Wahyu Awaludin
Penulis, blogger, pemimpi, dan pebisnis. Seorang mahasiswa Sastra Indonesia FIB UI angkatan 2008. Mempunyai mimpi ingin mendirikan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang media online. Kini sedang diamanahi sebagai salah satu peserta PPSDMS angkatan V Regional I Jakarta

2 Comments

Leave a Reply