Tipe-tipe Mahasiswa yang Biasanya Datang ke Perpustakaan UI

Dari sekian banyak orang yang datang ke perpusat UI, tujuan mereka berbeda-beda loh. Artikel ini menceritakan 6 tipe orang yang datang ke perpusat UI. Apa saja?


0
Perpustakaan UI Nightshot
Perpustakaan UI, Nightshot (gambar: M. Irvan Ginandjar)

Sekarang udah bukan saatnya ngedengerin lagu Libur Telah Tiba-nya Tasya karena libur justru telah tiba di penghujung! Libur sebentar lagi usai, tandanya kampus UI bakalan rame lagi sama mahasiswa/i-nya (padahal pas libur masih ada aja loh yang pergi ke kampus, tetep ada orang!). Salah satu tempat yang bakalan rame lagi adalah perpustakaan yang katanya adalah termasuk perpustakaan terbesar di Asia, Perpustakan Pusat Universitas Indonesia.

Perpustakan Pusat UI atau yang biasa disingkat perpusat merupakan fasilitas di UI yang sering dikunjungi mahasiswa/i dari berbagai jurusan, bahkan mahasiswa dari Universitas lain ada juga loh yang bela-belain datang ke gedung yang dekat danau dan Balairung ini.

Banyak orang datang kesini, emang pada mau ngapain sih? Emang ada apa di perpusat ini? Ternyata dari sekian banyak orang yang datang ke perpusat, mereka itu punya tujuan yang berbeda-beda loh. Berikut 6 tipe orang yang datang ke perpusat UI:

 

Tipe Kantong Tebal

13730160001459178773
(gambar: Maulidya Falah, edukasi.kompasiana.com)

Di saat mahasiswa lain mencari makanan termurah demi menyelamatkan kantong, tipe kantong tebal ini dengan sengaja mengunjungi perpusat untuk mengerjakan tugas di tempat yang cozy atau untuk sekedar bersantai. Kamu bisa menemui tipe kantong tebal ini di Starbucks, Cafe Korea, dan Green-t yang berada di dalam perpusat. Hati-hati kadang tipe kantong tebal ini sama dengan tipe susah hemat alias boros.

 

Tipe Gabut

Gabut di Sofa Perpusat UI
(gambar: Amanda Padilah, beasupermanda.blogspot.com)

Sofa panjang berwarna hitam siap menyambut orang-orang yang gabut di tengah hari-hari kuliah. Udara yang lumayan dingin karena ada AC membuat perpusat menjadi tempat yang nyaman untuk tipe gabut ini duduk-duduk sambil ngadem, maklum di kosan cuma bisa bergantung sama kipas angin.

 

Tipe Tukang Kebun

Gedung Perpustakaan Baru Universitas Indonesia (UI)
(gambar: Jansen Alfredo, zenius.net)

Tipe yang satu ini sebenarnya tidak jauh beda dengan tipe gabut. Namun, selain sofa panjang hitam, kebun apel alias ruangan komputer (semua merknya Apple, cie) juga menjadi sasaran empuk para tukang kebun ini. Orang-orang yang datang kesini sering mempunyai misi tersembunyi, salahsatunya mendownload film-film. Asik deh.

 

Tipe Maba

Mahasiswa baru mengerjakan tugas-tugasnya
(gambar: Ghifari Akmal, Facebook.c0m)

Karton, kertas, gunting, dan lem berserakan dimana-mana. Kerja kerja kerja. Ditegor satpam. Geser dikit. Kerja kerja kerja. Itu adalah tipe maba yang lagi ngerjain tugas ospek bareng-bareng 1 angkatan. Hayooo, pernah ngerasain juga gak?

 

Tipe UAS Spirit

Meme UAS
(gambar: bukanwartakampus.blogspot.com)

Tipe ini adalah tipe yang paling banyak. Tipe yang datang saat benar-benar butuh, yang datang karena memang harus datang, yang datang demi UAS takehome yang harus dicari referensinya, yang datang demi belajar bareng, yang datang hanya pada saat minggu-minggu UTS dan UAS.

 

Tipe Mulia

Tempat membaca di perpustakaan UI
(gambar: Joe Hudijana, joehudijana.wordpress.com)

Tipe ini adalah orang-orang yang datang ke perpusat dengan tujuan sesuai tujuan sebuah perpustakaan ada, mencari buku. Tipe mulia ini biasanya adalah mahasiswa tingkat akhir yang lagi sibuk ngerjain skripsi. Biasanya mereka bakal bawa-bawa kantong yang isinya buku-buku bejibun. Tak jarang mereka juga membawa laptop, duduk menyendiri, berjuang biar gak jadi mahasiswa abadi.

 

Tipe-tipenya memang berbeda, tapi mereka semua punya kesamaan. Mereka akan kaget kalo ngedenger lagu daerah yang tiba-tiba diputar di perpusat kalo udah mau tutup. Hayo ngaku, siapa yang kaget pas pertama kali ngedenger? Kalo belum pernah denger, waduh kamu belum lengkap berarti jadi anak UI-nya!

Kalo kamu sendiri masuk ke tipe yang mana? Apa menurut kamu ada tipe lain? Kasih tau pendapat kamu di comment ya!

 

Head image by M. Irvan Ginandjar


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
nabilanurs

Nabila Nur Sabrina/Bila. Ilmu Komunikasi UI 2013. Interested in media studies, journalism, advertising, traditional dance, travelling, going abroad.

6 Comments

Leave a Reply

  1. kayaknya aku udah pernah ngalamin semua tipe kecuali tipe kantong tebal hehe..
    ada lagi yang belum disebut, tipe tourism, yang layaknya wisatawan, dateng cuma buat jalan-jalan, keliling, liat-liat, foto-foto, menikmati suasana hehe

  2. hahaha udh pernah jd semua tipe kecuali tipe kantong tebal. *upss*
    min, kalo mau suscribe bisa ga? kalo bisa gmn caranya?

  3. Tipe cuci mata, sama seperti gabut, tapi lebih ke duduk sambil ngeliatin cewek atau cowok yang kece #tergantung orientasi seksual lo

  4. Tipe terakhir tapi gue malah dari semester 1 di sana
    mungkin karena hobi & udik lihat banyaknya buku hehehe

    Paling malas diusir lagu 🙁