Rejeki nggak bisa ditolak, bala atau nasib buruk pun juga nggak bisa ditolak. Dengan makin maraknya pencurian, maling atau tindakan penghilangan barang berharga secara paksa ( biar keren-an dikit ) di kampus tercinta kita ini, kita harus makin waspada. Bener sih, waspada, tapi kalo emang lagi apes gimana dong? Lagi-lagi, balik ke kalimat pertama artikel ini, rejeki ga bisa ditolak, bala pun juga ga bisa ditolak. Nasib brur!

WASPADALAH, WASPADALAH! Ya, begitu lah kira-kira hal yang harus kamu lakukan. Tapi, amit-amit ya, sebelum jadi korban pencurian laptop, dompet, HP atau segala barang berharga kamu, dengan segala keribetan yang harus kamu hadapi, ini beberapa hal yang harus kamu lakukan:

 

1. Scan Kartu-Kartu Berharga atau Surat-surat Berharga

Sumber Gambar: www.ihostingwebs.com/images/scanning.jpg

Scan Dokumen via IHostingWeb.com

Sebagai orang yang pernah kehilangan laptop dan tas beserta isinya (iya, beneran semua-mua nya diambil) gue sangat paham dengan segala keribetan yang dialami saat kehilangan barang-barang berharga. Kalo biasanya yang pada hilang HP aja, dompet aja, atau laptop aja, gue diambil semua-muanya!

Tapi, untungnya, dulu pernah scan semua kartu-kartu berharga dan surat-surat berharga dan jangan salah, itu sangat membantu lho! Ketika ortu harus ngurus penggantian KTP yang hilang dan punya soft copy nya, it helps a lot! Selain itu, waktu mau ganti kartu ATM, urusnya pun juga gampang karena udah ada scan KTP yang ada.

2. Selalu Backup Data-Data Laptop

 

advertisement
Sumber Gambar: http://ogstechnology.com/wp-content/uploads/2012/04/data-backup-e1335830673913.jpg

BackUp Data via OgsTechnology

Sebenernya, nggak pernah melakukan ini. Tapi, mungkin semesta sudah memberikan pertanda kalo laptop mau ilang, jadi gue nge back-up semua data-data penting di eksternal hard disk. Jadi, walaupun laptop hilang, semua data-data dan hasil tulisan nggak hilang.

Nah, kalo emang ngerasa nggak butuh atau bahkan nggak punya eksternal hard disk ( I feel you, eksternal hard disk memang nggak semurah itu ) , pake aja Dropbox atau aplikasi software semacamnya. Jadi, semisal laptop ilang, data lo masih ada di awan-awan alias masih kesimpen di Dropbox.

3. Login Gmail Di HP atau Gadget

Tampilan Hasil Pencarian di Google Device Manager

Tampilan Hasil Pencarian di Google Device Manager

Kalau yang ini bisa jadi pilihan ya. Walaupun sebagian orang yang memiliki aplikasi email Gmail di HP nya pasti akan selalu di koneksikan, namun ada beberapa orang yang nggak selalu log in gmail di smartphone nya dengan alasan keamanan. Tapi, di saat-saat HP atau gadget ilang, ternyata hal sesimpel ini tuh bisa ngebantu untuk nge-detect dimana HP berada. Cara nya gimana? Buka web browser lalu cek di Google Device Manager, terus login email Gmail yang juga dikoneksiin di HP lo dan taraaaa….!

Kamu akan tahu dimana HP mu berada. Masih di UI kah atau sudah berada di wilayah bumi lain. Tapi, hal ini hanya bisa diketahui selama HP nggak mati ya. Beberapa menit setelah HP gue ilang, sempat terdeteksi lokasi HP gue dimana. Pukul 19.55 masih di UI dan beberapa menit kemudian dia sudah berada di Jakarta Selatan. Tapi sayangnya, tak lama kemudian, lokasi sudah tidak terdeteksi……….

4. Hafalin Nomor HP Keluarga dan Beberapa Teman

Sumber Gambar: http://thumbs.dreamstime.com/x/phone-number-palm-12218705.jpg

Menghafal Nomor Telefon via DreamsTime

Nah, ini dia penting banget. Kalo sekarang ngerasa nggak butuh untuk ngehafalin nomor HP ayah, ibu atau adek kakak, tapi di saat saat genting saat HP hilang, ini penting banget. Gimana caranya ngehubungin ortu dengan cepat kalo HP ilang?

Seenggaknya, minimal hafal nomor HP ayah dan ibu. Jadi, kalo ada apa-apa bisa ngabarin secepatnya. Selain itu, hafalin satu atau dua nomor HP temen. Setidaknya ketika butuh bantuan, ada orang yang bisa dimintain bantuan atau seenggaknya jadi nomor telepon sementara ketika ortu mau ngehubungin lo.

advertisement

5. Ketahui Nomor Telefon atau Kontak Pihak-Pihak Keamanan

Sumber Gambar: https://pbs.twimg.com/profile_images/378800000480939669/c98aab90e35525fef7c068c1ffe4995d_400x400.png

PLK UI  via Twitter

Seenggaknya perlu tahu nomor telefon atau kontak pihak-pihak keamanan di kampus tercinta. Yup, apalagi kalau bukan PLK. Kamu bisa akses di akun twitter @PLKUI atau dengan nomor telefon (021)7875602 (24 jam). Simpan nomor telefon PLKUI di HP atau kalau perlu temen-temen lain juga disuruh simpen, jadi bisa untuk membantu satu sama lain kalau kepepet.

Itu lah sekiranya hal-hal antisipasi yang bisa dilakukan untuk mencegah keribetan yang terjadi saat HP atau barang-barang berharga hilang. Kita nggak pernah tahu, who will be the next victim dari aksi kejahatan ini.

Berhati-hati dan selalu waspada terhadap lingkungan sekitar serta antisipasi terhadap hal-hal yang tidak menyenangkan harus selalu dilakukan. Masih soal ngomongin aplikasi juga nih: Beberapa aplikasi yang bakal ngeringanin tugas kamu sebagai mahasiswa. Recommended buat dibaca juga.

—

 

Share tulisan ini juga via Facebook, Twitter, dan Line ya agar teman-teman Maba yang lain pada tau bagaimana cara mengatasi permasalahan pencurian atau pencopetan barang-barang berharga. Semoga tulisan ini membantu! 🙂

Tulisan yang pernah ngehits dan menghebongkan juga dijagat Kampus UI:

  1. Ada yang Mesum di Hutan UI.. IHHH…
  2. Asrama UI Kembali Heboh



[reaction_buttons]