Tips dan trik memilih ketua BEM UI

Perubahan demi perubahan dari situasi yang sangat hebat menjadi sangat berbahaya karena kita memaksakgan diri menggunakan cara berpikir masa lalu untuk menghadapinya (Peter Drucker, 1991)

Berikut ini adalah tips dan trik dari Dr. Yusuf Al Qardhawy untuk memilih ketua BEM UI ; pemimpin yang moderat. Yakni pemimpin yang memiliki kriteria sebagai berikut :

  1. Memahami ajaran agama dengan pemahaman yang menyeluruh, seimbang dan mendalam.
  2. Memahami kehidupan nyata tanpa meremehkan atau takut kepadanya.
  3. Memahami tujuan syariah, dengan amalan lahiriah yang tidak stagnan.
  4. Memahami masalah prioritas, yang berkaitan dengan fiqih pertimbangan.
  5. Memahami perselisihan pendapat dan tata caranya.
  6. Mempertimbangkan antara perkara-perkara syariah yang tetap dengan perubahan zaman.
  7. Percaya kepada adanya perubahan pemikiran, kejiwaan dan perilaku yang didasarkan kepada perubahan budaya manusia.
  8. Memunculkan nilai sosial politik dalam islam, seperti : kebebasan, kehormatan, musyawarah, keadilan sosial, dan menghormati hak asasi manusia.

Tambahan dari penulis :

  1. Jangan pilih pemimpin yang sedari awal sudah melakukan dikotomi arogan KITA-MEREKA (ingroup-outgroup). Karena ketika kita telah diberi label outgroup maka suara kita hanya dimanfaatkan oleh ingroup. Tidak akan pernah ada solidaritas untuk semua kalangan dan aspirasi kita tidak akan pernah didengar. Lalu,lambat laun outgroup akan disingkirkan; ini hanya masalah waktu saja. Sejarah UI telah membuktikannya.
  2. Pilihlah pemimpin yang telah tercerdaskan. Pemimpin yang dengan rendah hati mau membuka diri untuk semua, karena sadar bahwa jabatan yang akan diembannya adalah jabatan publik bukan jabatan untuk berbagi kekuasaan dengan rekan sejawatnya.
  3. Mulailah untuk melakukan pergeseran (shifting) dari pemilih irasional menjadi pemilih rasional dengan menyatukan otak dan hati. Karena sejatinya ‘rasa’ itu dapat menipu ‘rasionalitas’.

Selamat memilih ! ^^

7 thoughts on “Tips dan trik memilih ketua BEM UI”

  1. PERTAMAX!!!!!….hehehe

    nambahin…

    pilih yang bukan calon dari langitan…..pilih yang outgroup….

    hanya saran aja, bukan provokasi….

    Reply
  2. pilih pemimpin yang ga suka menjelek2an sesuatu..sebelum jadi pemimpin aja suka ngejelek2in sesuatu..gimana pas udah jadi pemimpin??semua bawahannya bisa2 disalahin kalo organisasinya salah dan kalo bagus bilang itu kepemimpinannya…sama satu lagi yang tepat janji dan gentle..

    Reply
  3. lagi nih..sama yang perkataan sama perbuatan bener2 sama..bukan yang perkataannya muluk2 banget..tapi ternyata yg dia janjiin sama yg telah dia lakuin kebalikan 180 derajat..

    Reply
  4. Aslm, bner bnget plihlh pmimpin yg bs mnjdikn dunia kampus itu lbh hdup. Dan plihlh pmimpin yg bkn skdar mraih jbtan untuk pjangan, namun mraih jbtan untuk prbaikan. Krn pemimpin yg baik adalh pemimpin yg brusha untuk sukses, tapi bkn skdar sukses dunia, namun akhirat juga perlu.

    Reply

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA