Tips dan Trik Menarik Merawat Tanaman Dalam Ruangan

anakui.com – Tanaman dalam ruangan adalah pilihan yang tepat untuk membuat rumah tampak segar, ramai serta mempercantik interior anda. Seperti tanaman pada umunya, tanaman dalam ruangan membutuhkan perawatan tertentu secara teratur.

Perhatikan tips di bawah ini untuk menjaga tanaman hias dalam kondisi prima.

Ketahui 3 hal berikut :

Cahaya: Semakin banyak cahaya yang didapat tanaman, semakin baik. Jika memungkinkan, letakkan di ambang jendela, bangku, atau meja agar cahaya mencapai tanaman anda.

Pengamatan: Pengamatan atau memeriksa tanaman secara berkala (misal setiap minggu) itu penting untuk memastikan kesehatan tanaman. Anda bisa menandai kalender untuk membantu mengingatkan jadwal pengamatan.

Perawatan: Jaga agar tanaman anda terlihat bagus. Daun adalah bagian tanaman yang paling penting (terlihat), maka luangkan waktu untuk benar-benar menjaganya.

7 cara merawat tanaman dalam ruangan

• Partikel debu dapat menempel pada daun bunga sehingga menyumbat pori-porinya. Semprot daun dengan air hangat  untuk membuka pori-pori dan bersihkan dengan kain lembut.
• Sebagai alternatif, tempatkan tanaman di luar, di bawah hujan ringan (ini ideal untuk bunga daun kecil yang sulit dibersihkan), siram dengan lembut menggunakan selang, atau tempatkan tanaman di pancuran dan biarkan mengering.
• Tanaman berbulu seperti kaktus dan sukulen, membutuhkan sedikit air dan bersihkan daun dengan sikat lembut.
• Semprotan dan tisu daun profesional tersedia untuk membersihkan dan mengkilapkan daun tanaman.
• Bersihkan tanaman setelah membersihkan (bagian) bunga.
• Buang daun tua atau tidak sehat serta periksa tanda-tanda hama dan penyakit, jika penyebabnya ada di belakang daun.
• Pangkas tanaman jika kehilangan bentuk dan terlihat berantakan. Pemangkasan membantu menjaga keseimbangan tanaman dengan pertumbuhan yang kuat.

Kemudian perhatikan proses penyiraman tanaman dalam wadah membutuhkan penyiraman secara teratur di musim panas dan lebih jarang di musim dingin. Jika anda ragu untuk menyiram tanaman, maka cukup sentuh permukaan campuran, jika terasa kering, maka siramlah.

Leave a Comment