Tips dan Trik Mengatasi Writer’s Block Saat Menulis Esai Beasiswa

Buat kamu para pemburu beasiswa, inilah tips dan trik untuk mengatasi writers block alias mampet ide saat menulis esai. Semoga kamu lolos sampai tahap akhir ya!


0

Hai, hai para pencari beasiswa! Udah pada sampe lolos tahap apa ni?

Biasanya dalam tahapan melamar beasiswa, paling awal adalah seleksi berkas kemudian dilanjutkan dengan tahapan tes tulis, hingga sampai wawancara. Saat seleksi berkas atau tes tertulis, biasanya beberapa beasiswa meminta beaswan-nya menuliskan esai tentang topik tertentu.

Hal yang paling umum ya tentang menceritakan dirinya, harapan ke depan setelah menerima beasiswa dan kenapa dirinya layak menjadi beaswan. Kadang kala saat menulis esai tersebut, mahasiswa acapkali stuck di beberapa poin seperti saat menceritakan kelebihan atau kekurangan dirinya. Nah, untuk mengatasinya kali ini aku bakal berbagi cara mengatasi writers block berdasarkan pengalamanku sendiri 🙂

1. Kenali dirimu sebelum menulis

Sumber: marinayudhitia.wordpress.com

Saat daftar beasiswa, biasanya kita diminta untuk menceritakan tentang diri sendiri, apa kelebihan kita, apa kekurangan kita. Kemungkinan besar kamu sulit untuk menulis esai beasiswa yaitu karena kamu belum mengenal dirimu sendiri. Maka dari itu, lakukan refleksi terhadap diri sendiri cari hal-hal yang membuatmu berbeda dengan orang lain, apa saja hal-hal yang kurang dari dirimu sehingga perlu ditingkatkan.

Buat list terlebih dahulu terkait hal itu kemudian kamu bisa mengembangkannya jadi sebuah esai. Kalau kamu masih sulit juga menemukan kelebihan dan kekuranganmu, coba cari orang terdekat dan minta ia menggambarkan dirimu dari sudut pandangnya.

2. Selalu usahakan jujur saat menulis

Sumber: https://www.psychologytoday.com/

Saat menulis esai, kita ngga perlu jadi orang lain demi mendapat sebuah beasiswa. Jujur adalah kunci integritas yang akan kita jaga nantinya. Kalau dari awal sudah tidak jujur, nanti kedepannya akan lebih banyak kebohongan untuk menutupi kebohongan lainnya. Penerima beasiswa juga pasti akan blacklist kamu kalau sampai ketahuan. Mungkin bukan hanya kamu, tapi institusi yang merekomendasikan kamu menjadi penerima beasiswa juga bisa di cap jelek. Pokoknya, kejujuran itu penting karena orang Indonesia ga kekurangan orang pintar tetapi kekurangan orang yang jujur dan berintegritas.

3. Jangan terlalu muluk-muluk

Beaswan biasanya juga diminta untuk menuliskan esai terkait rencana hidupnya.  Kalau ditanya tentang hal tersebut jangan terlalu berangan-angan ketika membuat rencana yang ujungnya hanya seperti harapan. Rencana itu harus dibuat dengan realistis. Kalau bisa malah memenuhi prinsip SMART. Udah pada tau kan SMART apa? itu loh Specific, Measurable, Achievable, Relevan dan Time. Rencana masa depan juga perlu disesuaikan dengan kemampuan dirimu dan bisa juga sesuai dengan program beasiswa yang akan kamu ambil.

4. Cari inspirasi dengan banyak bertanya

Sumber: https://blog.reedsy.com/

Kalau masih mampet juga untuk menulis esai beasiswa, coba ajak ngobrol orang yang bisa kasih insight. Cari orang terutama yang pernah keterima di beasiswa tersebut. Pelajari tips dan triknya, karena setiap beasiswa juga berbeda dalam pemilihan kriteria calon beaswan. Sesuaikan kelebihan mu dengan program dari beasiswa yang ditawarkan. Hal ini biasanya akan meningkatkan peluang kamu untuk diterima oleh beasiswa tersebut.

5. Minta tolong orang lain baca tulisanmu

Setelah rampung menulis esai beasiswamu, coba minta teman atau orang terdekatmu untuk membaca hasil tulisanmu. Usahakan cari orang yang benar-benar mengenalmu agar masukan untuk esai buatammu lebih relate dengan dirimu yang sebenarnya. Karena biasanya kita nggak sadar kalau tulisan kita ternyata muter-muter atau sulit dipahami oleh orang lain. Setelah minta pendapat dari orang lain, tentunya kamu perlu revisi lagi esaimu kemudian coba minta orang lain lagi untuk me-review tulisanmu. Kamu minimal perlu meminta 2-3 orang untuk memberi masukan terhadap esai beasiswamu agar hasilnya lebih memuaskan.

Nah, itu dia kelima tips dan trik untuk mengatasi writers block alias mampet ide saat menulis. Semoga kamu yang sedang mengurus beasiswa diberi kemudahan ya untuk mengerjakan esainya. Semangat terus juga! Semoga lolos sampai tahap akhir dan diberi yang terbaik, aamiin.

BACA JUGA: Kamu Bingung Cari Beasiswa? Ini Dia Solusinya!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aisyah Syarofina
Hai! It's me Aisyah... I'm a nursing student (FIK 17). I like cooking, drawing, writing and singing also I'm a movie lover. To get to know me more...hit me up on IG: aissyarofina or visit my website on: https://aisyarofina.wixsite.com/website

0 Comments

Leave a Reply