Ada kalanya ketika mahasiswa jenuh sama liburan semester dan merasa dirinya sangat tidak produktif. Mau berkreasi tapi mentok, lalu akhirnya iri-irian deh sama senior atau temen yang sibuk kerja. Kerja saat liburan semester itu memang bikin iri mahasiswa yang terjebak kurang kerjaan di rumah selama liburan, karena banyak alasan, mulai dari bisa dapet duit sampai ke punya koneksi dan pengalaman baru. Nah, buat kamu yang kepengin kerja pas liburan semester, mungkin beberapa tips yang diambil langsung dari mahasiswa yang udah kerja ini bisa membantu kamu!

Manfaatin Hobby

Bisa gambar, bisa dapet duit. (Sumber:)

Bisa gambar, bisa dapet duit. (Sumber:Photo Credit: Jorge Quinteros via Compfight cc)

Buat kamu yang kreatif dan punya keahlian dibidang-bidang tertentu, kamu bisa memanfaatkannya sebagai modal untuk terjun ke dunia kerja. Ok, kalau kamu bisa basket bisa cari-cari kerjaan ngelatih basket di suatu tempat, tapi maksudnya bukan itu! Yang dimaksud adalah keahlian yang memang relevan diberbagai bidang. Misalnya?

Sederhana aja, kamu jago design dan cukup mahir PS sampai AI, kamu bisa jadikan itu modal kamu cari kerja. Uniknya keahlian dalam bidang seni yang satu alam sama digital art adalah kamu gak perlu punya yang namanya sertifikat atau sesuatu yang berasal dari institusi; kamu hanya perlu punya kreativitas, kemampuan, profesionalitas yang dikemas dalam bentuk portofolio. Simpel banget karena kamu tinggal taro hasil karya di situs macam behance.net supaya karya kamu bisa dilihat langsung. Ini juga berlaku untuk kamu yang jago fotografi dan otak-atik website.

 

Apply lewat situs

Apply lewat situs. (Sumber:)

Apply lewat situs. (Sumber:Photo Credit: IlocosNorte via Compfight cc)

Gak terlalu kreatif atau mungkin gak pede sama kemampuan hobi kamu seperti saran di atas, mungkin kamu lebih cocok untuk kerja yang lain. Silahkan coba cari ke berbagai situs-situs penyedia pekerjaan seperti JobsDB, lalu apply di situ. When I say apply, artinya adalah beneran ngelamar pekerjaan pake CV keren dan sebagainya, terus lamar ke banyak perusahaan yang memang membuka lowongan yang mungkin kamu mampu isi.

advertisement

Jangan menyerah hanya karena udah apply ke 10 perusahaan dan gak ada yang panggil buat interview. Bung, saingan kamu banyak. Persentasenya bisa kaya orang jualan. Nawarin ke 100 orang, 10 orang tertarik tapi cuma 1 yang beli. Kamu pikir cari kerja kaya cari pacar? It’s not that easy. Pacaran ngabisin duit, kerja bikin duit. Iyalah susahan cari kerja. Duh.

 

Magang sana-sini

Magang sana-sini. (Sumber:)

Magang sana-sini. (Sumber:Photo Credit: neofedex via Compfight cc)

Ketika ada yang namanya tawaran atau lowongan internship, maju dan ambil. Jangan pikirin dulu masalah gajinya kecil; ini masalah pembuktian ke diri kamu, apakah kamu siap terjun ke dunia kerja. Kalau kamu memang udah ketemu sama internship yang kemungkinan cocok, cobain aja!

Gaji kecil bukan artinya selling your soul to corporate, melainkan itu langkah yang wajar karena kamu memang masih tenaga gak berpengalaman yang mau membuktikan diri, masa iya perusahaan mau bayar mahal kamu? Kalau kamu udah bisa buktiin kualitas, perusahaan juga pasti rela bayar dengan harga yang sesuai.

 

Kerja di tempat-tempat rekreasi

Kerja di tempat rekreasi. (Sumber: eastjava)

Kerja di tempat rekreasi. (Sumber: eastjava)

Ini bisa jadi juga salah satu cara untuk kerja sambil rekreasi. Kerja di ClubMed, misalnya. Technically, emang kamu nguli di sana, tapi ya kamu dibayarin tiket bolak-balik, makan minum ditanggung, dan kamu ada day off untuk bisa jalan-jalan. Daripada nganggur gak jelas, mending cari pengalaman baru. Kalo gak cocok ya cari yang lain.

advertisement

 

Self-improvement

Kalau gak kerja, ya nambah skill di rumah. (Sumber:)

Kalau gak kerja, ya nambah skill di rumah. (Sumber:Photo Credit: Special via Compfight cc)

Sayangnya ini bukan tulisan yang bisa ngasih kamu tips supaya kamu pasti dapet kerjaan; gak ada yang pasti. Namanya juga tips. Tapi tips ini gak akan gantungin kamu dengan ngasih tips yang gitu-gitu aja dan fokus ke ‘pekerjaan yang mungkin kamu bisa dapatkan’. It ain’t that kind of article.

Sebenernya ini bukan tentang pekerjaannya, tapi lebih ke kamu sebagai individu. Katakanlah kamu memang gak dapet kerjaan liburan ini, karena saran di atas kurang mumpuni dan gak sesuai sama kamu. Maka pakailah waktu liburan ini untuk berbenah dan menambah kemampuan. Kamu bisa baca artikel ini, with that being said, kamu punya akses internet seperti manusia normal lainnya dan silakan kamu akses berbagai macam situs yang menyediakan berbagai tutorial untuk menambah kemampuan.

Mulai dari video tutorial design, photography, sampe ke situs yang ngajarin bahasa. Siapa tau kamu bisa jadi interpreter. Jangan nunggu dunia yang menyesuaikan diri sama kamu, kamu yang menyesuaikan diri sama dunia. Get on up and do something, Princess. Kalau duit tumbuh di pohon, kita semua berkebun.

Di AnakUI.com sendiri sudah banyak tips tentang magang lainnya yang kami rangkum dalam katergori karir, contohnya sebagai berikut ini:

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru yang Menarik HRD

2. Contoh CV Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris

3. Contoh CV Lamaran Kerja Terbaru yang Kreatif & Menarik HRD

Semoga tips-tips di atas bisa membantu atau minimal membukakan pikiran kamu. Share tulisan ini via Facebok, Twitter dan Line supaya mereka yang kebingungan cari kerja juga bisa mendapatkan pencerahan!

 



[reaction_buttons]