Jangan Sampai Salah Pilih, Ini Tips Memilih Kos Ideal bagi Anak Rantau

Bagi anak rantau, kos adalah rumah kedua. Di kos, kamu dapat melakukan berbagai kegiatan yang sering kamu lakukan di rumah, seperti tidur, makan, memasak, mencuci, dan lain-lain. Maka dari itu, kamu gak boleh asal pilih tempat kos. Salah-salah, nanti kamu merasa gak nyaman dan jadi gak betah deh. Sebelum memilih kos, kamu harus mempertimbangkan beberapa poin di bawah ini nih. Apa saja sih? Yuk, simak artikelnya!


0

Bagi anak rantau, kos adalah rumah kedua. Di kos, kamu dapat melakukan berbagai kegiatan yang sering kamu lakukan di rumah, seperti tidur, makan, memasak, mencuci, dan lain-lain. Maka dari itu, kamu gak boleh asal pilih tempat kos. Salah-salah, nanti kamu merasa gak nyaman dan jadi gak betah deh. Sebelum memilih kos, kamu harus mempertimbangkan beberapa poin di bawah ini nih. Apa saja sih? Yuk, simak artikelnya!

1. Tentukan budget

Sumber: liputan6.com

Hal yang pertama kali kita lakukan sebelum memilih kos-kosan adalah menentukan anggaran berdasarkan kemampuan membayar. Selanjutnya, lakukan survei kos. Bandingkan harga dan fasilitas yang ditawarkan dari beberapa kos, apakah harga tersebut sesuai dengan fasilitas yang ada. Biasanya kamu akan dihadapkan pada dua pilihan pembayaran yaitu bayar bulanan dan bayar tahunan. Keduanya ini punya plus-minus sendiri lho.

Kalo kamu memilih membayar bulanan, kamu harus tahan menyisihkan uang sebulan sekali guna membayar sewa. Sementara, kalau membayar tahunan, kamu akan merasa berat di awal sebab harus mengeluarkan uang dengan jumlah besar. Belum lagi, kalo di tengah sewa kamu merasa gak nyaman di kosan. Harus dibetahin deh tinggal di sana apapun situasinya.

Nah, kalo saran AnakUI sih baiknya kamu mencari kosan dengan sewa bulanan saja. Kalo sewanya per bulan kan seenggaknya kamu bisa segera pindah kalo merasa gak betah.

2. Fasilitas Kamar

Sumber: akujualbeli.com

Kamar kos yang baik itu gak sempit tapi gak terlalu luas. Sekitar 3×3 meter rasanya udah pas banget untuk kamu melakukan kegiatan sehari-hari. Selain itu, jangan lupa untuk memilih kamar yang memiliki jendela sehingga sirkulasi udara di dalam kamar tetap terjaga. Jangan lupa untuk bertanya tentang tambahan biaya di luar tarif sewa (seperti biaya listrik). Biasanya kan anak rantau perlu membawa barang elektronik seperti laptop, rice cooker, hingga setrika.

Nah, Saran AnakUI, cari kosan yang tidak ada biaya tambahan listrik agar kamu bisa menghemat anggaran tiap bulannya. Jangan sampai kamu udah keburu happy karena dapat kamar murah, eh ternyata itu belum termasuk biaya listrik, air, dan fasilitas lain.

3. Pastikan Kebersihan Kamar Mandi

Sumber: medan.tribunnews.com

Saat mencari kosan, ada baiknya kamu mencari kamar yang menyediakan kamar mandi dalam. Hal ini dilakukan agar kamu tidak perlu repot ke toilet saat malam hari.

Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan kamar mandi. Kriteria kamar mandi yang bersih itu bisa dinilai dari sumber air dan pembuangannya. Kamu bisa menanyakan pada penduduk sekitar, apakah di daerah kos yang akan kamu pilih ada pabrik atau usaha rumahan yang menghasilkan limbah. Pastikan air yang tersedia bersih, tidak berwarna, berbau dan berasa.

Untuk pembuangan air, cek apakah di sekitar kamar ada genangan air. Sebab, genangan air akan memperburuk kebersihan dan menjadi tempat berkumpulnya penyakit. Tentunya kamu gak mau kan sakit saat merantau?

4. Minta Rekomendasi

Sumber: satuhatisumut.com

Untuk mengetahui lingkungan kos, kamu gak bisa hanya survei ke kosannya. Kamu perlu cari tahu secara pasti nih, seperti apa lingkungan di sekitar calon kos. Nah, kamu bisa bertanya ke penghuni kamar, orang sekitar, atau tanya senior yang pernah ngekos di sana.

Tanyakan juga karakter para penghuni kosan. Apakah penghuninya mahasiswa semua atau ada pekerja kantoran. Apakah penghuni sering berangkat pagi dan pulang larut malam. Suka kumpul bareng atau malah ansos di kamar masing-masing. Ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan kamu tidak betah di kos tersebut.

Yang paling penting, jangan lupa untuk tanyakan lingkungan sekitar kos apakah aman atau cenderung rawan. Soalnya, menurut cerita yang AnakUI dapatkan, ada beberapa kos yang sering dijadikan incaran maling untuk nyari mangsa. Ih, jangan sampai kejadian di kamu, deh!

***

Nah, gimana? Udah dapat bayangan apa saja yang akan kalian lakukan dalam memilih tempat tinggal sementara? Jangan lupa untuk lihat kondisi sekitar ya! Kalo kamu doyan makan tengah malam, pastikan di sekitar kos kamu ada warmindo yang buka 24 jam ya. Supaya kamu gak kelaparan saat mengerjakan tugas di malam hari. Semoga tips memilih kos ini dapat membantu ya. Semangat mencari kosan!

Sumber Gambar Header Kosan


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ditha Adinda

Content Writer. Are you the end of my prayer? Because Amen love with you. Hit me on: Ditha Adinda

0 Comments

Leave a Reply