Training PKM-GT Terintegrasi: Mengakhiri Galau Ide PKM-GT


0

Poster Training PKM GT

“SUMPAH! Gue nggak punya ide mau nulis apa?! Bahkan gue nggak tahu PKM GT itu bentuknya kayak gimana? Tapi pingin ikut PIMNAS, pleaseeee!!!!”

Tak perlu khawatir, jika merasa tertantang meramaikan PIMNAS Yogya dengan jakun namun terbentur hal-hal semacam ide, teknik penulisan, atau teman kelompok. Mengapa? Karena kita bisa ikut Training Proposal Kegiatan Mahasiswa-Gagasan Tertulis (PKM GT)!

Apa itu Training PKM GT?

Nah, seperti namanya, training, kegiatan ini adalah pelatihan untuk para mahasiswa, S1 dan D3, yang berminat mengirim PKM GT. Pelatihan dilakukan dua kali, meliputi penjelasan PIMNAS dan PKM GT serta pemberian materi.

Hasil akhir pelatihan ini adalah PKM GT yang siap kirim ke Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI). Maka,  selama rangkaian acara dan proses membuat PKM, peserta juga akan didampingi oleh mentor. Siapa mereka? Para mentor ini adalah orang-orang yang memahami teknik penulisan PKM GT dan bahkan punya pengalaman di PIMNAS, khususnya pada PKM GT.

Hebatnya, acara ini adalah acara pertama yang diselenggarakan bersama-sama oleh seluruh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas di UI, BEM UI, Kelompok Studi Mahasiswa Eka Prasetya, IMD, dan UI to PIMNAS.

Konten Training akan Seperti Apa?

Jadi, dua kali pelatihan ini punya materi yang berbeda. Acara ini akan diadakan di Balai Sidang UI, dengan rincian sevagai berikut.

Hari I, 18 Februari 2012, 08.00-14.30

“Eksplorasi Gagasanmu!”

Penjelasan PIMNAS dan pencarian ide kreatif PKM-GT. Bentuknya diskusi atau tanya jawab dengan pembicara.

Hari II, 3 Maret 2012, 08.00-12.30

“Workshop Panel PKM-GT”

Pada hari kedua, peserta akan diarahkan ke bidang yang sesuai dengan ide PKM GT masing-masing, (IDE, bukan jurusan atau fakultas). Bidang tersebut adalah bidang kesehatan, teknologi, sosial ekonomi, dan MIPA. Di sini, peserta bisa berdiskusi tentang ide-ide di bidang-bidang tersebut.

Sepanjang dua minggu itu, seperti yang disebutkan sebelumnya, tiap-tiap kelompok PKM-GT akan didampingi mentor. Jadi, kalau ada kesulitan atau kebingungan di tengah penulisan, akan ada mentor berpengalaman yang siap membantu.

Mengapa Harus Ikut Training PKM-GT?

Pertama, jelas untuk menjawab kegalauan ide. PKM GT sebagai bentuk output gagasan tertulis atas solusi permasalahan nyata di sekitar kita membutuhkan gagasan yang integral melintasi berbagai disiplin ilmu. Untuk itu, melalui pelatihan ini kita menghimpun sumber daya tertentu yang dimiliki individu-individu dari spesialisasi bidang yang beragam sehingga meningkatkan kualitas pelatihan.

Jadi di sini kita mencari, menghimpun, dan memfasilitasi gagasan-gagasan yang sangat beragam, yang belum tentu sesuai dengan jurusan atau fakultas masing-masing.

Bentuk kolaborasi ini, misalnya

  • Mentor lintas fakultas dan UKM terutama KSM EP UI sebagai konsultan  lintas bidang yang telah berpengalaman dalam menulis
  • Asistensi pencarian anggota lintas fakultas sesuai dengan kemampuan dan keterampilan  yang diinginkan
  • Narasumber yang melibatkan kontingen UI lintas fakultas yang telah mewakili UI di PIMNAS.

Namun, lebih dari itu mengikuti pelatihan ini berarti kita ikut berusaha dan menjadi bagian dalam upaya mengembalikan semangat PIMNAS sebagai semangat satu universitas Indonesia. Kemenangan di PIMNAS hanya bisa tercapai jika seluruh fakultas, departemen, Unit Kegiatan Mahasiswa bersatu menyumbangkan spesialisasi sumber daya yang dimilikinya, yang tidak dimiliki yang lain,dan dihimpun menjadi satu.

Bagaimana Caranya untuk Ikut?

Oke, sampai di sini, pelatihannya memang berbeda dan menarik, tapi perlu bayar atau tidak? Cukup dengan 15 ribu rupiah untuk dua minggu pelatihan, termasuk snack dan sertifikat.

Lalu, bagaimana caranya kalau mau ikut Training PKM-GT?

Gampang!

  • Caranya, registrasi dengan format Nama/Fakultas/Jurusan/Angkatan kirim ke 085693973226 (Claudio)
  • Pembayaran on the spot atau via Keilmuan BEM Fakultas masing-masing

Baiklah, sampai ketemu di Training PKM-GT! 😀


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ardha

One Comment

Leave a Reply