Jakarta sebagai ibu kota negara republik Indonesia, selalu mampu menarik perhatian khalayak masyarakat, hampir setiap bulan tempat-tempat baru bermunculan dan menyita perhatian publik, mulai dari tempat-tempat yang ciamik untuk dijadikan spot foto, tempat rekreasi yang murah meriah, museum – museum yang menyimpan banyak kenangan sejarah, hingga tempat – tempat untuk melakukan wisata kuliner. Tempat- tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari dalam dan luar negeri, banyak juga penduduk lokal yang menyengaja untuk berpergian melihat tempat – tempat baru di Jakarta. Biasanya di musim liburan wisatawan di daerah Jakarta meningkat, untuk kamu yang mau menyusuri ibu kota ada baiknya kamu membawa persiapan khusus, mengingat cuaca dan polusi di ibu kota dapat terbilang sangat jahat.

1. Air Minum

Benda ini sangat wajib kamu bawa kemanapun kamu pergi demi mencegah dehidrasi tubuh, khususnya kalau kamu ingin berwisata ke beberapa tempat di Jakarta. Sudah menjadi rahasia umum bahwa cuaca dan panas terik di ibu kota sangat menyengat, kamu akan merasa lebih cepat lelah dan tubuhmu akan berkeringat lebih banyak yang berarti kehilangan cairan lebih banyak juga, maka air minum menjadi benda yang tak boleh terlewatkan.

2. Sunscreen

Sunscreen atau sunblock adalah lotion yang berfungsi untuk menghindari kulit terkena sinar UVA atau UVB yang dipancarkan oleh matahari dapat merusak kulit, tak tanggung – tanggung sinar ini dapat menyebabkan kanker kulit dan sunburn. Pastikan kamu memakai sunscreen atau sunblock sebelum keluar rumah ya, dan jangan lupa aplikasikan ulang ketika kulitmu terkena air.

BACA JUGA: Wajah Kamu Jadi Kusam dan Breakout Selama #DiRumahAja? Simak Tips ini!

3. Masker

Bukan masker kecantikan ya, tapi masker yang biasa digunakan oleh orang sakit untuk menghindari kamu dari paparan polusi kendaraan dan mencegah penularan penyakit. Ketika kamu berwisata ke ibu kota Jakarta, kamu akan bertemu banyak orang di transportasi umum atau di tempat tujuan mu, maka penggunaan masker sangat berguna, kamu bisa membelinya di minimarket.

4. Power bank atau charger

tips travelling di jakarta

advertisement

Barang ini harus ada di tas kamu kalau kamu ingin pergi mengunjungi tempat wisata, selain digunakan untuk membuka aplikasi petunjuk arah, pastinya kamu ingin membagikan cerita lewat instastory atau status whatsapp kan? Semakin sering menggunakan smartphone, maka baterainya akan cepat abis pula, maka jangan lupa membawa barang ini agar kamu tetap bisa membagikan oengalamanmu ke media sosial.

5. Uang cash

Setiap kamu mengunjungi tempat wisata tertentu, akan selalu ada kebutuhan yang tidak tertuga. Uang cash perlu kamu sediakan, apalagi jika kamu belum pernah pergi ke tempat itu sebelumnya, kamu akan kesulitan untuk menemukan ATM atau bank untuk mengambil uang, jadi saran saya sediakan uang cash untuk menghindari kejadian yang tak terduga, karena belum semua tempat di Jakarta menyediakan transaksi yang berbasis online.

BACA JUGA: Tips Mengelola Keuangan Untuk Mahasiswa, Wajib Coba!

6. Obat-obatan Pribadi

Kamu perlu membawa obat-obatan pribadi jika memang butuh, siapa tau kamu memerlukannya dan tidak ada apotik atau minimarket di sana, maka sebaiknya kamu membawa barang ini dari rumah. Jika kamu mudah mengalami mabuk darat misalnya, sebaiknya sediakan obat pereda mabuk sebelum pergi.

7. Earphone

Nah kalau ini adalah barang wajib yang harus saya bawa kemanapun saya pergi, karena kita tidak tahu kapan perjalanan akan menjadi membosankan, misalnya tiba-tiba kita terjebak dalam kemacetan, maka setidaknya kamu bisa mendengarkan lagu dari smartphone tanpa membuat orang lain terganggu.

BACA JUGA: 5 Wisata Kota Kece di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan

advertisement

Sekiranya itu barang yang biasa saya bawa sebelum beroergian khususnya ke daerah Jakarta, karena kebutuhan setiap orang berbeda, mungkin kamu memiliki barang-barang tersendiri yang harus kamu bawa ketika pergi.