4 Trik Membaca dan Memahami Lebih Cepat Untuk Mahaiswa

AnakUI.comTrik Membaca dan Memahami Lebih Cepat Untuk Mahaiswa : Cara membaca dan memahami dengan cepat sebenarnya mudah dicapai. Selama Anda tahu caranya. Sebaliknya, jika Anda tidak tahu caranya, hasilnya akan membuang-buang waktu. Cara membaca dan memahami dengan cepat sebenarnya merupakan metode yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak semua orang menyadari bahwa ada tahapan yang tidak terlalu penting untuk membaca cepat dan pemahaman.

Saat Anda membaca cepat, Anda tidak hanya belajar membaca teks, Anda juga belajar berpikir. Meski tidak membantu secara finansial, membaca skimming mengajak Anda untuk mengeksplorasi lintas informasi, termasuk menjelajahi berbagai bidang agar kosa kata pengetahuan Anda bertambah.

Trik Membaca dan Memahami Lebih Cepat Untuk Mahaiswa

Tahukah Anda bahwa membaca cepat juga memiliki berbagai manfaat lainnya? Selain mengetahui tujuan membaca, Anda akan menjadi lebih kritis dalam berpikir. Manfaat terakhir dari skimming adalah tidak butuh waktu lama. Setidaknya membaca cepat akan membuat Anda lebih efisien dalam hal waktu.

Anda bisa mendapatkan pesan yang Anda inginkan dengan membaca dalam waktu singkat. Kelemahan kurang teliti dalam mendalami pokok bahasan.

Trik Membaca dan Memahami Lebih Cepat Untuk Mahaiswa

Nah, bagi Anda yang ingin meningkatkan kecepatan membaca secara efektif dan efisien, Anda bisa mengikuti cara-cara berikut ini. Tentu Anda tidak ingin membuang waktu untuk membaca tanpa mendapatkan manfaat sedikitpun bukan? tidak ada? Berikut cara cepat membaca dan memahami uraian berikut.

1. Buat pertanyaan

Apakah Anda salah satu orang yang tidak pernah membaca cepat? Atau Anda tidak tahu apa itu kategori Reading Quick Look? Jadi ada orang yang membaca dengan cepat tanpa memperoleh ilmu. Ada juga jenis membaca cepat yang tidak mengganggu pemahaman membaca, yang disebut skimming. Tahukah Anda bahwa ada beberapa langkah untuk membaca cepat atau membaca sekilas?

Salah satunya adalah dengan mengajukan pertanyaan. Buat pertanyaan langkah 1 untuk membantu Anda membaca lebih cepat. Sulit menemukan sesuatu untuk dibaca kecuali Anda mulai mengajukan pertanyaan. Misalnya, buku yang Anda baca setelah menemukan kebahagiaan adalah buku yang mengulas tentang kebahagiaan. Masih banyak lagi pertanyaan yang tepat sesuai dengan keinginan Anda, seperti bagaimana hidup, bagaimana hidup bahagia, mengapa orang mungkin tidak bahagia.

2. Pilih topik untuk dibaca

Setelah Anda sudah memutuskan buku yang sesuai dengan topik yang Anda inginkan. Subjek bacaan menjadi bahasan atau objek yang akan dibahas dalam bacaan. Nah, disini kita lihat dulu konteks bahan bacaan yang kita baca. Baik dalam bentuk buku, tabloid maupun surat kabar. Kalau dalam bentuk koran, tentu mudah dibaca dengan cepat.

Anda membaca cepat Ceritanya berbeda jika konteks membacanya dalam bentuk buku. Tidak mungkin menyelesaikan seluruh buku dalam satu jam, bukan? Mengingat buku memiliki ketebalan yang berbeda dengan koran atau tabloid.

Meski tebal, bisa dibaca dengan cepat. Salah satu langkahnya adalah dengan membaca daftar isi kemudian pendahuluan. Beberapa buku memiliki sinopsis di akhir buku. Nah, sinopsis ini juga yang bisa penulis baca untuk mendapatkan gambaran tentang topik yang akan dibahas.

Ngomong-ngomong, tahukah Anda bahwa membaca daftar isi dan pendahuluan adalah salah satu rahasia untuk cepat memahami isi buku yang akan kita bahas? Cara ini juga sering digunakan oleh editor buku untuk menyeleksi naskah. Jika tidak ada keterkaitan dan kesinambungan antara satu bab dengan bab lainnya dalam daftar isi, buku tersebut akan ditolak.

Selain digunakan editor untuk menyeleksi buku, metode membaca cepat dan pemahaman sering digunakan di perpustakaan. Berlaku untuk pengunjung dan pustakawan itu sendiri. Tidak mungkin menemukan buku di perpustakaan dengan membacanya satu per satu. Anda tidak akan dapat membaca semuanya dalam sebulan dan menemukannya.

3. Membaca pencarian

Cara membaca cepat dan memahami berikut ini dengan read search. Read Search dilakukan dengan tujuan menemukan ide pokok dan menemukan pesan kunci dengan cepat. Setelah Anda menemukan pesan penting yang Anda cari, Anda dapat membacanya dengan kecepatan normal.

Cara ini lebih sering dilakukan oleh orang-orang yang terdesak waktu untuk mengerjakan tugas kuliah. Nah, yang masih kuliah pasti sering melakukan cara ini kan? Oleh karena itu, tujuan utama membaca bukanlah membaca atas kemauan sendiri. Tapi tuntutan untuk bekerja.

Itu sebabnya banyak orang memilih membaca cepat dengan menavigasi cepat dari satu bab ke bab lainnya. Tentunya cara ini juga yang paling efektif, terutama saat mengerjakan skripsi. Cara paling efektif untuk mencari bacaan adalah dengan melihat judul buku kemudian daftar isi. Akan ada diskusi yang lebih spesifik tentang topik tertentu dalam daftar itu sendiri. Ini adalah subjek yang lebih spesifik dan berbentuk kerucut untuk ditangani dan dijelajahi secara langsung.

4. Baca situasi sekilas

Walaupun terlihat sepele, pengertian skimming harus membaca situasi dengan seksama. Saat membaca sepintas, Anda harus membahas situasi berikut: Pertama periksa bab-bab dalam buku itu sendiri. Namun, bab-bab tersebut dimaksudkan untuk memberikan gambaran dan fokus materi yang akan dipelajari.

Kedua, perhatikan jenis buku dan kebutuhannya. Misalnya, menentukan apakah sebuah buku itu sastra atau non-sastra, atau fiksi atau non-fiksi. Kemudian periksa kebutuhan untuk membaca buku secara sekilas. Apakah untuk tugas-tugas kampus atau bacaan-bacaan tanpa tuntutan eksternal?

Ketiga, jika sumber bacaan Anda adalah artikel, bukan buku, periksa kembali kebutuhan Anda. Apakah itu tugas kampus atau keinginan Anda sendiri. Jika tugas dari kampus atau sekolah, fokus topiknya mungkin pada masalah kontroversial di pihak penulis.

Keempat, periksa kembali apakah pesan yang Anda baca informatif. Atau tidak ada manfaatnya sama sekali. Selain itu, Anda juga bisa mengecek apakah bahan bacaan mudah dipahami atau tidak.

Nah, jika melihat ulasan tentang cara membaca dan memahami dengan cepat di atas, Anda dapat melihat bahwa ada banyak cara untuk membaca. Ada orang yang membaca cara membaca lambat, cara membaca intensif, dan sebagainya. Setiap metode membaca memiliki tujuan dan kelebihannya masing-masing.

Penutup

Trik Membaca dan Memahami Lebih Cepat Untuk Mahaiswa ini dapat memberikan manfaat dan pemahaman baru bagi Anda. Tentunya, Anda tidak hanya perlu membaca dengan cepat, tetapi juga memiliki kualitas membaca yang baik. Setiap sumber bacaan harus memiliki pesan dan tujuan yang baik. Pesan dan tujuannya adalah sesuatu yang harus kita ambil dan simpan dalam ingatan kita.

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA