Kehidupan menjadi mahasiswa memang tidak mudah. Mulai dari lika-liku asmara di kampus tercinta, masalah pertemanan, tugas yang menumpuk, hingga perdebatan dengan dosen dan ibu kosan.

Bagi mahasiswa baru, stress adalah hal yang pertama kali ia temukan setelah melewati satu semester masa perkuliahan. Masa kuliah sangat berbeda dengan masa SMA. Jika di masa SMA, galau bisa 3-4 harian, di masa kuliah kadang waktu buat bergalau-ria hanya akan terasa bagai angin lalu.

advertisement

Jadwal kuliah yang padat, tidak ada waktu luang sedikitpun, jadwal sehari bisa full dengan kuliah. Belum lagi jadwal kuliah yang gak pasti, beda halnya dengan sekolah. Kalau sekolah jadwal sudah diatur dari pukul 7 sampai pukul 2 misalnya, jadwal kuliah bisa berubah-ubah tergantung dosen atau tenaga pengajar. Belum lagi kalau ada dosen yang suka minta kumpulin tugas secara tiba-tiba dan ngasih waktu ngerjain tugas seakan-akan besok sudah akan kiamat.

Bagi mahasiswa yang tinggal di luar kota dan jauh dari orang tua, mereka agak sulit dalam menentukan prioritas dan mengelola keuangan, hingga akhirnya semuanya terlihat berantakan dan membuat mahasiswa terserang stress. Kebiasaan makan yang cenderung berantakan dan seringkali tidak memenuhi aturan pemenuhan gizi, semakin membuat mahasiswa cenderung tidak sehat dan berpotensi gampang marah.

BACA JUGA: Sering Mangku Laptop Pas Ngerjain Tugas Bisa Bikin Impotensi Loh

advertisement

Menurut  sebuah penelitian  Harvard University dan dilaporkan di European Heart Journal, ditemukan adanya hubungan marah dengan ganguan kardiovaskular atau pembuluh darah jantung. Dimana ganguan kardiovaskular ini identik dengan penyakit jantung. Nah, gak lucu kan hanya karena kehidupan kemahasiswaan kamu gak ter-manage dengan baik di usia kamu yang sekarang sudah divonis berpotensi sakit jantung?

Jadi bagaimana caranya supaya bisa jadi mahasiswa yang gak gampang stress?

Olahraga

Olahraga bisa menurunkan risiko stress via isj.fib.ui.ac.id

Olahraga bisa menurunkan risiko stress via isj.fib.ui.ac.id

Berdasarkan penelitian para ahli, olahraga terbukti dapat menurunkan resiko stress. Dengan mengikuti UKM olahraga di kampus, kamu bisa melakukan olahraga secara rutin plus dapat menjalani hubungan sosial yang baik dengan teman-teman kamu.

advertisement

 

Atur Agenda

Pintar-pintar mengatur waktu via lombok.biz

Pintar-pintar mengatur waktu via lombok.biz

Berikan porsi yang tepat dalam mengatur setiap kegiatan kamu, bikin jadwal yang terstruktur kapan kamu hangout dengan teman, kapan kamu jalan-jalan, kapan kamu ngerjain tugas, kapan kamu pacaran, dan kapan kamu mengikuti kelas perkuliahan. Agenda yang terstruktur memudahkan kamu untuk mengatur waktu dan membuat janji. Dengan begini, kamu pun bisa mengatur waktu yang tepat untuk beristirahat, minimal kamu harus sisakan 8 jam sehari untuk tidur dan beristirahat secara fisik.

 

advertisement

Jangan Memaksakan Diri

Ambil SKS sesuai dengan kemampuan agar lebih maksimal via

Ambil SKS sesuai dengan kemampuan agar lebih maksimal via Photo Credit: 2 dogs via Compfight cc

Karena tujuan hidup tertentu, seperti lulus kuliah secepatnya, membuat kita terkadang buta dalam menyusun SKS yang diambil per semester. Sehingga kita lupa bahwa ada mata kuliah tertentu yang porsi penugasannya lebih berat sehingga membebani mata kuliah yang lain.

Bijak dalam menyusun jadwal kuliah dan kredit semester akan memudahkan kamu dalam menjalani penugasan dalam setiap semesternya. Ingat, bahwa lulus kuliah cepat bukan segalanya, namun kamu perlu pertimbangkan langkah yang tepat agar gak lulus kelamaan.

 

Traveling

Traveling juga jadi cara agar gak gampang stress via paket-wisatamurah

Traveling juga jadi cara agar gak gampang stress via paket-wisatamurah

The world is a book. Those who do not travel, will only read a few of it. Dengan menyempatkan diri untuk traveling kamu akan ketemu orang baru, belajar hal baru, mengenal kultur yang baru, dan mendapatkan suasana yang baru. Hal ini akan melupakan kamu sejenak akan hidup sebagai mahasiswa, menyadarkan kamu bahwa sebagai mahasiswa, kamu juga manusia yang butuh bersentuhan dengan alam dan bersosialisasi dengan orang yang tidak kamu kenal sebelumnya.

Yuk, share tulisan ini di Facebook, Twitter atau LINE kamu suapay teman-teman kamu juga bisa mengatur kuliahnya dengan baik dan ikut menurunkan resiko stress dalam hidupnya. 🙂