Jembatan Teknik-Sastra alias Teksas adalah salah satu landmark di kampus kita syang paling sering dilalui civitas setiap harinya. Sayangnya, meski punya peran yang sangat penting bagi para pejalan kaki, Jembatan Teksas sekarang ini kondisinya kumuh dan terkesan minim perawatan.

Baca juga tulisan-tulisan gue yang lain di AnakUI.com yang udah jadi trending topic di sini:

  1.  Tujuh Macam Grafik IPK di SIAK-NG
  2.  Tujuh Lokasi Tersyuting-able di Kampus UI
  3. Yang Unik-unik cuma di Kukusan Teknik
  4. SIAK-NG War for Dummies
  5. Tujuh Kios “yang Paling-paling” di Kantin Teknik (Kantek)
  6. Waspada! Kala Kriminalitas Melanda Civitas

Nah, di balik vandalisme yang mengganggu estetika Jembatan Teksas, ternyata ada banyak coretan menarik yang sayang kalo nggak diperhatikan. Jadi, di Minggu malam ini AnakUI.com ingin mengangkat berbagai jenis kaligrafi yang bisa ditemukan dengan mudah di jembatan ini. Here we go! (Tujuh Tipe Coretan di Jembatan Teksas)

 1. Tanggal-Tanggal Jadian

PhotoGrid_1426392813100

Sebagai destinasi wisata utama cabe-cabean yang menanti senja bersama kekasihnya, Jembatan Teksas nggak luput dari coretan yang satu ini. Iya, angka hari jadi mereka pacaran. Di kala kisah Romeo Juliet dan Zainudin-Hayati terekam lengkap dalam karya sastra, mereka pun berikhtiar mengabadikan lika-liku asmaranya melalui media tip-x seharga lima ribuan. Gue gagal paham, mereka mau pamer tanggal jadian atau belagak cenayang kaya di film Knowing yang meramalkan akhir zaman.

 2. Silsilah Geng

PhotoGrid_1426393006665_1Nggak tahu apa motivasinya, tapi, coba perhatiin deh. Banyak sekali coretan di Jembatan Teksas terutama di bagian sebelah kanan dari arah FT yang menuliskan nama-nama alias (nama panggilan) dari setiap anggota geng mereka, kemudian ditambah lagi tulisan We Are Not Geng, But We Are Family. Hm, kayaknya geng mereka semasa kecilnya kebanyakan nonton Barney…

advertisement

 3. Pembuktian Cinta

PhotoGrid_1426392971125_1

Coba deh, kalo lagi nyebrang Teksas dan sesekali iseng melihat ke atap jembatan, niscaya kita bakal menemukan coretan-coretan besar bertuliskan Si Fulan love Fulanah, dst, dst. Coba kita renungkan sejenak. Itu gimana cara nulisnya yha… Segitu relanya sang cowok berjuang mengukir nama mereka berdua. Ketimbang tipe coretan tanggal jadian yang diberi lope-lope kayak di nomor satu, sepertinya derajat kecintaan tipe ini jauh lebih besar.

4. Kekuasaan Wilayah

PhotoGrid_1426392710854Jika binatang menandai daerah kekuasaannya dengan air seni, maka manusia menandai teritorinya dengan… graffiti. ANAK KELAPA DUA, SAWANGAN STRONG, VIKING KELAPA DUA, FULAN WAS HERE, FULANAH PERNAH KE SINI adalah sedikit contoh kecil dari berbagai cara mudah menandai kekuasaan di jembatan ini. Gue agak curiga, jangan-jangan di masa depan nanti, curahan hati mereka ditambahin salam-salam dan request lagu kayak SMS-SMS Prambors.

5. Optimis UI

PhotoGrid_1426392768612

Seperti yang pernah kita alami sendiri, pastinya berbagai cara dilakukan oleh anak SMA supaya bisa diterima di kampus idamannya, mulai dari bimbel, pemantapan, menambah amalan ibadah, hingga membuat ikatan batin dengan calon kampusnya. Menuliskan doa mereka di Jembatan Teksas adalah salah satu caranya. Duh dek, nggak sekalian nyoret di kertas, dibikin perahu kertas, lalu dilarung di lautan lepas?

 6. Pengin Jadi Artis

PhotoGrid_1426393055777Sebagai ruang publik yang bisa dilalui siapa aja, ternyata Teksas kerap digunakan buat bermacam-macam promosi, baik itu lowongan kursus bimbel, acara-acara di Gedung IX, hingga ajang #FollowFriday yang dilakukan secara cuma-cuma. Berikut gue share beberapa remaja yang menuliskan akun twitter-nya di Jembatan Teksas. Semoga abis ini kamu langsung nambah follower ya!

advertisement

7. Kata Pujangga

Untitled-2Di balik dominasi coretan cabe dan terong-terongan, ternyata masih banyak kutipan-kutipan dahsyat yang bisa ditemukan di jembatan ini. Buat kamu yang sedang stuck, patah hati, dan butuh jawaban dari Yang di Atas, nggak ada salahnya kamu menyusuri tulisan di pinggir Jembatan Teksas untuk menemukan jawaban atas kegelisahan jiwamu sendiri. Foto ini dijepret tahun 2013, sayang quote-nya udah dicat dan ditimpa tulisan lain 🙁

***

 

Selain syuting-able, kalo dipikir-pikir lagi, kayanya suasana Jembatan Teksas emang ditakdirkan menjadi tempat yang romantis di sekitar kampus apalagi selepas hujan reda. Sayangnya, kondisi Teksas saat ini udah amat memprihatinkan. Mungkin ini adalah waktu yang tepat bagi pihak rektorat untuk melakukan lift up terhadap jembatan yang dijadikan ajang anak STM menyalurkan kreativitasnya ini, atau melakukan komersialisasi sekalian sama jembatan ini. Kan seru juga tuh, kalo di kampus ada spot Gembok Cinta buat para civitas yang baru jadian dan ingin cintanya diabadikan di teralis jembatan!



[reaction_buttons]