UI Aspal Jalanan Pakai Sampah Plastik, Emang Bisa?

Kampus kecintaan kita semua telah melakukan uji coba pengaspalan berbahan dasar sampah plastik. Penasaran? Emang Bisa?


0

Jumat lalu (28/08/2020), kampus kecintaan kita semua telah melakukan uji coba pengaspalan berbahan dasar sampah plastik. Proyek hasil kerja sama dengan PT Chandra Asri Petrochemical TBK, PT Samudera Montaz, dan Perusahaan Konstruksi Wasxo Indonesia ini dilakukan pada area seluas 241 meter persegi di Jalan Prof. Dr. Sumitro Djoyohadikusumo, Kampus UI Depok

Sumber: Dok. Humas UI 2020

Pengaspalan ini merupakan bagian dari proyek percontohan pemanfaatan bahan limbah plastik bernilai rendah sebagai campuran aspal. Limbah yang digunakan berasal dari berasal dari limbah bungkus mi instan yang terdiri atas polietilena dan polipropilena. Limbah ini didapat langsung dari PT Samudera Montaz, sebuah perusahaan kemasan multilayer di Indonesia. Sebagai awal tahap uji coba, Universitas Indonesia menggunakan sampah seberat 75 kilogram cacahan kemasan mi instan atau sekitar 5-6 persen dari total keseluruhan aspal aspal.

Sumber: Dok. Humas UI 2020

Anak UI, katanya, pemakaian sampah plastik ini sanggup meningkatkan kualitas aspal jalan, lho!

Ahli teknologi polimer dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Mochamad Chalid mengatakan, penambahan sampah plastik ke dalam campuran aspal dapat meningkatkan stabilitas jalan hingga 40 persen, dengan komposisi yang ideal, sesuai dengan hasil pengujian. Bila kualitas jalan jadi lebih kuat dan tahan lama, Universitas Indonesia bisa menghemat biaya perawatan jalan. Wah! Keren banget ya, Anak UI!

BACA JUGA: Mau Bikin Pangling dengan Temen Kampusmu Setelah #DirumahAja? Ikuti 3 Tips ini!

Proyek percontohan yang Universitas Indonesia lakukan saat ini merupakan bentuk kerja sama antara UI dan mitra industri dalam mencari solusi masalah limbah plastik. Tentunya ini selaras dong dengan semangat UI sebagai kampus hijau yang terus berusaha untuk mencari solusi dalam mengatasi permasalahan lingkungan. Salah satu penerapannya adalah mendaur ulang dan mendayagunakan tumpukan limbah plastik yang selama ini menjadi masalah lingkungan di Indonesia.

Sumber: Dok. Humas UI 2020

Bila uji coba ini berhasil, gak menutup kemungkinan kalo ke depannya nanti, area Universitas Indonesia akan menggunakan aspal berbahan dasar plastik. Kita doakan semoga proyek ini berjalan dengan lancar ya, Anak UI!

BACA JUGA: Gaya Hidup Ramah Lingkungan Mahasiswa Selama #DiRumahAja


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ditha Adinda

Content Writer. Are you the end of my prayer? Because Amen love with you. Hit me on: Ditha Adinda

One Comment

Leave a Reply

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals