UI dan PT Dow Indonesia Beri Penghargaan Champion Plaswas

Kegiatan kerjasama ini menjadi kesempatan UI untuk mengedukasi dan meningkatan kesadaran UI dan masyarakat untuk bijak menggunakan plastik


0

Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan PT Dow Indonesia dan Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan, serta Pemerintah Kota Depok, menggelar acara puncak dari serangkaian kegiatan edukasi pengolahan sampah plastik yang telah dilakukan selama Januari-Maret 2021P di lingkungan UI.

Dalam acara puncak yang dilaksanakan secara daring (31/3), UI dan Dow mengumumkan para pemenang dari rangkaian lomba yang telah dilakukan sebelumnya, serta memberikan penghargaan bagi internal UI yang dinilai telah memberikan komitmennya bagi pengolahan sampah plastik di UI.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E, M.A, Ph.D mengatakan, “Kegiatan ini menjadi kesempatan UI untuk mengedukasi dan meningkatan kesadaran UI dan masyarakat untuk bijak menggunakan plastik.” Prof. Ari berharap jajaran pimpinan, sivitas akademik UI, dan seluruh lapisan masyarakat dapat berkomitmen tinggi terhadap pengelolaan sampah plastik dan mengedepankan pelestarian lingkungan hidup.

Prof. Dra. Fatma Lestari, M.Si., Ph.D sebagai ketua pelaksana mengatakan bahwa terkait pandemi, kegiatan ini mengalami perubahan konsep dari bentuk luring, menjadi daring. “Rangkaian kegiatan edukasi ini diadakan dalam empat bentuk, yaitu webinar bertajuk “Education, Communication, Raising Awareness, and Changing People Behaviour Plastic and Waste Management in Universitas Indonesia”, community project, lomba 4R (Reduce, Reuse, Recycle, and Replace), dan Champion Plaswas. Khusus untuk Champion Plaswas, penghargaan akan diberikan dalam tiga kategori bagi pihak-pihak internal UI yang dianggap menjalankan kegiatan manajemen sampah dengan baik,” ujarnya.

Dr. Toto Pranoto selaku Direktur Kerja Sama UI mengatakan bahwa UI berkomitmen penuh dalam menjaga dan mendukung kelestarian lingkungan hidup melalui berbagai upaya, diantaranya adalah pemilahan sampah dan pengurangan sampah plastik di berbagai fakultas di UI, kerja sama dengan Bank Sampah Pemerintah Kota Depok, serta kerja sama dengan pihak industri dalam melakukan pemanfaatan sampah plastik multi layer dan single layer sebagai bahan baku pembuatan aspal.

Bentuk rangkaian kegiatan edukasi dimulai dengan penyelenggaraan kegiatan seminar daring pada 20 Maret 2021 yang memberikan berbagai perspektif terkait masalah sampah plastik di Indonesia. Selain itu, digelar kompetisi community project yang diikuti oleh 53 peserta yang dibagi kedalam 5 kelompok yang bertujuan untuk mempromosikan pengelolaan sampah kepada masyarakat di sekitar Depok.

Lomba 4R dilakukan dalam bentuk kompetisi e-poster, e-booklet, dan video pendek terkait tata kelola limbah plastik. Penghargaan juga diberikan bagi peserta yang mendapatkan komen dan likes terbanyak di media sosial. Total peserta yang mengikuti lomba ini adalah 42 peserta yang berasal dari dalam dan luar UI.

Penghargaan bagi internal UI diberikan dalam kategori Champion Plaswas, yaitu penghargaan yang diberikan bagi fakultas yang dianggap mengedepankan kreativitas dan komitmen dalam melakukan kegiatan manajemen sampah plastik. Penghargaan ini diberikan dalam tiga kategori, yaitu Silver, Gold, dan Platinum.

Dalam kategori Silver (komitmen, implementasi pengelolaan sampah), penghargaan diperoleh Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran Gigi, Program Pendidikan Vokasi, Fakultas Ilmu Komputer, dan Fakultas Farmasi. Kategori Gold (komitmen, kreativitas, implementasi pengelolaan sampah) diraih oleh Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan Fakultas Ilmu Administrasi. Untuk kategori Platinum (komitmen, inovasi, kreativitas, implementasi pengelolaan sampah), yang mendapatkan penghargaan sebagai juara pertama adalah Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Pemberian plakat penghargaan dilakukan secara daring oleh Haruki Agustina, Direktur Pemulihan Kontaminasi dan Tanggap Darurat Limbah B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Ia menyampaikan harapan bahwa penghargaan ini dapat membuat masyarakat lebih termotivasi dalam melakukan pengelolaan sampah plastik secara lebih bijak.

BACA JUGA: Membanggakan! Prestasi dan Inovasi Mahasiswa UI yang Dapat Mengubah Dunia


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ditha Adinda

Content Writer. Are you the end of my prayer? Because Amen love with you. Hit me on: Ditha Adinda (Vokasi, Administrasi Rumah Sakit 2017). Baca artikel Ditha Adinda lainnya.

0 Comments

Leave a Reply