UI Juara 1 Indonesian Varsity English Debate 2008, Bali


0

Di tengah minimnya kabar tentang prestasi mahasiswa UI, sebuah kabar gembira dari English Debating Society (EDS) UI patut kita banggakan bersama. Tanggal 27-31 Januari 2008 yang lalu bertempat di Universitas Udayana Bali, 64 tim dari 43 Universitas di Indonesia berlaga dalam Indonesian Varsity English Debate ke-11 (IVED) tahun 2008. UI kembali meraih juara 1 pada kompetisi ini, mengalahkan Universitas Negeri Malang (UNM).

Adalah Jonathan A. Marpaung (Fasilkom 2006), Angga Kho M. (Fasilkom 2006), dan Astari (FISIP 2006) dari tim UI-A yang berhasil melalui seluruh ronde dalam IVED tanpa mengalami kekalahan sedikitpun. Di babak grand final, mereka berhasil mengalahkan UNM dalam debat dengan topik “This house believes that Indonesia’s policy in converting fuel to biodiesel brings more harm than good”. Tim UI-A menang dengan split decision 4:3 dari 7 orang juri. Kemenangan UI dilengkapi lagi dengan diraihnya 3rd Best Speaker oleh Astari (FISIP 2006), dan 7th Best Speaker oleh Rain dari tim UI-B.

IVED itu sendiri memiliki 6 preliminary round (babak penyisihan), dengan 16 tim teratas dari babak tersebut masuk ke elimination round yang terdiri dari octo final (perdelapan final), quarter final, semi final, dan grand final. Tahun depan, IVED ke-12 tahun 2009 akan diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogya.

Kemenangan UI pada lomba tersebut haruslah bisa mendorong kita, mahasiswa UI lainnya untuk terus berprestasi pada lomba maupun kompetisi lainnya, baik itu Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas), Mahasiswa Berprestasi Nasional (Mapresnas), lomba-lomba yang berhubungan dengan kompetensi keilmuan kita, lomba-lomba yang berhubungan dengan kesenian atau olahraga, dan lomba-lomba lainnya. Jangan sampai kampus kita tercinta ini hanya menang nama besar saja tanpa ada bukti kemenangannya di kompetisi-kompetisi yang ada. Sekali lagi, selamat untuk Jonathan, Angga, Astari, dan Rain, atas prestasinya di IVED yang lalu. Semoga kemenangan ini bisa mendorong kita semua untuk terus berprestasi lagi.

ki-ka: Jonathan, Angga, Astari

Tautan


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
ilmanakbar

suka menulis dan berbagi. sudah lulus dari kampus. sudah tidak jomblo lagi, yeay! \^_^/

4 Comments

Leave a Reply

  1. Ass.mw nympein ni sesuatu yg menurut aq pribadi mungkin memprihatinkan bgt,aq liat betapa kotor & joroknya kampus qt yg notabene terbesar di Indonesia.Apalagi yg ada di sekitar MUI,danau yg ada di sebelahnya bgtu kotor & tak terurus layaknya pemukiman kumuh.Dah gtu waktu jln dr FE aq liat di parit2 tu ikan2 pada mati dan kayaknya merana banget.AQ pikir ia terbuang dari danau sebelah MUI.Ternyata kerusakan lingkungan sdh trjd di UI jg.Kenapa sih qt g ngadain “kerja bakti” bwt perbaikin itu smw????Kan bisa DEPSOS BEM UI merintis bwt smw itu.JGn terlalu sibuk dgn kegiatan sosial yn ada di luar kan di UI sendiri msh ada banyak bgt yg mesti di perbaiki.THX moga ada tanggapn

  2. Terima kasih banyak atas dukungannya teman-teman… 🙂

    Ini sebenernya bukan prestasi pertama EDS UI di kompetisi debat internasional, nama UI sudah sangat dikenal dan dihormati diantara debaters dari Asia, Australia dan New Zealand. Gw bersyukur banget bisa meneruskan nama baik itu.

    Kalo ada waktu, dateng ke website EDS UI di http://www.edsui.org ya…

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals