Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) baru-baru ini kembali menorehkan prestasi gemilang di ajang kompetisi berskala nasional, Microeconomics Competition 2011.

Atika Amalia (FE/Ilmu Ekonomi/2009), Budiono dan Tsurayya Nurrahma (FE/Ilmu Ekonomi/2008) yang tergabung dalam tim UI 2 meraih gelar Juara I, sedangkan Dennis Sitompul, Fridayanti Putri, dan Hosianna Situmorang (FE/Ilmu Ekonomi/2010) yang tergabung dalam tim UI 1 menjadi Juara III. Selain itu, tim UI 2 juga berhasil merebut penghargaan Best Essay dalam kompetisi ini. Kemenangan ini tentu saja sangat membanggakan karena selama dua tahun berturut-turut, tim dari UI berhasil merebut gelar Juara I dan Best Essay.

Microeconomics Competition 2011 yang bertemakan “Let’s Make Decision with Microeconomics” ini berlangsung pada tanggal 29-30 Oktober 2011 di Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Universitas Padjadjaran (Unpad), Dipati Ukur, Bandung. Acara ini merupakan ajang kompetisi tahunan yang digelar himpunan mahasiswa IESP Unpad. Tahun ini merupakan pelaksanaannya yang kedua dengan diikuti berbagai universitas di Indonesia.

Dalam kompetisi ini, peserta diminta untuk menunjukkan kemampuan dan pemahaman mikroekonomi mereka melalui pengerjaan soal tertulis dan kuis. Tiga tim dengan akumulasi nilai terbaik di seleksi awal, berhak maju ke babak final yang berformat cerdas cermat dengan disaksikan banyak penonton. Tahun ini, UI mengirimkan dua perwakilan di ajang ini. Tanpa diduga, kedua tim dari UI ini berhasil melaju ke babak final. Bahkan, disebutkan bahwa tim UI 2 mendapatkan nilai tertinggi di tahap seleksi awal. Adapun finalis lain berasal dari Universitas Bakrie.

Pada permulaan babak final, tim UI 2 berhasil memimpin perolehan nilai, sedangkan tim UI 1 berada di posisi kedua dan Bakrie di posisi ketiga. Namun, di penghujung babak ini, tim Bakrie mulai bermain agresif dan berhasil menyusul perolehan nilai. Tim UI 1 pun harus puas berada di posisi ketiga, sementara tim Bakrie berhasil melejit ke posisi kedua. Hingga babak final berakhir, tim UI 2 tetap mempertahankan posisinya sebagai tim dengan perolehan nilai tertinggi dan berhak merebut gelar Juara I. Kesuksesan tim UI 2 ini tidak lepas dari strategi play safe dan play fast dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada. Tim UI 2 juga meraih gelar tambahan sebagai tim dengan esai terbaik melalui esainya yang membahas masalah-masalah mikroekonomi dalam pembiayaan UMKM.

advertisement