Selamat datang kembali di anakui.com, teman-teman! Gimana liburan semester genapnya, udah bosen belum? Tenang aja, masih nyisa sebulan lagi kok. Nah, meski males banget ke kampus kalo lagi libur gini, tetep aja gak boleh ketinggalan berita dong seputar kampus tercinta. Maka dari itu, anakui.com punya berita menarik nih buat temen-temen semua!

BACA JUGA: Fitur Ini Akan Membuat Bikun Baru Menjadi Super!

Inget gak kalo anakui.com pernah membahas seputar isu bikun baru yang kalo punya fitur-fitur canggih ini pasti jadi keren banget? Ternyata, bikun beneran ingin bertransformasi loh meski fiturnya gak seperti yang kita khayalkan, hehehehe! Hal ini dibuktikan pada perayaan ulang tahun ke-52 Fakultas Teknik UI pada Senin (18/7) di Fakultas Teknik, Kampus UI Depok, di mana UI meluncurkan 4 kendaraan mobil berbasis listrik.

 

4fe50e00fb102c84339c28e5e65f84d6

Bus yang denger-denger akan secara bertahap menggantikan fungsi bikun yang sering kita gunakan ini bernama Bus Electric Vehicle (EV), yaitu bus yang memiliki kapasitas 60 penumpang dengan daya motor 120 kW dan 300 Ah. Tentunya, bus ini menggunakan bahan bakar listrik yang akan menggantikan bikun yang selama ini masih berbahan bakar solar.

advertisement

 

997314bf8663611e3217631bcf0b6012

 

Selain itu, dalam acara Dies Natalis FTUI yang ke-52 ini juga dipamerkan 3 mobil lainnya, yakni Makara Electric Vehicle (MEV) 01, City Car MEV 02, dan City Car MEV 03. Mobil-mobil listrik ini merupakan inovasi karya dosen dan mahasiswa FTUI yang tergabung dalam Tim Molina UI.

Wah, namanya keren-keren banget ya, kira-kira apa sih bedanya dari ketiga mobil lainnya itu?

Makara Electric Vehicle (MEV) 01 merupakan city car yang menggunakan prinsip motor listrik berupa Brushless Direct Current (BLDC) motor dengan kapasitas 25 kW. Sementara MEV 02 desain dan spesifikasinya menyerupai kendaraan-kendaraan komersial dan  menggunakan motor AC Induksi dengan daya 7,5 kW dan kapasitas baterai 102 Ah. Terakhir, ada city car MEV 03 yang merupakan mobil jenis lain yang spesifikasinya menyerupai kendaraan komersial dengan sistem hibrid menggunakan motor AC induksi dengan daya 32 kW dan kapasitas baterai 102 Ah.

advertisement

Selain merancang kendaraan listrik, Tim Molina UI juga menciptakan sistem termal untuk pendinginan kabin dan baterai serta sistem fluida. Merupakan aplikasi jet sintetik untuk perbaikan aerodinamika kendaraan serta mengembangkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik dengan menggunakan energi dari PLN dan sel surya, yang nantinya akan berfungsi layaknya pom bensin bagi mobil-mobil listrik.

Bus EV yang diharapkan akan menggantikan bis kuning berbahan bakar solar saat ini telah menjalani uji coba berkeliling kampus UI Depok dan tengah menjalankan uji level kelayakan untuk dapat diterapkan sebagai Bis Kuning.

Semoga aja lulus uji ya, biar bikunnya ganti baju dan lebih mendukung Universitas Indonesia dalam mewujudkan visinya sebagai Green Campus!



[reaction_buttons]