Hai! Di bulan-bulan ini pasti adalah bulan yang super hectic dan memusingkan buat mahasiswa tingkat akhir. Yep, pastinya kamu lagi intens banget nih ngurusin “anak” kamu yang bernama skripsi atau terkadang kita suka menyebutnya dengan nama skripsweet.

Sumber: rencanamu.id

Pasti hari-hari kamu sedang diisi dengan begadang seharian, melihat layar laptop, baca literatur, ngetik sampai jari lemas, ngerjain revisi, bahkan mungkin kamu juga masih harus mengerjakan penelitian kamu sembari mengejar deadline  menulis skripsi. Rasa pusing, stress, badan kurang fit, mengantuk, dan lelah akhir-akhir ini pasti sedang mengelilingi kamu. Coba kamu istirahat sejenak dan baca ini, ada pesan manis untuk kamu yang sedang mengerjakan skripsi.

Dalam keadaan yang penuh kegiatan seperti ini, sangat penting untuk kamu menjaga kesehatan kamu

Sumber: entrepeneur.com

Kamu harus benar-benar ekstra menjaga agar badan kamu tetap fit setiap harinya. Kegiatan yang sangat padat ditambah dengan waktu tidur yang tidak menentu akan membuat tubuh kita cepat drop. Sementara, kamu harus dalam kondisi yang optimal setiap harinya untuk menyelesaikan skripsi kamu tepat pada waktunya.

advertisement

Konsumsi sayur dan buah-buahan setiap harinya, jika waktu kamu sangat padat kamu bisa hanya mengkonsumsi sayur saat makan atau kamu bisa mengkonsumsi buah dalam bentuk jus. Jika kamu suka makan cemilan saat menulis skripsi kamu, kamu bisa ganti coklat atau snack kamu dengan salad buah atau salad sayur. Selain mengkonsumsi buah dan sayur, jangan lupa hal yang paling penting yaitu makan tepat pada waktunya dan konsumsi air putih yang cukup.

BACA JUGA: Percaya Atau Enggak, Meme Ternyata Bikin Kita Sehat!

Luangkan sedikit waktumu untuk berolahraga setidaknya 2 kali seminggu

Olahraga rutin kamu bisa lakukan cukup dengan waktu 30 menit hingga 1 jam. Kamu bisa melakukan jogging atau melakukan beberapa workout sederhana. Seperti yang kita ketahui, olahraga penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Selain itu, olahraga juga dapat membuat mood kita jadi lebih happy,lho! Hal ini akan membantu banget untuk mengurangi stres kamu. Kamu bisa melakukan ini dirumah, di sekitar komplek atau kamu bisa mampir ke stadion UI. Selain menjaga pola makan dan berolahraga, jangan paksakan diri kamu jika kamu sedang merasa benar-benar lelah. Beristirahatlah sebentar agar kondisi mu tidak drop. Selain itu, dengan kamu beristirahat juga membuat kamu lebih segar sehingga kamu bisa lebih produktif.

advertisement

BACA JUGA: 8 Jenis Olahraga Yang Asik Dilakukan Pagi Hari di UI

Dalam situasi seperti ini, banyak tantangan dan rintangan yang harus kamu lalui. Usahakan bahagiakan suasana hatimu

Kamu akan sering merasa lelah, stres dan mungkin juga takut jika kamu tidak bisa menyelesaikannya dengan baik. Itu hal yang wajar kita rasakan. Tetapi kamu harus ingat untuk tidak larut dalam perasaan tersebut, karena hal ini dapat menghambat kamu dalam menyelesaikan skripsi mu dan membuat kamu menjadi tidak optimal. Usahakan agar membuat suasana hati kamu baik. Kamu bisa mengisi disela-sela kegiatanmu dengan hal-hal sederhana yang membuat kamu semangat kembali seperti mendengarkan musik, menyanyi, bermain online game atau bercengkrama dengan sahabat-sahabat kamu. Hal ini terkesan sepele, namun dengan selalu membangun suasana hati yang baik akan membuat kamu lebih semangat dalam menyelesaikan skripsi dan membuat kamu dapat berpikir jernih.

Untuk kamu yang sedang menyelesaikan skripsi, semangat terus ya! Memang perjalanannya terasa sulit, banyak batu kerikil yang menghalangi. Tetapi, kamu pasti bisa melalui ini semua dengan segala usaha dan kemampuan yang kamu miliki. Mungkin saat ini teman-teman kamu ada yang sudah menyelesaikannya, jangan panik! Jadikan itu sebagai motivasi. Pasti kamu juga bisa menyelesaikannya, kok. Setelah bertahun-tahun kamu menjalani masa perkuliahan dan tinggal sedikit lagi kamu bisa menggapai mimpi kamu.  Berikanlah yang terbaik dari dirimu untuk menyelesaikan tugas akhir ini,ya! Tutuplah masa perkuliahanmu dengan indah.

advertisement

BACA JUGA; Sidang Skripsi Bukan Momok Yang Menakutkan, Simak Deh 4 Tips Ini!

Header image reference: world.edu



advertisement