Hei Anak SMA, Udah Tahu Bedanya Jalur SNMPTN, PPKB, Talent Scouting, SBMPTN, dan SIMAK UI? Terkait jalur masuk UI, penerimaan mahasiswa baru sudah di depan mata, banyak jalur untuk masuk UI untuk kamu yang ambis banget sama UI dan gamau kuliah kalau ga di UI, berikut jalur masuk UI yang tersedia dan dapat kamu coba!

1. SNMPTN

SNMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau dikenal dengan jalur undangan, sistem penerimaan untuk masuk perguruan tinggi lewat jalur ini diadakan oleh pemerintah sejak tahun 2008, hampir setiap tahunnya persyaratan untuk mengikuti seleksi SNMPTN ini selalu berubah, dan tidak semua siswa dapat mendaftar untuk mengikuti seleksi ini.

advertisement

Ya, kuota pendaftar untuk seleksi SNMPTN terbatas, setiap sekolah memiliki kuota sendiri tergantung dari akreditasi sekolah tersebut, peserta SNMPTN dari setiap sekolah dipilih secara sistematis melalui sistem PDSS. Nantinya para peserta dapat memilih untuk mendaftar paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN, salah satu daya tarik dari seleksi ini adalah, tidak dipungut biya pendaftaran alias gratis. Dalam seleksi ini nilai rapot dan prestasi akademik menjadi pertimbangan bagi pihak perguruan tinggi negeri untuk melihat apakah peserta memenuhi kriteria nilai PTN tersebut.

2. PPKB / Talent Scouting

Proses pendaftaran dan seleksi Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) dan talent scouting sebenarnya kurang lebih sama seperti jalur snmptn yaitu menggunakan nilai rapot dan prestasi akademik selama di sekolah, seleksi ini terbatas karena diadakan untuk sekolah-sekolah tertentu yang sudah mengajukan permohonan kepada pihak UI. Lewat jalur seleksi PPKB peserta dapat mendaftar untuk jenjang S1 paralel, vokasi, dan beberapa jurusan di S1 reguler, sedangkan talent scouting dapat kamu pilih jika kamu berminat untuk mengambil S1 kelas Internasional. Mudahnya, PPKB itu seperti SNMPTN tapi khusus untuk mendaftar ke UI dan peserta harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 750.000 untuk jalur PPKB, dan biaya sebesar Rp 1.300.000 untuk jalur talent scouting.

advertisement

3. SBMPTN

SBMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, yang membedakan SBMPTN dengan SNMPTN adalah, pesertanya yang lebih banyak dan tidak terbatas, semua siswa yang lulus tahun 2018, 2019, dan 2020 dapat mendaftar ke UI lewat jalur ini, semakin banyak peserta tentu semakin banyak saingannya. Untuk mengikuti seleksi ini, peserta wajib mengambil tes UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) terlebih dahulu, nantinya setelah nilai UTBK keluar peserta dapat memilih maksimal 2 program studi, bisa di PTN yang sama atau di PTN yang berbeda. Jalur ini tidak memungut biaya apapun, tetapi untuk mengikuti tes UTBK peserta harus membayar sebesar Rp 200.000.

4. SIMAK UI

advertisement

SIMAK UI adalah seleksi masuk UI terpadu untuk berbagai jenjang dan program pendidikan yang ada di UI, mulai dari S1 Reguler, S1 Paralel, program Vokasi, program ekstensi, S2 hingga S3 bisa mendaftar lewat SIMAK. Banyak yang berbeda dari SIMAK UI tahun ini, akibat dari imbas pandemi virus corona ujian SIMAK UI tahun 2020 akan dilakukan secara online. Lewat seleksi ini peserta dapat memilih maksimal 6 jurusan tapi dengan kategori setiap program maksimal 3 jurusan, contohnya peserta dapat memilih 1 jurusan dari Vokasi dan 3 jurusan dari S1 paralel, dan 2 jurusan dari S1 reguler.

Biaya untuk mengikuti ujian seleksi ini berbeda-beda mulai dari Rp 500.000, tergantung berapa banyak jurusan yang diambil oleh peserta. Ujian SIMAK tahun 2020 ini mewajibkan para pesertanya untuk memiliki nilai UTBK, jadi bagi peserta yang ingin mendaftar jalur SIMAK UI, pastikan sudah mengikuti tes UTBK ya!

5. Olimpiade (Jalur OSN)

advertisement

Banyak yang belum tahu kalau di UI ada jalur olimpiade atau jalur OSN. Program jalur Olimpiade bertujuan untuk memberi penghargaan kepada para juara Olimpiade keilmuan untuk melanjutkan studi di UI sesuai dengan bidang yang dijuarainya. Persyaratan yang diperlukan adalah juara olimpiade sains di bidang Biologi, Fisika, Matematika, Kimia, Komputer, atau Ekonomi yang diselenggarakan oleh DEPDIKNAS dan dikirim oleh DEPDIKNAS. Syarat lainnya adalah lulus pada tahun penerimaan, dan rapor kelas 1–3 dengan nilai rata-rata 7. Pendaftaran hanya untuk Juara Olimpiade Sains yang mendapat Undangan mendaftar dari UI.

Untuk info lebih lengkap kamu bisa melihat portal website masing-masing jalur seleksi, pastikan kamu membaca persyaratannya dengan teliti ya, dan rajin mencari info terkait lewat teman atau di media sosial, yang penting doa dan usaha jangan pernah kamu lewatkan, semangat!

So, are you the next yellow jackets?