Update Terbaru Informasi Biaya Kuliah UI 2020 untuk Program S1 dan D3

Bagi teman-teman yang akan mendaftar kuliah di UI, ada baiknya kalian memperhatikan lagi mengenai biaya kuliah, hal ini penting banget dan gak boleh terlewat, pastikan kamu baca dengan teliti ya!


0

Info Biaya Kuliah UI Terbaru 2020 untuk Program S1 dan D3. Bagi teman-teman yang akan mendaftar kuliah di UI, ada baiknya kalian memperhatikan lagi mengenai biaya kuliah, hal ini penting banget dan gak boleh terlewat, pastikan kamu baca dengan teliti ya!

Biaya Kuliah S1 di UI Tahun 2020

Untuk jenjang S1 di Universitas Indonesia terbagi kedalam beberapa kelas yaitu regular, paralel, ekstensi dan kelas khusus international. Bedanya regular dan parallel apa sih?

S1 Reguler

Perbedaan paling dasar terletak pada jalur masuk dan biaya pendidikannya, S1 reguler menerima siswa SMA/SMK/MA/sederajat dengan batasan usia ijazah 3 tahun, pada ujian SIMAK UI 2020 misalnya, maka yang bisa mendaftar S1 reguler hanyalah lulusan tahun 2020, 2019, dan 2018. Selain SIMAK UI, para peserta juga bisa mendaftar S1 reguler lewat jalur SBMPTN dan SNMPTN.

Biaya pendidikan di Universitas Indonesia disebut dengan Biaya Operasional Pendidikan (BOP), nah BOP ini wajib kamu bayarkan di setiap semesternya, dan ada juga Uang Pangkal (UP) yang harus dibayarkan 1x selama kuliah yaitu ketika kamu melakukan pendaftaran ulang.

BOP untuk kelas reguler terbagi menjadi dua.

  • Biaya Operasional Pendidikan-Berkeadilan (BOP-B)

BOP-B ini terbagi menjadi 6 kelas mulai dari kelas 1 hingga kelas 6, namun terdapat perbedaan pada rumpun ips dan ipa.

Seperti yang tertera pada gambar, rumpun IPA mulai dari Rp 0 hingga Rp 7.500.000, sedangkan rumpun IPS mulai dari Rp 0 hingga Rp 5.000.000.

Besaran BOP-B yang akan kamu bayar akan disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orang tua/wali dari mahasiswa tersebut, saat akan mendaftar ulang mahasiswa baru dari kelas s1 reguler dapat mengajukan BOP-B ini, namun dibutuhkan beberapa berkas seperti yang tertera di dalam gambar ini.

Perlu diingat bahwa mahasiswa baru hanya bisa mengajukan, setelah itu pihak UI akan melakukan validasi terhadap berkas-berkas yang diinput, pihak kampus sendiri yang akan menentukan berapa besaran biaya yang akan dibebankan kepada orang tua/wali mahasiswa.

  • Biaya Operasional Pendidikan-Pilihan (BOP-P)

Nah untuk BOP-P mahasiswa baru tidak perlu menyiapkan berkas-berkas khusus, BOP-P terbagi dalam beberapa kelas pilihan, nantinya maba tersebut bisa langsung memilih kelas mana yang sesuai dan akan langsung disetujui oleh pihak ui.

BACA JUGA: Mengenal Jenjang Pendidikan Tinggi dari Diploma, Sarjana, Magister, hingga Doktor

S1 Pararel

Siswa bisa mendaftar untuk kelas pararel melalui jalur PPKB, dan simak pararel, simak pararel tidak menentukan batasan umur ijazah seperti kelas reguler tadi, hal ini demi memperluas kesempatan setiap orang untuk melanjutkan studinya tanpa batasan usia. Biaya pendidikan untuk kelas pararel terdiri dari uang pangkal (UP) yang akan dibayarkan 1x selama kuliah tepatnya ketika registrasi, dan BOP, BOP untuk kelas pararel ini sifatnya tetap tidak dapat pilih atau meminta keringanan dari pihak kampus. Perlu dicatat bahwa tidak semua fakultas di UI memiliki kelas pararel ya

S1 Kelas Khusus Internasional (KKI)

Universitas Indonesia juga menyediakan program kelas khusus internasional (KKI), pada dasarnya program pendidikan yang diselenggarakan sama dengan program pendidikan reguler, dan diselenggarakan oleh Universitas Indonesia atas dasar adanya kerjasama antara Universitas Indonesia dengan mitra Perguruan Tinggi di luar negeri yang memiliki reputasi internasional dan telah memperoleh akreditasi di negaranya. Jalur masuk program ini melalui SIMAK-KKI dengan materi ujian Social Sciences atau Natural Sciences sesuai dengan kelompok program studi yang dipilih. Program S1 KKI ini terbagi menjadi 2 yaitu :

  • Gelar Tunggal, adalah program KKI yang memiliki kurikulum khusus dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan atau pengalaman magang di universitas mitra di luar negeri selama 1 sampai dengan 2 semester. Hal tersebut disesuaikan dengan kurikulum masing-masing program studi. Mahasiswa hanya akan memperoleh satu gelar kesarjanaan dari UI.
  • Gelar Ganda, adalah program KKI yang memiliki kurikulum khusus dengan memberi kesempatan mahasiswa untuk menempuh studi di UI dan di Universitas Mitra UI dalam suatu masa studi jenjang kesarjanaan. Mahasiswa akan memperoleh gelar kesarjanaan dari UI dan dari Universitas Mitra UI sekaligus.

Bagi kamu yang tertarik untuk mengikuti program kelas khusus international, harap diperhatikan bahwa tidak semua fakultas memiliki kelas khusus internasional, besaran biayanya juga berbeda-beda tergantung pada tiap fakultas, sama seperti ketentuan kelas parallel, biaya pendidikan untuk program KKI ini bersifat tetap atau tidak dapat dikurangi.

BACA JUGA: Informasi Lengkap DAAD Scholarship Indonesia 2020, Sudah Siap Daftar?

S1 Ekstensi

S1 ekstensi adalah program pendidikan jenjang sarjana untuk lulusan D3 dari berbagai Perguruan Tinggi yang telah terakreditasi BAN-PT. Nah jalur masuk S1 Ekstensi ini hanya melalui Simak UI ya teman, sedangkan materi yang diujikan adalah Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris.

BACA JUGA: 6 Hal Yang Bakal Kamu Kangenin dari UI selama Masa PJJ

Vokasi

Program Vokasi (D3) adalah program pendidikan jenjang diploma yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga yang dapat menetapkan keahlian dan ketrampilan di bidangnya, lulusannya dipersiapkan untuk bekerja dan mampu bersaing. Lulusan Vokasi (D3) nantinya akan mendapat gelar Ahli Madya (A.Md) dan D4 adalah Sarjana Terapan Sains (S tr), Vokasi UI memang memiliki rencana untuk mengadakan program D4 namun sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut mengenail hal ini, jalur masuk Vokasi dapat melalui jalur PPKB dan SIMAK UI, dengan total 13 jurusan di Program vokasi ui.

Nah itu tadi informasi mengenai biaya kuliah untuk jenjang S1 dan D3, jika ada hal yang mau kamu tanyakan, bisa langsung tulis di kolom komentar, semangat! Are you the next yellow jacket?

BACA JUGA: Serba-Serbi Kartu Tanda Mahasiswa UI, Idih Canggihnya Bukan Main


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Rahmadianty Alivia
Saya Rahmadianty Alivia. Dari program Vokasi prodi Komunikasi Penyiaran Multimedia (2019). Saya senang mempelajari hal baru, memelihara hewan, dan tumbuhan liar di rumah. Satu fakta unik dari saya adalah saya alergi mi instan.

0 Comments

Leave a Reply