Di zaman sekarang, ada banyak cara bagi mahasiswa untuk berbisnis. Mulai dari hanya iseng-iseng menjadi ladang usaha sampai hobi yang ternyata mendatangkan penghasilan tak terduga. Namun, untuk memulai sebuah bisnis, Anda harus punya niat dan tekad yang kuat. Jangan sampai saat menemui rintangan, usaha berhenti di tengah jalan karena kemauan yang lemah.

Anda bisa mulai menyusun proposal yang berisi rancangan ide, modal, bahan baku yang dibutuhkan, dan pemasaran. Terkait modal, tentunya membuka bisnis membutuhkan bujet yang tidak sedikit. Jika tidak mampu memulai usaha sendirian, tak ada salahnya membangun bisnis secara berkelompok.

Nah, ingin tahu bisnis apa saja yang tak terlalu membutuhkan banyak biaya? Inilah 20 usaha waralaba bermodal kecil untuk mahasiswa yang patut dipertimbangkan!

Usaha Waralaba Makanan

Waralaba Sabana

Photo by Sabanaku on Instagram

Orchi Chicken Indonesia

Franchise Orchi Chicken Indonesia telah didirikan sejak tahun 2010. Orchi sudah membuka lebih dari 300 gerai di berbagai pula, misalnya Sumatera, Bali, Jawa, Kalimantan, Bangka Belitung, dan Sulawesi. Menu-menu di Orchi telah diracik dengan rempah-rempah pilihan yang lezat dan ringan di lidah. Anda juga bisa untung besar jika mendapat pesanan untuk acara-acara tertentu.

Orchi memiliki tiga paket usaha, yakni Lux, Eksklusif, dan Spesial. Paket usaha yang termurah dan cocok untuk mahasiswa adalah Paket Usaha Lux. Anda akan difasilitasi dengan peralatan memasak, kemasan untuk membungkus pesanan, bahan baku makanan, timbangan, boks pendingin besar, spanduk, brosur promosi seragam, etalase dengan boks neon, dan panduan lengkap. Paket Usaha Lux dibanderol dengan harga Rp13.750.000.

Crispyku Fried Chicken

Crispyku adalah salah satu waralaba ayam goreng di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2010. Dalam menggeluti bidang makanan cepat saji, Crispyku telah berhasil membuka lebih dari 670 gerai di Indonesia. Franchise ini menjadi kualitas produk yang higienis dan segar. Pengiriman bahan baku dimudahkan dengan adanya mobil khusus berpendingin. Nah, khusus untuk yang membuka gerai di daerah Jabodetabek maka akan diberlakukan gratis ongkir.

advertisement

Ada beberapa paket mitra usaha yang ditawarkan Crispyku. Namun, yang paling terjangkau adalah Paket Modern seharga Rp22.000.000. Paket Modern sudah termasuk booth alumunium, wajan penggorengan, bahan baku awal ayam bumbu, tepung terigu 30 kg, kemasan kotak 200 buah, kemasan kertas 1.000 lembar, dan boks pendingin. Jika Anda tidak punya modal sebanyak itu, tak ada salahnya untuk mengajak teman-teman yang dipercaya dan kompeten untuk berbisnis bersama.

Sosis Bakar Sumo

Sosis Bakar Sumo adalah salah satu usaha franchise menguntungkan dan bermodal kecil. Sosis biasanya digemari banyak orang, dari mulai anak-anak hingga dewasa. Terlebih, ukuran yang beragam dan varian rasa yang unik membuat sosis bakar memiliki cukup banyak peminat. Sosis bakar bisa dijual dalam ukuran S sampai XXL dan varian rasa seperti keju, ayam, barbeku, original, dan lada hitam.

Harga untuk setiap rasa dan ukuran pun bervariasi. Namun, Anda tetap akan mendapatkan keuntungan yang menjanjikan. Untuk memulai usaha ini, dibutuhkan modal sekitar Rp2.600.000 hingga Rp4.500.000. Omzet diperkirakan mencapai Rp800.000 dan dapat meningkat ketika musim liburan atau akhir pekan tiba. Apabila tidak langsung terjual, sosis bisa disimpan di dalam freezer dan tahan hingga 6 bulan.

Jamur Crispy

Kudapan yang satu ini sangat digemari banyak orang karena rasanya yang enak dan harganya yang terjangkau. Jamur Crispy sangat cocok dimakan saat bersantai bersama keluarga atau teman-teman. Selain itu, bahan baku kudapan yang terbuat dari jamur tiram putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jamur yang telah digoreng bisa dibubuhi aneka perisa, misalnya keju, ayam bakar, sapi panggang, barbeku, jagung bakar, dan balado.

Usaha ini didukung pasar konsumen yang terus bertambah, risiko usaha rendah, serta sistem operasional yang mudah. Belum lagi, modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Harga yang dipatok untuk satu bungkus jamur crispy bisa berkisar antara Rp2.000 hingga Rp5.000. Nah, sebelum memulai usaha franchise ini, Anda membutuhkan modal sekitar Rp5.000.000 untuk Paket Booth dan Rp6.500.000 untuk Paket Gerobak.

Jasuke

Pertama kali mendengar nama camilan ini, terdengar seperti nama orang Jepang, ya? Padahal, nama Jasuke merupakan singkatan dari jagung, susu, dan keju. Bisnis Jasuke terbilang menguntungkan. Hal ini karena harganya yang murah dan menjangkau semua kalangan usia. Anda memerlukan bahan-bahan berkualitas agar rasa Jasuke bisa lebih enak. Maka dari itu, jagung manis dengan biji yang besar menjadi pilihan yang tepat.

advertisement

Dengan harga jual sebesar Rp2.000 hingga Rp10.000, Anda berpotensi memperoleh keuntungan jutaan rupiah per bulannya. Usaha waralaba Jasuke bisa dimulai dengan modal Rp2.050.000-an sampai Rp2.850.000. Umumnya, paket lengkap sudah termasuk spanduk, peralatan makan dan memasak, kemasan, bahan baku berkualitas, dan etalase displai.

Takoyaki Yakienak

Takoyaki merupakan salah satu kudapan khas Jepang yang populer di Indonesia. Bentuknya bulat, berisi potongan daging gurita, serta ditaburi kecap asin, rumput laut, dan katsuobushi. Di Jepang sendiri, takoyaki sering dijual pedagang kaki lima. Nah, salah satu franchise di Indonesia yang menggunakan kudapan ini sebagai menu utama adalah Takoyaki Yakienak.

Satu porsi bisa berisi 5 sampai 10 buah dan harganya bisa dipatok mulai dari Rp5.000. Tak hanya berisi daging gurita, waralaba ini juga menyediakan menu bola-bola takoyaki berisi keju mozarela, cumi-cumi, bakso, udang, dan sosis. Apabila Anda tertarik untuk membuka franchise Takoyaki Yakienak, dibutuhkan modal sekitar Rp7.000.000 atau Rp8.000.000.

Joker (Jogja Leker)

Waralaba Joker menyediakan kue leker sebagai produk utamanya. Kue leker sudah jarang ditemui, padahal rasanya lezat dan bisa dikreasikan sesuka hati. Usaha Joker sangat praktis dan mudah dijalankan, apalagi peluang bisnis di bidang makanan tidak ada matinya. Terlebih, usaha ini termasuk cepat dalam hal balik modal, yakni hanya sekitar 1 sampai 2 bulan. Anda akan didukung dengan tim yang profesional dan mendapatkan diskon menarik untuk pembelian paket berikutnya.

Joker menyediakan 8 varian rasa, yakni Indomie, sosis mozarela, cokelat keju, krim Oreo, jagung keju, matcha mix, Beng Beng, dan selai cokelat. Pilih paket yang diinginkan dari tiga kategori, yakni Paket Bronze seharga Rp4.900.000, Paket Silver seharga Rp7.600.000, dan Paket Gold dengan harga Rp9.500.000. Paket yang termurah sudah dilengkapi dengan booth minimalis, kemasan, peralatan penunjang, bahan baku awal, sarana promosi, dan 1 set seragam karyawan.

Kebab Sohib

Siapa yang tak kenal dengan kebab? Makanan khas Timur Tengah ini menjadi salah satu makanan cepat saji yang populer di Indonesia. Nah, Kebab Sohib adalah waralaba kebab yang bisa Anda coba. Kebab Sohib didirikan oleh Tamma Robbah Indonesia yang bergerak di bidang industri makanan, terutama produksi tortila dan bahan baku kebab.

Franchise ini menawarkan menu kebab dalam berbagai ukuran, mulai dari Small hingga Jumbo. Pelanggan bisa memilih isian kebab seperti daging sapi, jamur, atau campuran. Selain itu, terdapat pilihan saus tomat barbeku, sambal, mayones, dan lada hitam serta tingkat kepedasan dari level 1 sampai 9.Harga satu porsi berkisar antara Rp8.000 sampai Rp15.000, tergantung ukurannya.

Usaha ini bisa dimulai dengan modal Rp3.950.000 untuk paket promo. Paket ini berisi 1 unit booth portabel, paket bahan baku awal, video bimbingan memasak, dan dukungan pemasaran secara online maupun offline. Anda bisa mendapatkan omzet rata-rata sebesar Rp7.800.000 per bulan.

Sabana Fried Chicken

Franchise ini pertama kali membuka gerai di Duta Indah, Bekasi, pada tahun 2006. Sabana Fried Chicken mempertahankan proses pengolahan makanan yang higienis dan sesuai syariat Islam. Hal inilah yang membuat Sabana Fried Chicken berhasil mengantongi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia. Sabana menyajikan makanan-makanan seperti ayam, kentang, dan burger dengan harga terjangkau.

Untuk menjadi mitra franchise ini, syaratnya sangat mudah dan dapat dijalankan secara berkelompok. Hanya dengan modal Rp22.500.000, Anda sudah bisa bermitra dengan Sabana Fried Chicken dan memulai usaha. Paket sudah termasuk gerobak, penggorengan, peralatan memasak, bahan baku, survei, dan bimbingan. Keuntungan neto yang didapatkan untuk setiap potong ayam adalah Rp13.000.

Martabak Mini Africa Waka Waka

Martabak manis sudah sejak dahulu menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Lembut dan kenyalnya martabak ditambah taburan pelengkap yang bervariasi membuat siapa pun ketagihan. Nah, bagaimana jadinya jika martabak manis yang besar dimodifikasi menjadi mini? Ternyata, peminatnya tetap ramai. Hal ini karena harga martabak mini yang lebih terjangkau dari martabak manis standar.

Nah, ada peluang usaha waralaba martabak mini yang direkomendasikan untuk Anda. Namanya adalah Martabak Mini Africa Waka Waka. Franchise ini menawarkan varian rasa seperti cokelat, kacang, stroberi, keju, choco chips, dan campuran. Tertarik untuk memulai usaha ini? Siapkan modal sekitar Rp5.900.000 untuk paket termurah. Paket sudah termasuk booth portabel, spanduk, peralatan masak, video bimbingan, dan kemasan.

Siomay YouLagi

Siomai bukan lagi jajanan yang asing di telinga masyarakat Indonesia. Kuliner khas Tionghoa ini berbahan dasar tepung tapioka dan diisi dengan makanan laut atau daging. Salah satu waralaba yang menggunakan produk siomai adalah Siomay YouLagi yang berasal dari Bandung. Usaha ini cukup terkenal dan sudah membuka gerai di berbagai tempat sejak didirikan pada tahun 2013.

Tersedia varian rasa, mulai dari ikan tenggiri, ayam, daging asap, tahu, udang, dan jamur shiitake. Jika Anda ingin memulai bisnis waralaba dengan merek ini, diperlukan modal sebesar Rp3.500.000 tanpa booth dan Rp6.500.000 dengan booth. Tak hanya siomai kukus dan goreng, YouLagi juga menyediakan menu pempek, ayam bakar, batagor, dan bakso.

TawTawTahu

Tahu sudah menjadi makanan sehari-hari di Indonesia. Namun, tahu tidak akan membosankan jika disulap menjadi camilan yang garing di luar dan empuk di dalam. Kelebihan dari bisnis ini adalah harga bahan bakunya yang murah dan risiko kerugiannya yang rendah. Salah satu franchise yang menggunakan tahu sebagai menunya adalah TawTawTahu.

Waralaba ini menyediakan pilihan paket kemitraan dengan harga yang bisa disesuaikan dengan kemampuan. Mulai dari Rp4.300.000, Anda sudah bisa memulai usaha dengan spanduk, bahan baku, peralatan lengkap.  Ada 9 varian rasa dan 5 level kepedasan yang ditawarkan TawTawTahu sehingga memungkinkan untuk menarik banyak pelanggan. Sebut saja sapi panggang, piza, barbeku, jagung manis, balado, balado ekstra pedas, ayam bakar, ayam bawang pedas, dan keju.

Usaha Waralaba Minuman

Waralaba Cendolsin

Photo by Cendolsin on Instagram

Mr & Mrs Boba

Mr & Mrs Boba merupakan salah satu waralaba bubble tea dengan harga terjangkau. Varian rasa yang ditawarkan pun sangat banyak, contohnya stroberi, melon, jeruk, alpukat, kopi, cokelat, dan teh hijau. Mulai usaha franchise ini dengan mengeluarkan modal Rp4.600.000 untuk paket tanpa booth dan Rp7.000.000 untuk paket lengkap. Anda bisa memperoleh dukungan penuh 24 jam dari manajemen dan laba bersih hingga Rp10.355.000.

Daycinno Coffee & Co

Selain teh, kopi juga menjadi minuman favorit di Indonesia, lo. Bagi Anda yang ingin memulai usaha kopi, cobalah bermitra dengan Daycinno. Daycinno menyediakan paket usaha dengan modal awal sebesar Rp5.500.000 untuk paket tanpa booth dan Rp9.000.000 untuk paket lengkap. Aneka kopi yang disediakan, di antaranya adalah kopi cokelat, latte teh hijau, cokelat hangat, kapucino grande, dan es moka.

Ice Cream Bowl

Usaha waralaba minuman bermodal kecil selanjutnya adalah Ice Cream Bowl. Sesuai dengan namanya, franchise ini menyajikan es krim di atas mangkuk. Namun, yang digunakan bukanlah mangkuk sungguhan, melainkan contong es krim yang berbentuk seperti mangkuk. Ice Cream Bowl menyediakan 8 varian rasa spesial. Modal awal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini berkisar antara Rp4.300.000 hingga Rp12.300.000.

Mosco Blend

Pada tahun 2012, gerai pertama Mosco Blend dibuka oleh seorang mahasiswi pada masa libur kuliah. Mosco Blend menyajikan minuman manis dengan 11 varian rasa unik, di antaranya black forest, red velvet, Milo, permen karet, kapucino, dan tiramisu. Modal awal untuk bermitra dengan Mosco Blend adalah mulai dari Rp3.000.000 hingga Rp6.300.000 untuk harga promo spesial. Laba bersihnya bisa mencapai Rp6.410.000 per bulan.

Cendolsin

Siapa bilang es cendol sudah ketinggalan zaman? Ada waralaba Cendolsin yang membuat minuman ini menjadi kekinian. Tersedia bermacam-macam rasa, seperti keju, alpukat, stroberi, durian, melon, tapai hitam, jahe, dan mangga. Cendolsin menjamin produknya bebas dari pengawet dan pewarna buatan, serta terbuat dari bahan bahan alami. Harga paket kemitraan berkisar antara Rp7.500.000 hingga Rp8.000.000.

Khun Thai Tea

Khun Thai Tea merupakan franchise yang berasal dari Thailand dan didirikan sejak tahun 1965. Waralaba ini menyuguhkan minuman yang terbuat dari teh, kopi, maupun campuran susu. Segelas minuman dari Khun Thai Tea bisa berkisar antara Rp18.000 hingga Rp30.000. Jika tertarik memulai usaha ini, Anda memerlukan modal minimal sebesar Rp15.000.000.

Usaha Waralaba Lain-Lain

Waralaba Galaxy Pertamini

Photo by Galaxy Pertamini Pusat on Instagram

Galaxy Pertamini

Bisnis pom bensin kecil sudah lama menjamur di berbagai daerah. Namun, Galaxy Pertamini bisa menjadi pilihan terbaik untuk usaha dengan harga terjangkau. Tersedia paket-paket seperti Fit, Orion, Nova, dan Bima. Poin menarik dari usaha ini adalah bentuk dan warna booth-nya yang unik sehingga mudah dikenali. Selain itu, booth juga dilengkapi tabung antipecah dan nozel yang praktis. Untuk membuka Galaxy Pertamini, diperlukan dana minimal sebesar Rp6.900.000.

Easy English Center

Terakhir, ada franchise yang bergerak di bidang pendidikan, yakni Easy English Center. Bisnis ini dirancang untuk target pelajar TK, SD, SMP, SMA, mahasiswa, hingga pegawai. Easy English Center sangat menguntungkan karena aman, praktis, bergaransi, serta tak mudah ditiru. Anda dapat mengeluarkan modal awal sebesar Rp5.000.000 untuk paket Standar.

Itulah 20 usaha waralaba bermodal kecil untuk mahasiswa yang perlu Anda ketahui. Ternyata, ada banyak sekali pilihan untuk memulai bisnis selagi menempuh pendidikan. Namun, jangan sampai bisnismu malah membuat studi menjadi terbengkalai, ya! Semoga pembahasan di atas bisa menjadi inspirasi bagi Anda.