Bagi teman-teman yang baru saja menjalani UN, memilih tujuan hidup berikutnya tentu tidaklah mudah. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan, mulai dari kondisi keluarga, kemampuan studimu, hingga cita-cita yang akan kamu raih. Jika kamu memilih untuk meneruskan petualangan hidupmu dengan berkuliah di Universitas Indonesia, tentunya kamu membutuhkan arahan yang tepat akan jurusan apa yang tepat untuk kamu pelajari. Dan berikut ulasannya!

Ada pepatah yang mengatakan, “If you do what you love, you’ll never work another day in your life”. Nah, logika yang sama juga dapat kamu terapkan saat memilih jurusan kuliah nantinya. Jangan sampai kamu menyesal kemudian hanya karena saat memilih prodi kamu cuma ikut-ikutan teman atau karena prodi tertentu lagi ngetren. Layaknya menentukan pasangan hidup, hal ini hanya bisa kamu lakukan once in your life, so make it wise.

BACA JUGA: Ringankan Tugas Kuliah Kamu dengan Aplikasi-aplikasi Ini

 

Perhatikan Studimu Saat Ini

Perhatikan Studimu Saat Ini via motivasi

Perhatikan Studimu Saat Ini via motivasi

Di tahun terakhir SMA, apa sih mata pelajaran favorit kamu? Bidang-bidang apa saja yang kamu kuasai di kelas? Nilai-nilai mata pelajaran apa saja yang memiliki poin tertinggi dari rapor terakhirmu?

Catat dan buat list-nya. Hal ini akan ngebantu kamu memahami diri kamu sendiri sama apa yang kamu sukai dan apa yang kamu kuasai. Karena terkadang, ada hal-hal yang kamu sukai namun belum kamu kuasai, bisa terjadi karena minimnya sumber dari lingkungan kamu yang sekarang atau hal-hal lainnya.

advertisement

Setelah semua berurut dengan baik, kamu harus memutuskan, apakah kamu akan mempelajari bidang yang belum kamu kuasai tapi kamu suka atau bidang yang kamu kuasai tapi kamu tidak menyukainya? Atau keduanya? Apa pun itu, tanamkan dalam sanubarimu bahwa pilihanmu hanya berlaku sekali seumur hidup.

 

Belajar Hal Baru

Lakukan riset kecil-kecilan tentang prodi pilihan kamu via satrioarismunandar6

Lakukan riset kecil-kecilan tentang prodi pilihan kamu via satrioarismunandar6

Prodi di dunia perkuliahan membuka matamu bahwa pengetahuan yang akan kamu pelajari masih luas dan tak terbatas. Jika kamu memutuskan untuk mempelajari hal yang benar-benar belum kamu kuasai atau belum kamu ketahui, Kriminilogi misalnya, maka lakukanlah riset kecil-kecilan—buka Google atau YouTube dan simak apa saja yang dipelajari di perkuliahan Kriminologi. Dan perhatikan apa yang kriminolog lakukan saat mereka bekerja di tengah masyarakat.

Hal ini akan ngebuat kamu mengerti tentang hal baru yang akan kamu pelajari. Kamu bisa membayangkan akan menjadi orang yang seperti apa kelak jika mengambil prodi tertentu.

Apa pun pilihanmu, hindarilah keraguan dan percayakan pilihanmu pada suara hati kecilmu. Jangan biarkan faktor eksternal seperti dorongan orang tua atau usulan teman-teman yang agak memaksa memengaruhi keputusanmu. Karena yang memahami hidupmu hari ini dan di masa depan hanyalah dirimu sendiri.

 

advertisement

Karier

Searching gimana karier yang sesuai prodi yang bakal diambil via jurusankuliah

Searching gimana karier yang sesuai prodi yang bakal diambil via jurusankuliah

Jika kamu masih bingung dengan prodi apa yang akan kamu pilih di Universitas Indonesia, kamu bisa melihat-lihat buku dan film atau tayangan dokumentasi tertentu terkait profesi yang berhubungan dengan prodi-prodi pilihanmu.

Misal, anak teknik nantinya di dunia kerja akan jadi apa sih? Kamu bisa mencari karier yang relevan dengan lulusan teknik seperti insinyur teknik atau bahkan insiyur robotik. Ragam profesi yang ada di tengah masyarakat kita hari ini semua dibentuk oleh prodi-prodi yang ada di setiap universitas. Tentunya hal ini dapat menjadi input untuk memperkuat pilihammu.

 

Review

Kamu juga bisa tanya tentang UI sama mereka yang udah kuliah di sana via apreleanoni

Kamu juga bisa tanya tentang UI sama mereka yang udah kuliah di sana via apreleanonihttp://apreleanoni.blogspot.co.id/2015/01/road-to-school-perhimak-ui-dalam-ui-gtk.html

Setelah menentukan pilihan, hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah mendapatkan review atau feedback.

Kamu bisa bertanya pada orang tua, teman-teman, kakak, atau saudara bahkan tetanggamu yang pernah menjalani kuliah di Kampus Kuning dengan jurusan tertentu. Kamu bisa menanyakan pendapat mereka tentang bagaimana, sih, lingkungan kuliah di UI dan apa saja yang akan kamu dapatkan jika kamu mengambil prodi tersebut.

Review tersebut bisa kamu bandingkan dengan review yang kamu dapatkan di internet. Bahkan, kamu juga bisa melakukan browsing pada situs anakui.com untuk mengetahui apa saja kisah seru dan juga kesih sedih saat menjalani kuliah di fakultas tertentu.

Dari sekian banyak pendapat yang kamu kumpulkan, ditambah dengan pilihan-pilihan hidupmu seperti yang disebutkan di atas, maka diharapakan kamu sudah dapat menentukan apa prodi yang tepat untukmu saat menginjakkan kaki di kampus perjuangan ini.

Apa pun pilihannya, kami yakin itu adalah pilihan terbaik yang pernah kamu buat. Kami tak sabar untuk menanti dan bertemu muka dengan teman-teman generasi penerus perjuangan yang akan meneruskan perjalanan hidupnya di kampus UI.

Have a faith on whatever decision you make in life, then you will live the life to the fullest!

Yuk, bagikan inspirasi ini lewat Facebook, Twitter, dan LINE kamu sekarang!

 



[reaction_buttons]