Wah UI Buka 10 Program Studi Baru di Tahun 2021 Lho!

Tahun 2021 ini, UI membuka 10 program studi baru yang berada di Program Vokasi dan Fakultas Teknik. Simak informasinya dalam artikel ini.


0
1 share

Kabar gembira bagi kamu yang tahun ini ingin menjadi mahasiswa UI. Pada Penerimaan Mahasiswa UI 2021 mendatang, UI membuka 10 program studi (prodi) baru. Prodi baru tersebut dibuka oleh Program Vokasi UI dan Fakultas Teknik (FT) UI.

Vokasi UI

Sumber: vokasi.ui.ac.id

Vokasi UI biasanya akrab dengan jenjang D3. Namun, tahun ini Vokasi UI membuka jenjang D4 untuk enam prodi. Sebagai gambaran umum, jenjang D4 hampir sama seperti S1. Kuliahnya sama-sama empat tahun, tetapi gelar yang akan didapatkan adalah sarjana terapan.

Enam prodi baru tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Fisioterapi
  2. Terapi Okupasi
  3. Manajemen Rekord dan Arsip
  4. Manajemen Bisnis Pariwisata
  5. Bisnis Kreatif
  6. Produksi Media

Dari enam prodi tersebut, dua di antaranya merupakan prodi terbaru yang sebelumnya belum ada, yaitu Bisnis Kreatif dan Produksi Media. Sementara itu, prodi lainnya merupakan pengembangan dari prodi yang sudah ada sebelumnya yang dibuka untuk program D3.

Prodi Bisnis Kreatif merupakan prodi yang lulusannya nanti akan difokuskan pada tenaga kerja terampil, kreatif, dan bisa beradaptasi dengan pergeseran fokus industri. Prodi ini diharapkan akan menghasilkan lulusan yang menjadi tenaga kerja yang tidak hanya bekerja secara profesional, tetapi juga memadukan inovasi, menciptakan teknologi dalam mempermudah pekerjaan, dan menciptakan lapangan pekerjaan. Mata kuliah yang akan diajarkan berfokus pada problem solving based innovation dan project business impelementation.

Sementara itu, prodi Produksi Media merupakan prodi yang bertujuan untuk mencetak ahli sarjana terapan yang mampu menciptakan industri kreatif di bidang produksi media, seperti televisi, radio, dan saluran komunikas massa lainnya. Selain itu, prodi ini juga akan mengikuti perkembangan media yang kini bergerak di dunia digital. Nantinya lulusan berpotensi untuk bekerja di berbagai uniet kerja di stasiun televin, radio, agensi periklanan, start-up, BUMN, dan perusahaan penyiaran lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang dua prodi tersebut dan prodi D4 lainnya, kamu bisa cek di laman resmi dan media sosial Vokasi UI.

FT UI

rcbe.eng.ui.ac.id

FT juga membuka tiga prodi baru di program sarjana paralel. Sebelumnya, prodi tersebut hanya dibuka untuk program sarjana reguler. Tiga prodi baru tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Teknik Perkapalan
  2. Teknik Komputer
  3. Arsitektur Interior

Sistem kuliah S1 Paralel hampir sama seperti S1 Reguler. Hal yang membedakan yaitu biaya dan jalur masuk. Biaya pendidikan yang berlaku untuk S1 Paralel hanya Biaya Operasional Pendidikan Pilihan (BOPP). Sementara itu, jalur masuk yang dibuka hanya melalui PPKB dan SIMAK UI.

Selain membuka prodi baru untuk S1 Paralel, FT juga membuka satu prodi baru untuk jenjang magister. Prodi tersebut yaitu Manajemen Integritas Material. Prodi ini berada di bawah naungan Departemen Teknik Metalurgi dan Material FT UI.

Prodi Manajemen Integritas Material ini merupakan pertama dan satu-satunya di Indonesia yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga kerja ahli profesional yang dapat mengelola secara holistik aset produksi di industri migas, petrokimia, manufaktur, dan bidang yang terkait. Tujuannya agar mencapai value, keuntungan, dan returns yang optimal sekaligus menjagal keselamatan personle, komunitas, dan lingkungan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai prodi baru di FT, kamu bisa cek di laman resmi dan media sosial FT.

Nah, bagaimana? Tertarik dengan prodi baru di UI tersebut? Tentukan pilihan kamu dan persiapkan diri untuk menjadi bagian dari kampus perjuangan tahun ini, ya!


Like it? Share with your friends!

0
1 share

What's Your Reaction?

like like
1
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aniesa Rahmania Pramitha Devi
Language and Writing Enthusiast. Temui saya secara pribadi di aniesapramitha.medium.com . Baca artikel saya lainnya.

0 Comments

Leave a Reply