Was College Really Worth it? Coba Renungkan, Apakah Kuliah Benar-benar Berharga Buat Hidup Kita?

بِسمٍ الله الرَحْمنِ اللرَحِيْمِ

Bahan renungan buat kita semua, seberapa berhargakah kesempatan kuliah yang kita peroleh?? untuk apakah kita kuliah ??apa yang sebenarnya kita harapkan dari perkuliahan??sudah terbayangkah  seberapa besar biaya,waktu dan usaha yang kita habiskan untuk itu semua??

Coba lihat data-data berikut ini:

apakah kuliah benar-benar berharga?

So, Masih ingin kuliah?? pengen tahu agar kuliah tidak sia-sia??
baca : agar ngampus sekedar status 1,2 dan 3, insya allah akan ada yang ke-4 😛

Source: http://widikurn.wordpress.com
http://www.theluxuryspot.com/2009/12/19/was-college-really-worth-it/

5 thoughts on “Was College Really Worth it? Coba Renungkan, Apakah Kuliah Benar-benar Berharga Buat Hidup Kita?”

  1. Sebuah postingan yg cukup provokatif.. Gw ingin mengutip tulisan dr Paul Arden dlm bukunya “Whatever You Think, Think the Opposite”:

    Memasuki bangku universitas biasanya berarti, “Saya tdk tahu apa yg harus saya lakukan dlm hidup, jadi saya akan kuliah.”
    Tahun2 kosong menguatkan hal ini.
    They are delaying tactics.

    Jadi jangan kuliah kecuali subjek yg Anda pelajari melekat di hati.
    Langsung bekerja sajalah dan lakukan pembelajaran Anda di sekolah kehidupan.

    Semoga berguna 🙂

    Reply
  2. menrut sya … itu kuliah cma untuk wadah kita bergaul sma orang2 yg memiliki intelektualitas… disamping memperoleh gelar tentunya…. seterusnya usaha dan kemauan serta kerja keras kita lah yg menentukan apkh pantas bkerja melayani msyarakat…. artinya gelar tsbut ngga bnyak membawa pngaruh yg bsar nantinya…. karena trbukti bnyak kok non sarjana lulusan sma atau smp buktinya yg lbih sukses dripada yg srjana2 itu…..

    hhe… ngutip kata2 bokap jg nh…

    Reply
  3. @ terow: Siph tahx responnya..betul”.. jangan karena bingung mau ngapain jadinya kuliah dulu (cari inspirasi 😛 ngapain setelah ini..hehe)
    @M Avi: Justru Indonesia masih tergolong sedang,tapi pelayanannya???hehe. Klo di beberapa negara (saya lupa) kuliah bener2 suatu hal yang “elite”
    @tia: lho klo mau gaul jangan kuliah..nongkrong aja..hehe (becanda). kuliah itu (klo buat saya) proses penempaan logam ( :P) diri maksudnya menjadi lebih baik, buat persiapan mghap\dapi tantangan yg jauh lebih dr sekarang. Sya ras bukan sekedar pergaulan,usaha,serta kerja keras. Tetapi fokus dan terarah juga sangat berpengaruh^^.
    usaha kita emang gedhe tp klo g fokus mnju sswt yg mendekatkan kita pada cita2 kita bisa kecapek’an dech.. dah ah ntar malah nulis di koment bukan di postingan..hehe

    Reply
  4. mnrt gw, kuliah BISA dibikin worth it. tapi emang, habit tends to mislead, system tends to corrupt.

    gw sgt stuju dgn adany kekosongan motivasi d masyarakat kita. kita cuma ngejananin tahapan2 mayoritas masyarakat tanpa tau lebih dahulu knapa kita harus ngelakuin tahapan tsb. gw ndiri wkt kuliah br nyadar ini. dr dlu ortu jg cm bilang sekolah biar pinter, biar sukses.

    tp skrg bkn brarti jd terlambat. klo luw menyadari ini ya tinggal luw memaknai keadaan luw skrg aj ky gmana. kuliah emang ga ngejamin sukses. tp jelas dpt membantu utk mencapai profesi yg udah dipilih atau ‘terpilih’.

    tp yg lebih penting lg utk tahu sisi yg satuny lagi, yaitu sistem akademis universitas. mnrt gw sistem ini jg makin menyimpang. bahkan di ui ini terlalu bnyk muatan ga penting. atas nama sistematika, kurikulum disusun dgn mata kuliah dasar lah, mata kuliah umum lah. yg substansi intinya malah jadi makin dikit. ga heran klo lulusan S-1 pun makin lama makin diragukan.

    nah klo dah bgini kan, tinggal balik ke diri masing2 kan. tetepin tujuan diri sndiri, trus maknai sgala kegiatan yg luw lakuin demi tujuan luw itu. toh kuliah emang pd dasarny ga sama ky sekolah yg smua2ny ‘dituangin’ ama guru. mahasiswa hrs bs aktif n mandiri krn emang harusny dah keinginan diri sendiri utk menjalani profesi (tujuan)nya masing2.

    Reply

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA