Waspada TILANG di Kampus Kita!


0

Sejak akhir Juli kemarin, ada spanduk putih cukup mencolok di beberapa tempat di pintu masuk UI.. Spanduk tersebut judulnya: Pemberitahuan Pemberlakuan Peraturan Lalu Lintas di Lingkungan Kampus Universitas Indonesia.


Isinya seperti ini:

Dalam rangka meningkatkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kenyamanan kampus Universitas Indonesia (UI) Subdit Pembinaan Lingkungan Kampus Universitas Indonesia (PLK UI) mencanangkan tertib lalu lintas di lingkungan kampus UI khususnya untuk sepeda motor.

Pemberlakuan ini ditetapkan mulai bulan Agustus 2009 dan seterusnya. Seluruh sivitas UI dan masyarakat di sekitar UI yang berlalu lintas di lingkungan kampus UI diwajibkan memenuhi peraturan lalu lintas yang berlaku demi terwujudnya kampus UI yang aman, selamat, tertib, dan nyaman. Setiap pelanggaran yang terjadi akan dikenakan SANKSI BERUPA TILANG.

Keamanan, keselamatan, ketertiban dan kenyamanan kampus UI adalah tanggung jawab bersama

Apa aja kewajiban yang harus dilakukan biar terwujud kampus UI yang aman, selamat, tertib, dan nyaman itu? Baliho besar di depan stasiun UI menceritakan lengkapnya:

  1. Wajib memakai helm bagi pengendara kendaraan bermotor roda dua
  2. Wajib membawa kelengkapan surat kendaraan bermotor (SIM dan STNK)
  3. Wajib memarkirkan kendaraan di tempat parkir yang telah ditentukan
  4. Wajib mengemudikan kendaraan roda dua dan roda empat pada kecepatan maks.40 km/jam
  5. Wajib memperhatikan dan mematuhi rambu-rambu dan marka jalan yang telah ada

Baliho Depan Stasiun
Baliho Depan Stasiun

Saya pribadi setuju banget sama penerapan ini.. Suer, saya udah gerah banget ngeliat orang2 pengendara motor keluar dari jalan samping MUI (dari arah Fasilkom, FIB, Perpus Pusat) menuju pocin, tapi langsung belok kanan di depan halte MUI padahal ada rambu dilarang belok kanan. Juga kalo ngeliat pengendara motor dari arah poltek ke rektorat di bawah menara air, lewatnya jalur yang udah ada bacaan dilarang masuk.. Motor yang lewat jalur sepeda.. Dan masih ada lagi pelanggaran2 yang ‘biasa’ dilakukan, bahkan oleh mahasiswa UI juga..

Beberapa bulan lalu saya memang suka memperhatikan kalo secara insidental itu ada beberapa kali razia oleh polisi di depan Masjid UI.. Sepertinya itu adalah tindak lanjut nyata dari surat edaran tertib lalu lintas yang akhir tahun 2008 lalu diterbitkan di UI.. Jadi, mudah2an buat yang sekarang, bukan cuma omong spanduk kosong aja, tapi memang benar2 ada tindak nyatanya untuk membuat jalan raya UI menjadi tertib..

Bagaimana pendapat kalian? Setuju, tidak setuju?


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
ilmanakbar

suka menulis dan berbagi. sudah lulus dari kampus. sudah tidak jomblo lagi, yeay! \^_^/

15 Comments

Leave a Reply

  1. @aldo:
    hehe..klo mau nakal sich bisa..
    secara tak langsung peraturan no 5
    Wajib memperhatikan dan mematuhi rambu-rambu dan marka jalan yang telah ada
    telah meniadakan no 4. belum liat tuh ada rambu batas max 40km/jm?hehe.

    tapi klo bisa yg keliam peraturan itu di patuhi ya teman2..hehe
    klo bukan dari diri kita sendiri siapa lagi??

  2. hmmm, di situ sih nggak disebutin siapa yang bakal nilang.. tapi kayanya polisi deh, soalnya beberapa bulan lalu ada polisi gelar razia.. tapi keamanan kampus juga ada di sana..

    kalo ditilang, minta slip biru terus langsung bayar di ATM BRI ya.. deket ini..

  3. ga setuju, kenapa g ga setuju…
    ingat kampus = tanah suci
    jangan sampai dimasukin militer dan polisi
    ingat kasus pemerasan oleh oknum brimob tahun 2005
    ingat kasus pelecehan seksual oleh oknum polisi satwal 2006
    jangan lupa…..
    mahasiswa ui

  4. kampus = tanah suci?

    haduh2, setahu saya ya, untuk urusan ini UI khan termasuk di dalam yurisdiksi negara kita, artinya adalah sah-sah saja kalau polisi bahkan TNI masuk ke kampus, tapi liat dulu tujuannya buat apa? Kalau buat ngubek-ngubek mahasiswa yang dikira makar atau mau demo jelas tidak setuju!

    tapi kalau untuk hal-hal beginian kayak tilang, pencurian, atau tindak pidana lainnya, masak diserahkan ke satpam kampus kemudian disidangkan di mahkamah mahasiswa sih? hehe, khan gak mungkin…

    mungkin ini masalah oknum saja kali ya yang kasus pemerasan atau perkosaan, makanya harus ada pengawasan juga dari PLKnya. Jadi kalau tilang emang benar-benar harus slip biru atau merah, jangan sampai “damai di tempat”

    fh06

  5. “Suer, saya udah gerah banget ngeliat orang2 pengendara motor keluar dari jalan samping MUI (dari arah Fasilkom, FIB, Perpus Pusat) menuju pocin, tapi langsung belok kanan di depan halte MUI padahal ada rambu dilarang belok kanan.”

    Kan mau ke tempat parkir MUI terus baru belok kanan di putaran :p

    ~ Terima kasih tegurannya, saya jadi tertohok

  6. Kalau perlu, jangan cuma tilang, tapi juga ada hukuman fisik. Push up 100 kali, sit up 100 kali, lari keliling kampus 5 kali.

    Dijamin ga ada lagi motor-motor biadab yang ngebut sembarangan 😀

  7. jgn hukuman fisik, krn di KUHP gak ada namanya hukuman fisik, ada nya denda ama kurungan penjara

    pertama. pake HELM jelas buat KESELAMATAN PRIBADI kok, buat bukan si POLISI,, lo pk helm ato enggak polisi gak akan CELAKA,, klo lo jatoh trus gak pake HELM kan pala lo ini yang berdarah2 ahahahah.. SAFETY FIRST OKAY

    kedua, harus banyak2 polisi tidur nih,,(bukan polisi yg kerja nya tidur molo), yaaa polisi tidur atau gundukan di jalan biar gak seenaknya ngebut2 lo kira nih kampus ajang adu balap, punya skill daptar ajah ke menpora atau disorda jd pembalap, dapet sponsor, trus kaya daahh..
    mohon Pihak PLK menambah jumlah polisi tidur di daerah2 yg sering di sebrangi seperti arah mw ke gg.senggol di FKM tuhh.. tikungan tp kok ngebut2

    ketiga, masalah parkir sembarangan, di gg. senggol jg sering ada mobil parkir situh dkt tkg mendoan,, kejadiaan naas wktu ituh.. waktu musim ujan pohon roboh nimpa mobil. gw bilang mang enak lo mobil nya ancur,, parkirnya sembarangan siiihhh…

    keempat masalah polisi masuk kampus,,, yaaaa elah mahasiswa,, lo BERASA EKSEKUTIF bgt seehh,,, klo tindakan tuh polisi masih bener biarin ajah napah,, lo gak mau diatur?? mending check out ajah deeh

    naahh klo lagi kena sial,, (bukan kena sial sihh tp emg ketauan melanggar),, minta slip biru bener ituhh,,, jgn damai2 ajahh makin gendut tuh polisi ntar kalah ama densus 88 yg gagah2 dan berwibawa,, gw pny list denda nya tp lupa dmn ahahahah yg jelas gak ada ampe 75rb (denda saat di sidang)

  8. gw setuju tuh sama peraturan baru ini
    emang tuh para pengendara di kampus kita parah-parah
    gw tuh salah satu korbannya
    pas gw mo nyebrang ke barel gw ditabrak motor yang pengendaranya meleng karena ngeliat ke arah barel
    padahal gw ada di pinggir jalan
    super pinggir malah
    sejak saat itu gw parno kl mo nyebrang
    ga bakal turun dari trotoar kl emang blm mau nyebrang
    dan aksi penabrakan itu dilakukan oleh mahasiswa non-UI yang ga punya SIM
    gara2 itu gw musti di rontgen dan ke dokter spesialis karena tulang leher gw jadi melurus
    karena yang nabrak gw masih anak sem 1 gw gak tega dan menerima tawaran damai
    tapi ternyata dia tidak bertanggungjawab
    menanyakan keadaan gw setelah hasil rontgent keluar aja enggak padahal dia sudah megang nomor hp gw
    bagi temen-teman yang nantinya mengalami hal yang sama dengan gw
    tolong jangan mau damai
    kl memang perlu diurus ke kantor polisi urus saja
    biar tahu rasa mereka

    masalah polisi tidur
    gw juga setuju sama si buL
    didepan FH kendaraan kenceng-kenceng semua
    ada sih barisan polisi tidur kecil-kecil yang kl dilewatin kendaraan ga mempan
    harusnya tuh dibuat polisi tidur yg beneran
    biar pada melambat mereka
    secara di depan FH khan banyak yang mau menyeberang
    itu polisi-polisian tidur kecil2 juga baru dibuat setelah gw ditabrak motor
    karena gw protes keras ke fakultas

  9. hehehe.. polisi tidur kecil2an emg gak menpan yaaa.. kalo mau nih bikinnya dari bunderan psiko ampe MUI..

    kalo byk dia jg gak akan mau ngebut2 ahahahha