Sejak akhir Juli kemarin, ada spanduk putih cukup mencolok di beberapa tempat di pintu masuk UI.. Spanduk tersebut judulnya: Pemberitahuan Pemberlakuan Peraturan Lalu Lintas di Lingkungan Kampus Universitas Indonesia.


Isinya seperti ini:

advertisement

Dalam rangka meningkatkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kenyamanan kampus Universitas Indonesia (UI) Subdit Pembinaan Lingkungan Kampus Universitas Indonesia (PLK UI) mencanangkan tertib lalu lintas di lingkungan kampus UI khususnya untuk sepeda motor.

Pemberlakuan ini ditetapkan mulai bulan Agustus 2009 dan seterusnya. Seluruh sivitas UI dan masyarakat di sekitar UI yang berlalu lintas di lingkungan kampus UI diwajibkan memenuhi peraturan lalu lintas yang berlaku demi terwujudnya kampus UI yang aman, selamat, tertib, dan nyaman. Setiap pelanggaran yang terjadi akan dikenakan SANKSI BERUPA TILANG.

Keamanan, keselamatan, ketertiban dan kenyamanan kampus UI adalah tanggung jawab bersama

advertisement

Apa aja kewajiban yang harus dilakukan biar terwujud kampus UI yang aman, selamat, tertib, dan nyaman itu? Baliho besar di depan stasiun UI menceritakan lengkapnya:

  1. Wajib memakai helm bagi pengendara kendaraan bermotor roda dua
  2. Wajib membawa kelengkapan surat kendaraan bermotor (SIM dan STNK)
  3. Wajib memarkirkan kendaraan di tempat parkir yang telah ditentukan
  4. Wajib mengemudikan kendaraan roda dua dan roda empat pada kecepatan maks.40 km/jam
  5. Wajib memperhatikan dan mematuhi rambu-rambu dan marka jalan yang telah ada

Baliho Depan Stasiun

Baliho Depan Stasiun

Saya pribadi setuju banget sama penerapan ini.. Suer, saya udah gerah banget ngeliat orang2 pengendara motor keluar dari jalan samping MUI (dari arah Fasilkom, FIB, Perpus Pusat) menuju pocin, tapi langsung belok kanan di depan halte MUI padahal ada rambu dilarang belok kanan. Juga kalo ngeliat pengendara motor dari arah poltek ke rektorat di bawah menara air, lewatnya jalur yang udah ada bacaan dilarang masuk.. Motor yang lewat jalur sepeda.. Dan masih ada lagi pelanggaran2 yang ‘biasa’ dilakukan, bahkan oleh mahasiswa UI juga..

Beberapa bulan lalu saya memang suka memperhatikan kalo secara insidental itu ada beberapa kali razia oleh polisi di depan Masjid UI.. Sepertinya itu adalah tindak lanjut nyata dari surat edaran tertib lalu lintas yang akhir tahun 2008 lalu diterbitkan di UI.. Jadi, mudah2an buat yang sekarang, bukan cuma omong spanduk kosong aja, tapi memang benar2 ada tindak nyatanya untuk membuat jalan raya UI menjadi tertib..

advertisement

Bagaimana pendapat kalian? Setuju, tidak setuju?



advertisement