Waw, Para Selebritis Ini Ternyata Alumni UI!

Nggak cuma berisi mahasiswa rakyat jelata seperti kita, kampus UI ini terkenal dengan banyak banget artis alias selebritis yang masuk ke sini lho! Siapa saja?


0

Nggak cuma berisi mahasiswa rakyat jelata seperti kita, kampus UI ini terkenal dengan banyak banget artis alias selebritis yang masuk ke sini lho!

Mereka kuliah disini bukan kayak di sinetron yang buat nyari jodoh dan terus pamer kekayaan. BIG NO. Mereka kuliah disini untuk mengubah (plus menghapus, maybe) mindset masyarakat yang bilang artis itu bodoh dan gak bisa namatin pendidikannya. Well, di Indonesia memang (kebanyakan) masyarakat punya tolok ukur seseorang pintar apa ngga, yaitu dilihat dari background pendidikannya ‘di mana’ dan ‘sampai mana’.

Artis-artis di bawah ini, tentunya sadar bahwa tolok ukur masyarakat seperti itu dan mau nunjukin kalau jadi artis pun bisa bagi waktu untuk keluarganya, kariernya dan pendidikannya. Juga, ya nunjukin sih ke penulis dengan seakan-akan bilang “kalo lo baru bisa apa sih? Sering alesan gak bisa bagi waktu dan akhirnya keteteran lah kuliahnya. Lihat dong! Gue aja bisa kerja sambil kuliah, lulus dengan tahun yang baik dan IPK gue bagus!” Nah lho… *nangis di pojokkan*

 

Tasya Kamila

Tasya Kamila
Libur telah tiba, libur telah tiba! Hore hore hore!

Well, buat Tasya Kamila yang melantunkan lagu “Liburan Telah Tiba”, kayaknya liburan ini gak selalu ‘hore’ kali yah kalo ngeliat dia yang lulus 3,5 tahun dengan IPK yang ajegile gedenya. Masalah IPK ini memang sensitif, tapi kalo buat Tasya Kamila ini kayaknya bangga gitu yah nyebutin IPK nya berapa kalau segitu mah, wkwk. Tasya ini berkuliah di Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi dan masuk pada angkatan 2010.

Konon katanya, Tasya mengaku kalau dirinya agak kurang gaul, karena dia sibuk syuting atau promo album. Tapi bukan artinya Tasya gak punya temen lho, justru malah ada yang SMS dia. Tau gak, mahasiswa itu SMS saking senengnya dia bisa temenan ama artis, wkwk, yang ini bikin ngakak penulis. Tapi mungkin penulis bisa SMS kayak gitu juga kali yah kalo Lee Seung Gi tetiba kuliah di kampusnya penulis *abaikan*

 

Artis kedua dan ketiga yang akan penulis sebutin ini, parah banget kalau gak pada tahu. Masa sih ada anak tahun 90-an yang ga kenal dengan pemain utama di film “Ada Apa Dengan Cinta”. Ah iya banget ! Dian Sastrowardoyo yang cantik banget dan Nicholas Saputra yang emang ganteng banget.

Dian Sastrowardoyo

Dian Sastro wisuda

Di atas ini adalah salah satu foto Dian Sastro saat wisuda S2 Manajemen Keuangan Universitas Indonesia. Sebelum mbak cantik yang satu ini mengambil magister, dia sudah lulus S1 Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) jurusan Filsafat di Universitas Indonesia dan masuk pada tahun 2001 (jadi angkatan 2001 nih mbak Dian ini). Saat penulis cari-cari tentang Dian Sastro, selalu ada tulisan one in a billion women. Katanya juga, Dian akan melanjutkan ke S3 lagi. Penulis pun benar-benar kagum sama Mbak Dian ini.

Memang gak salah, penulis juga merasa kalau branding dari artis satu ini bukan pamer baju seksi dan lainnya, tapi keramahan wajahnya dan kecerdasan. Semoga bakalan ada artis-artis Indonesia yang selain hebat di panggung keartisannya, juga hebat di karir sebagai akademiknya (secara mereka punya uang banyak, kenapa nggak dijadiin kuliah aja sih).

 

 Nicholas Saputra

Nicholas Saputra

Maaf banget nih sebelumnya kalau Nicholas Saputra ini foto saat dia lagi diwisuda gak ketemu dimana-mana 🙁 Tapi, banyak artikel yang ngejelasin bahwa artis yang satu ini lulusan dari Universitas Indonesia. Well, wajah ganteng yang naik daun lagi sejak ada film pendek AADC 2, bikin pemuda yang satu ini tetep bikin klepek-klepek wanita Indonesia, haha. Jadi, Bang Nicholas ini pernah berkuliah di jurusan Arsitektur di Universitas Indonesia pada angkatan 2002. Tambahan info lagi nih, Nicholas Saputra ini masuk kuliah di UI ini dengan jalur UMPTN! Wow!

 

Annisa Pohan

Annisa Pohan UI
Dalam salah satu sumber yang penulis baca, Annisa Pohan adalah inspirasi bagi Dian Sastro untuk melanjutkan ke jenjang S2. Wow! Annisa Pohan yang merupakan istri dari Agus Harimurti Yudhoyono (anak mantan presiden kita, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono), mengatakan bahwa ia menampik semua perkataan miring dari media. Salah satu sumber mengatakan bahwa ia pernah dengar bahwa diberikan perlakuan khusus selama berkuliah dan Annisa Pohan langsung mengklarifikasi bahwa jika ada perlakuan khusus maka ia akan tersinggung justru. Two thumbs up pokoknya untuk Annisa Pohan ini!

 

Ratu Tika Bravani

Ratu Tika UI
Artis kelima yang merupakan lulusan UI juga adalah Ratu Tika Bravani. Perempuan yang pernah tampil menjadi Fatmawati pada film “Soekarno: Indonesia Merdeka” ini merupakan lulusan Fakultas Ekonomi UI angkatan 2008. Saat berkuliah, tawaran untuk syuting film pendek pun sering datang dan ia hanya memilih yang tidak mengganggu jadwal kuliahnya saja. Ya akhirnya hanya ambil FTV saja. Lalu karirnya langsung laah melejit abis lulus! Salah satu prestasinya adalah ia meraih penghargaan sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik 2014 dari Piala Citra FFI.

 

Alya Rohali

Alya Rohali UI
Alya Rohali yang juga Putri Indonesia tahun 1996 ini pernah mengenyam pendidikan S2 Magister Hukum dan S2 Magister Kenotariatan di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Saat wisuda S2 yang dilangsungkan pada tanggal 24-25 Agustus 2007, Alya Rohali sedang hamil tua. Ia mengaku sangat senang akhirnya pendidikan selesai dan akan mendapatkan kabar gembira atas kelahiran anaknya dari suami keduanya, Ramzi. Oh iya saat wisuda pada tanggal tersebut, Dian Sastro dan Andien pun ikut hadir menjadi salah satu peserta wisuda. Tanggal yang bersejarah banget pasti ya untuk ketiga artis itu 😀

 

Once

Once UI
Nah, artis terakhir yang akan penulis bahas ini bernama asli Elfonda Mekkel. Mantan vokalis Dewa ini ternyata lulusan dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia angkatan 1989. Dengan vokalnya yang tinggi dan mantep abis (bikin melting lah pokoknya), tentunya keren banget cowok yang satu ini. Dari talentanya yang gak bisa diragukan, ditambah dengan prestasi-prestasinya yang udah membantu Dewa mencapai kesuksesan juga di masa-masanya zaman 90-an dulu.

 

Siapa lagi artis/selebritis lulusan UI yang kamu tahu, dan jurusan/fakultas apa mereka? Berbagi di komentar yaa!

 

Sumber:

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12


Like it? Share with your friends!

0
Amanda Tiara Averousi
Penulis bernama lengkap Amanda Tiara Averousi dengan nama pena Averousi. Blog: averousi276.tumblr.com. e-mail: amandatiara27[at]gmail.com atau FB: www.facebook.com/ukhtimanda

16 Comments

Leave a Reply

  1. Di atas di sebutkan kalau mba Dian Sastro S1 Fakultas Ilmu Filsafat UI tahun 2001. Btw Fakultas Ilmu Filsafat atau Fakultas Ilmu Budaya, min? Filsafat dah jadi fakultas atau msh jurusan min? CMIIW :D.

  2. Wah banyak yang saya tau dan beberapa kenal: Maudy Koesnadi (D3 Perancis ’93), Iga Mawarni (D3 Belanda ’91 kl gak salah), Lusy Rachmawati a.k.a Lusy AB3 (D3 Perancis ’94 – 1 angkatan sama saya), Lisa Ariyanto (D3 Jerman ’95), Dina Lorenza (D3 Jepang ’95 tapi gak selesai), Novia Kolopaking (D3 Inggris ’90 kl gak salah), Widi AB3 (D3 Inggris lupa tahunnya), Anji Drive (D3 Cina lupa tahunnya – adik kelas saya), Ivi Batuta (S1 Jerman lupa tahunnya), Dave Hendrik (S1 Inggris lupa tahunnya), Moza Paramitha (S1 Inggris ’93), Dea Ananda (D3 Cina tapi gak selesai), Rosa (S1 Komunikasi lupa tahunnya), Maya Estianti (D3 Belanda ’94 – 1 angkatan sama saya tp tahun depannya ikut UMPTN dan dapet S1 komunikasi), Paramitha Rusadi (D3 Perancis lupa tahunnya), Christine Pandjaitan (penyanyi thn 80an S1 Cina), Vena Anissa (penyiar Prambors D3 Cina tapi gak selesai), Nurul Arifin (ekstensi Ilmu Politik FISIP), Oki Setyana Dewi (S1 Belanda), Ayu Utami (S1 Rusia), Nugie (S1 Kesejahteraan Sosial katanya gak selesai), Yoan Tanamal (dulu tahun 80an penyanyi cilik D3 Inggris). Masih banyak lagi sebenarnya beberapa pesohor yang pernah kuliah di UI dari yang lulus sampai yang gak lulus..

  3. Intan Nuraini 2002 FIB (dulu Sastra) Sastra Indonesia
    Dhara Ghittanty Psikologi 2015 —-> Kalau ini baru sih
    Putri Patricia Fisip Sosiologi 99?
    Arie – Kriminologi 1999 —-> Finalis AFI 3 atau 4 kurang ingat
    Endah Kirana – D3 FE akuntansi UI 2001?