Siapa sangka pekerjaan yang bertolak belakang dari background pendidikan, bisa menghantar seseorang sukses besar. Mungkin kebanyakan orang beranggapan bahwa orang yang banting stir dalam mencari pekerjaan dan tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan adalah orang-orang yang terpaksa. Namun, tidak demikian dengan   Adryan Fitra Azyus.

Adryan Fitra Azyus, sukses sebagai internet marketer via news.acaraapa

Adryan Fitra Azyus, sukses sebagai internet marketer via news.acaraapa

Pria muda kelahiran Banda Aceh, 31 tahun silam ini merupakan fresh graduate program S3 Fisika Universitas Indonesia pada 2015 kemarin.  Walaupun resmi memperoleh gelar doktor di bidang fisika dan memiliki ijazah S2 dengan disiplin ilmu Fisika dari Universitas Indonesia, Adryan mengaku sangat menikmati pekerjaannya sebagai bisnisman.

Adryan tercatat sukses mendirikan pitoong.com dan Cloud Media Biz, perusahaan di bidang digital sejak tahun 2008. Dibalik kesuksesannya menjadi seorang entrepreneur ternyata Adryan lebih suka disebut sebagai internet marketer atau orang yang ahli melakukan internet marketing.

advertisement

Ketertarikannya terhadap dunia internet marketing bermula dari David yang merupakan teman milisnya, setelah ia memutuskan untuk mengikuti sekolah internet marketing di Asian Brain Anne Ahira. Belajar langsung dari Anne Ahira di Bandung memberinya banyak ilmu marketing dan penggunaan internet untuk pemasaran. Ilmu yang didapat lalu diterapkan dalam beberapa kompetisi AdSense (kerja sama periklanan melalui internet) di Bandung. Ketika sedang fokus mengejar AdSense, seorang teman menawarkannya untuk menjalankan bisnisnya di Singapore, tetapi ditolaknya.

Berkat fokus dan ketekunannya dalam bidang AdSense, pada akhirnya sejak tahun 2009 Adryan menjadi orang Indonesia pertama yang mendapatkan 1 Miliar dari Google Adsense. Uang sebanyak itu tentu tidak ia dapatkan dengan mudah karena setiap harinya Adryan harus membuat sekitar 400 blog per hari dan 10 tulisan per blog atau seluruhnya 4.000 tulisan per hari. Ternyata tantangan yang ia hadapi selama menekui AdSense membuatnya banyak mengenal seluk beluk dunia periklanan dan pemasaran melalui internet sehingga menjadikannya ahli dalam internet marketing. Karena keahlian dalam bidang tersebut, Adrian banyak mendapat permintaan dari perusahaan-perusahaan besar di Indonesia untuk membantu mereka memasarkan bisnisnya melalui internet.

Adryan tercatat sukses mendirikan pitoong.com

Adryan tercatat sukses mendirikan pitoong.com

Kampanye Barack Obama

advertisement

Tidak berhenti di situ saja, kepiawaian Adryan memanfaatkan internet dalam melakukan pemasaran terdengar sampai ke telinga para politikus. Tak heran ada beberapa politikus besar di negeri ini yang menggunakan jasanya untuk membantu digital campaign. Bahkan dikabarkan bahwa Presiden Amerika Serikat Barack Obama menjadikannya tim kampanye untuk membantunya dalam dua kali pemilihan suara. Di dalam negeri Adryan juga dipercaya tim kampanye Jokowi-Jk pada pilpres 2014, dan sampai saat ini ia menjadi konsultan media atau social media strategist Presiden Jokowi.

Ketika ditanya berapa penghasilan yang ia peroleh setiap bulannya dari bidang internet marketing, dalam liputan talkshow di salah satu media elektronik ia mengaku memperoleh 100 hingga 200 ribu dollar, maka jika dirupiahkan jumlah tersebut mencapai lebih dari 1 miliar rupiah. Wow, ini jumlah penghasilan yang sangat tinggi di kalangan anak muda dengan usia 31 tahun. Jika ditanya mengapa Adryan tetap melanjutkan kuliah hingga mencapai tingkatan akademik tertinggi, ia pasti menjawab selama hidup akan terus mencari ilmu sebanyak-banyaknya dan setinggi-tingginya.



advertisement