www.presma.ui.ac.id, Sebuah Rekaman Prestasi Mahasiswa UI


0

Budi, sebut saja begitu, sedang kebingungan. Ia memang banyak mengikuti kegiatan, menjadi panitia ini-itu, dan berkecimpung di berbagai organisasi kampus. Ia juga sudah menjuarai berbagai lomba dan mengikuti berbagai seminar, tapi ia lupa mendokumentasikan semua itu, sehingga ketika ia diminta oleh sebuah lembaga beasiswa mengirimkan rekam jejak kegiatannya di kampus demi syarat administrasi lamaran beasiswa, ia hanya bisa bengong.

Pernah mengalami hal tersebut? Supaya hal-hal tersebut tidak terjadi, Universitas Indonesia telah meluncurkan website www.presma.ui.ac.id. Kita bisa menebaknya, presma adalah singkatan dari Prestasi Mahasiswa. Tujuannya memang untuk mendokumentasikan prestasi mahasiswa secara online.

www.presma.ui.ac.id
www.presma.ui.ac.id

Apa tujuan UI menciptakan website ini? Tujuannya tertulis di website ini sendiri.

“Sistem Prestasi Mahasiswa digunakan untuk mengadministrasi data non-akademik mahassiwa. Sistem ini digunakan oleh mahasiswa untuk mendapat pengakuan secara resmi dari universitas atas prestasi yang diraihnya, dan digunakan pula oleh universitas untuk talent scouting. Diharapkan sistem dapat digunakan mulai semester 2 tahun akademik 2008/2009.”

Tujuan Presma
Tujuan Presma

Pertama kali membuka website ini, mulanya saya menyangka website ini masih tahap beta. Bagaimana tidak, website ini begitu sederhana. Malah, mulanya saya sempat bingung karena jelas-jelas saya login dengan ID saya, tetapi tiba-tiba saja kolom prestasi saya terisi dengan nama seorang mahasiswa FISIP UI yang saya tidak kenal. Entahlah itu sekadar memberi contoh cara mengisi atau memang karena error.

Ada beberapa bagian yang bisa kita isi. Ternyata UI mengelompokkannya menjadi beberapa bagian seperti “organisasi intra kampus”, “organisasi ekstra kampus”, “kepanitiaan intra kampus”, kepanitiaan ekstra kampus”, dan lain-lain. Untuk mulai mengisi, kita bisa mengklik salah satunya. Contohnya seperti ini.

Mengisi Presma

Selanjutnya, setelah selesai mengisi, tekan save. Hasilnya seperti ini.

Hasil Mengisi
Hasil Mengisi

Pertanyaannya, kalau sudah mengisi lalu harus diapakan? Manajer Mahalum FISIP UI, di sebuah acara SALAM di FKM menganjurkan mahasiswa UI (terutama angkatan 2008 karena waktu di kampus masih panjang) untuk segera mengisi daftar prestasi dirinya di lembar online itu. Lalu, setelah itu mencetaknya di selembar kertas dan mengajukannya kepada mahalum untuk disetujui. Alur detailnya bisa dilihat di bagian help website ini. Berikut gambarnya yang sudah saya satukan.

Alur 1
Alur 1
Alur 2
Alur 2
Alur 3
Alur 3

Selanjutnya, kalau ada hal-hal yang perlu ditanyakan terkait hal ini, teman-teman bisa menghubungi: Direktorat Akuntansi Universitas Indonesia Gedung Pusat Administrasi Universitas Indonesia Lt.7, Telepon: 62-21-7270162, Fax: 62-21-7270163

Catatan: Terima kasih banyak kepada Manajer Mahalum FISIP UI. Dari beliaulah saya mengetahui info website ini.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Wahyu Awaludin
Penulis, blogger, pemimpi, dan pebisnis. Seorang mahasiswa Sastra Indonesia FIB UI angkatan 2008. Mempunyai mimpi ingin mendirikan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang media online. Kini sedang diamanahi sebagai salah satu peserta PPSDMS angkatan V Regional I Jakarta

One Comment

Leave a Reply

  1. koq gak ada kontak emailnya???

    masih banyak bug yg harus diprbaiki nih,,,
    coba nt login terus buka beberapa halaman, misal halaman prestasi organisasi intra/ekstra.

    terus logout di salah satu page nya, kemudian di page lain nt refresh deh.

    apa yg trjadi?? ya, kita jadi bisa melihat data2 orang lain….

    ~salam…