Siapa di antara kamu di sini kuliah di FASILKOM UI? Suaranya manaaaaaaaaa?!

FASILKOM UI adalah singkatan dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia merupakan salah satu fakultas di bawah Universitas Indonesia yang didirikan untuk menghasilkan lulusan sarjana komputer yang mampu bersaing di pasar tenaga kerja global, menciptakan dan mengembangkan pengetahuan dalam bidang ilmu komputer dan teknologi informasi, berpartisipasi dalam meningkatkan daya saing bangsa melalui pelayanan akademik, dan meningkatkan jiwa kewirausahaan dalam aktivitas akademik.

Fakultas Ilmu Komputer UI (Fasilkom) berdiri sejak tahun 1993, dan saat ini membuka 5 program studi untuk sarjana, 2 untuk program magister, dan 1 untuk program doktor. Sebelum pendiriannya, pendidikan Ilmu Komputer di UI dilaksanakan oleh Pusilkom UI (Pusat Ilmu Komputer) yang kini berstatus sebagai unit usaha akademis di bawah Fasilkom UI.

Nah, tahukah kamu? Kuliah jadi anak FASILKOM itu seru, tapi ada hal-hal tertentu yang rasanya, duh… perasaan ini hanya bisa dimengerti jika kamu udah lewat dari semester 3 kuliah di FASILKOM. Nggak percaya? Percaya aja deh! Karena jika kamu sudah memutuskan untuk kuliah di FASILKOM, cepat atau lambat kamu akan merasakan sensasi-sensasi seperti berikut.

 

Kamu Kuliah Apa Sih?

Tiap hari di depan komputer. (Sumber:)

Tiap hari di depan komputer. (Sumber:Photo Credit: Iain Browne via Compfight cc)

Di saat kamu udah nabung buat beli komputer buat dioprek-oprek di rumah, orang tua, kerabat dan tetangga kamu akan selalu bertanya,

advertisement

“Jadi kamu kuliah apa sebenarnya? Kok kayak tukang service AC kerjaannya?”

 

Dikira Serba Tahu

"Lho, kak ini laptop ade kenapa?" (Sumber:)

“Lho, kak ini laptop ade kenapa?” (Sumber:Photo Credit: nomanson via Compfight cc)

Mentang-mentang tiap hari ‘ngobrol’-nya sama komputer, disangkanya kamu adalah ensiklopedia berjalan tentang seluuuuuruh seluk-beluk seputar komputerisasi yang telah terstatusisasi.

“Kaaak, komputerku kok nggak mau nyala?”

Setelah di cek, ternyata colokannya belum kepasang.

 

advertisement

Dikit-dikit Ngehack

Apa-apa nge-hack. (Sumber: cs.ui.ac.id)

Apa-apa nge-hack. (Sumber: cs.ui.ac.id)

Ceritanya teman kamu, “Bro, Bro, ini ngebenerin rumus di Ms. Excel caranya gimana, sih?”

Ceritanya kamu: *Googling rumus excel* *aplikasikan di komputer temen* *nggak lama kemudian berhasil*

Ceritanya teman kamu: “Wuiiih! Kok canggih? Wah, ngehack lu, yak?”

Apaan yang dihack coba dari Mikocok Excel?

 

“Kuliah Lo Mah Enak,” Katanya

"IKuliah fasilkom enak? Sini ikutan" (Sumber: Youtube)

“IKuliah fasilkom enak? Sini ikutan” (Sumber: Youtube)

Sabar sabar yak, kalau ada teman, kerabat, atau tetangga kamu yang bakal bilang,

“Ah, kuliah lo mah enak! Megang-megang Komputer DOANG! Udah CANGGIH. Mau apa-apa ada teknologi, ngerjainnya GAMPANG.”

Padahal… oh padahal…  TST aja lha ya.

 

Tukang Benerin Kabel

Tukang benerin kabel.. TV! (Sumber:)

Tukang benerin kabel.. TV! (Sumber:Photo Credit: Ikhlasul Amal via Compfight cc)

Jadi ceritanya kamu ambil Sistem Informasi di FASILKOM, lalu tiba-tiba TV kamu mati. Nggak lama, orang tua kamu komentar,

Ceritanya ortu kamu: “Ndo, dibenerin atuh TV-nya?”

Ceritanya kamu: “Waduh, nggak ngerti, Mah. Panggil tukang service aja.”

Ceritanya ortu kamu: “Lho, kok gitu? Kamu nggak serius ya belajar di kampus? Masa gini DOANG nggak bisa!?”

Sungguh, masih nggak dikit orang tua, kerabat, tetangga bahkan yang ngakunya sahabat masih nggak ngerti bedanya Ilmu Komputer dan Ilmu Elektronika. *sigh*

 

Tempat Bertanya

"Bro antivirus yang canggih apaan?" (Sumber: windows5)

“Bro antivirus yang canggih apaan?” (Sumber: windows5)

Percayalah, meski nggak berhubungan langsung dengan konsentrasi yang kamu jalankan di FASILKOM, cepat tau lambat kamu akan diserang dengan pertanyaan-pertanyaan berikut.

“Brok, antivirus yang canggih sekarang apa mereknya?”

“Brok, kalau cari game atau film download-an yang GRATIS biasanya di mana?”

“Brok, supaya antivirus gua nggak nge-detect film bokep caranya gimana?”

“Brok, cara naikin traffic blog gimana?”

“Brok… “

“Brok…”

“Brooooooooooook…”

Meski Wikipedia sudah memberikan penjelasan pada http://id.wikipedia.org/wiki/Fakultas_Ilmu_Komputer_Universitas_Indonesia bahwa yang namanya orang kuliah di FASILKOM itu konsentrasi yang dipelajari ada macam-macam, tetap saja, sedikit ornag-orang yang katanya awam akan menganggap kamu sebagai YANG-SERBA-TAHU-SEPUTAR-PER-KOMPUTER-AN. Padahal, anak Sistem Informasi nggak melulu berurusan sama hardware, dan giliran kamu yang bertanya kepada mereka, jawaban mereka selalu mirip.

“Waduh nggak ngerti, Brok. Kan elu yang belajar gituan. Masa nggak ngerti, sih? Percuma dong kuliah lo.”

*hiks*

Ini dia kumpulan orang-orang yang menuliskan tentang cerita nasibnya di AnakUI.com, sangat recommended buat kamu baca:

1. Nasib jadi Non-Reg

2. Kelanjutan Kisah “Mahasiswa UI yang Makan Sekali Sehari”

3. Bagaimana Meraih Impian Walau Kamu Salah Jurusan

Coba deh bagikan tulisan ini ke teman, kerabat atau sahabat kamu lewat Facebook, Twitter atau LINE kamu. Siapa tau ada yang ngertiin perasaan kamu dan besoknya minta jadian.

 



[reaction_buttons]