Yang Pasti Sih Suka Duka Jadi Anak Kos Itu …

Hal yang paling sulit dirasakan saat ngekos pastinya adalah karena jauh dari rumah. Mungkin untuk sebagian orang ada yang merasa biasa saja, tetapi untuk orang-orang yang sudah biasa dan dekat sekali dengan keluarga akan sangat sulit rasanya jauh dari keluarga


0

Saat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pastinya kita memilih perguruan tinggi yang bagus sesuai keinginan kita. Tidak sedikit orang-orang yang melanjutkan kuliah harus mengorbankan untuk tinggal jauh dari kampung halaman demi menempuh pendidikan di tempat yang diinginkan. Oleh karena itu, tidak jarang kita akan menemukan orang-orang yang harus ngekos karena jauh dari daerah asal mereka. Lantas, apa saja suka duka menjadi anak kosan?

Dekat dari Kampus

Saat memilih kos-kosan, sudah pasti kita memilih kos-kosan yang berada di sekitar kampus kita. Hal ini akan menjadi kelebihan sendiri saat menjadi anak kos dibandingkan dengan teman-teman yang pulang kerumah, yakni tempat tinggalmu berada dekat dengan kampus.

Dengan jarak yang dekat, banyak banget pastinya keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Kamu bisa bersiap-siap dengan santai dan tidak perlu menghabiskan energimu berada di perjalanan sehingga kamu akan lebih semangat saat pergi ke kampus.

Jika ada kegiatan mendadak ataupun kegiatan di kampus yang menyita waktu kamu juga tidak perlu khawatir memikirkan transportasi atau macet. Dan salah satu hal yang paling menguntungkan adalah kalo kamu kesiangan kamu bisa tidak terlalu panik karena kamu bisa bersiap-siap 5 menit kemudian jalan ke kampus 5 menit, jadi tidak terlalu terlambat.

Karena jarak kosan kamu yang dekat, tidak jarang juga teman-teman kamu menginap di kosanmu jika ada kegiatan yang hingga larut malam atau mereka terlalu lelah untuk pulang. Jadi, siapsiap aja ya untuk kedatangan tamu hehehe.

Waktu lebih fleksibel

Biasanya ketika kita tinggal di rumah kita memiliki istilah jam malam  yakni dimana kita harus pulang. Hal ini terkadang menjadi masalah untuk kondisi tertentu yang mengharuskan kita untuk berkegiatan lebih lama atau saat kegiatan padat sementara kamu juga sudah lelah.

Nah, saat kamu tinggal di kosan kamu akan lebih fleksibel karena kamu tinggal sendiri. Jadi, kamu bisa mengatur waktu kamu sendiri dengan mudah untuk berkegiatan di kampus. Selain itu, kamu juga bisa lebih mudah jika ada kegiatan mendadak atau kegiatan yang menghabiskan  banyak waktu karena kamu tinggal sendiri.

BACA JUGA: 9 Barang Esensial yang Wajib Ada di Kamar Kosanmu!

Harus Mandiri

Sumber: hellosehat.com

Tidak seperti dirumah yang biasanya dibantu oleh asisten rumah tangga atau keluarga, sebagai anak kos kamu harus bisa untuk mengurus segalanya sendiri. Mungkin ada orang yang tidak biasa dengan pekerjaan rumah, nah jika kamu ngekos kamu harus belajar untuk mengurus semuanya.

Sebenarnya tidak hanya mengurus kamar kos kamu seperti membersihkannya, kamu juga harus belajar untuk mengatur makanan kamu sendiri, pakaian yang kamu gunakan, hingga mengatur pengeluaran bulanan kamu. Jadi, penting sekali untuk kamu mengatur waktu kamu untuk mengurus kamar kos kamu, mencuci baju kamu,  dan juga mengatur makanan kamu sendiri.

Walaupun mungin awalnya akan membuat kamu kewalahan, tetapi hal ini akan membuat kamu lebih pandai dalam mengatur waktu dan pastinya dan juga menambah kemampuan kamu untuk mengurus rumah pastinya hehe.

Jauh dari Keluarga

Sumber: pbs.org

Hal yang paling sulit dirasakan saat ngekos pastinya adalah karena jauh dari rumah. Mungkin untuk sebagian orang ada yang merasa biasa saja, tetapi untuk orang-orang yang sudah biasa dan dekat sekali dengan keluarga akan sangat sulit rasanya jauh dari keluarga. Selain jauh dari keluarga, kita juga merasa asing di lingkungan yang baru. Biasanya juga karena hidup sendiri dan jauh dari keluarga, para anak kos merasa kesepian terutama saat akhir pekan atau saat libur semester jika belum bisa untuk pulang ke tempat tinggal atau kampung halaman.

Itulah beberapa suka duka menjadi anak kosan, kamu yang mana?

BACA JUGA: Karena Maba Wajib Tahu, Ini Dia 6 Daerah Kost di Sekitar UI


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Matary Puspita Gatot
Orang-orang biasa memanggilku Tary. Aku lulusan Teknik Metalurgi dan Material angkatan 2015. Selain menulis, aku tertarik mempelajari hal-hal baru dan tertarik pada dunia beauty dan entertainment.