Yuk Cermati 4 Tips Lulus 3,5 Tahun A la AnakUI.com ini!

Gimana? Sudah siap untuk lulus 3,5 tahun? Atau masih ragu? tenang aja! Gak perlu diambil pusing. Yuk ikutin aja 4 tips rahasia ini.


0

Halo pembaca setia anakUI.com! Apa kabar? Bagaimana kuliahnya? Semoga tetap semangat di tengah PJJ yang terus berlanjut ini! Lulus 3,5 tahun.. apa yang ada di pikiran kalian ketika mendengar tentang hal tersebut?

“Ah kayaknya gak mungkin deh..”,

“Mungkin sih… tapi gimana caranya?”, atau..

“Kira-kira langkah awal apa yang bisa diambil untuk mewujudkan hal tersebut?”

Ah.. dan sejuta pertanyaan lainnya.. Meskipun bukanlah hal yang wajib, pastinya ada kebanggan untuk bisa lulus lebih cepat dari teman-teman lainnya.. Bener gak? Kali ini anakUI.com hadir dengan tips-tips yang membuatmu mudah lulus 3,5 tahun, yang penulis kumpulkan dari para mahasiswa UI yang berpengalaman lulus dalam jangka waktu yang singkat ini? Mau tahu apa aja? Yuk SIMAK!

1. Kenali fakultas dan jurusanmu!

Nah, hal ini penting banget dilakukan di awal. Kamu mahasiswa dari fakultas dan jurusan apa? Apakah lulus 3,5 tahun menjadi suatu kewajiban di fakultas mu? Atau mungkin justru sesuatu yang tidak mungkin dilakukan karena adanya mata kuliah wajib yang mengharuskan mu untuk selesai selama 4 tahun? Kalau begitu, lebih baik research dulu! Kamu bisa tanya-tanya katingmu, siapa aja sih yang berhasil lulus 3,5 tahun? Banyak gak sih? Banyak dikitnya katingmu ini bisa menjadi indikator seberapa besar peluangmu untuk dapat lulus dalam 3,5 tahun!

2. Perhatikan SKS minimal yang dibutuhkan!

Ini gak kalah pentingnya dari yang pertama! Berapa jumlah SKS yang perlu diselesaikan untuk kamu mengambil skripsi? Dari jumlah total skripsi tersebut, kamu bisa bagi dengan 7 semester untuk memastikan berapa SKS yang diperlukan dalam 1 semester. Kalau kamu ternyata sudah berada di pertengahan semester, dan kamu sadar bahwa SKS kamu gak memenuhi, kamu gak perlu sedih! Kamu bisa mengusahakan untuk menggunakan layanan penambahan jumlah SKS dari fakultas!

BACA JUGA: Arti Dibalik Nilai A B C D E yang Kamu Dapat Semasa Kuliah

3. Mata kuliah penolong

Seperti yang kita ketahui, terkadang apa yang kita rencanakan gak selamanya berjalan dengan mulus. Ada aja tuh batu kerikil yang bisa mengganjal jalannya studi kita.. Yang dimaksud di sini tuh, kadang ada aja deh nilai jelek yang bikin kita ‘kesandung’ dan gak bisa ngambil SKS lebih. Untuk menghindari hal ini, kalian bisa menyiapkan amunisi cadangan, alias mata kuliah pilihan auto A yang bisa nambah-in IPK kalian. Walaupun cuma 2 SKS, kalau nilainya A, lumayan banget buat nutupin dan dongkrak nilai yang ‘tergelincir’

4. Tentukan apa yang kamu mau!

Kalau sudah sampai tahap ini, berarti kamu sudah siap ke langkah selanjutnya. Sebetulnya, hal ini berkaitan dengan ‘research‘ yang dilakukan di nomor satu. Kamu bisa mengeksplor topik-topik skripsi yang sekiranya tidak memerlukan waktu 2 semester pengerjaannya. Mudah kan?

Gimana? Sudah siap untuk lulus 3,5 tahun? Atau masih ragu? tenang aja! Gak perlu diambil pusing… just go with the flow dan terapin tips-tips di atas.. Oke?

BACA JUGA: Benarkah Wisuda Genap Lebih Menggema Dibandingkan Wisuda Ganjil?


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Cindy

Cindy is a psychology student who is also a passionate writer and book reader.