Yuk Intip 5 Wajah Baru yang Ada di Universitas Indonesia!


0

UI selaku salah satu universitas terkemuka di Indonesia terus mengasah dan memberikan pembaharuan mulai dari peningkatan fasilitas, perubahan sistem, hingga pembangunan gedung baru. Hal ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan dan memberikan pelayanan terbaik bagi sivitas akademika Universitas Indonesia. Kira-kira apa saja sih fasilitas terbaru yang diberikan UI? Yuk, cari tahu lebih lengkap lewat artikel di bawah ini!

1. Mochtar Riady Social & Political Research Center

Sumber: detik.com

Universitas Indonesia terus mengasah ‘taring’nya untuk menjadi universitas riset terkemuka di kancah global. Demi mencapai misi tersebut, UI mendirikan pusat riset sosial dan politik yang diberi nama ‘Mochtar Riady Social & Political Research Center’. Proses pembangunan gedung seluas 5.184 meter persegi ini dimulai tahun 2016 dan selesai pada Maret 2019. Sesuai dengan namanya, Gedung C Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP UI) ini akan lebih banyak digunakan untuk kegiatan riset di bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

BACA JUGA: 4 Peran Anak UI dalam Konstelasi Politik di Indonesia

2. Makara Art Center

Sumber: tekno.tempo.co

Gak hanya di bidang politik aja, UI juga peduli terhadap keberlangsungan aktivitas seni dan budaya. Pada 10 Desember 2018, Universitas Indonesia mendirikan Makara Art Center (MAC) sebagai pusat kesenian yang mampu mempertemukan para seniman dan publik penikmat seni.

MAC UI terdiri atas lima lantai yang dilengkapi dengan fasilitas unggulan, seperti auditorium pertunjukan dan ruang galeri. Auditorium pertunjukan utama yang terdapat di Makara Art Center dilengkapi dengan sistem tata akustik dan pencahayaan yang ciamik. yang mampu menampung hingga 418 orang. Selain auditorium, terdapat pula ruang galeri untuk menampilkan seni lukis dan kerajinan tangan.

Kamu gak harus jadi mahasiswa UI untuk dapat menikmati fasilitas ini. Gedung yang berlokasi dekat dengan Masjid Ukhuwah Islamiyah kampus Depok  tidak hanya diperuntukkan bagi sivitas akademika saja, namun terbuka bagi siapa saja yang tertarik untuk mempelajari seni dan budaya.

BACA JUGA: Jadi Ternyata Gedung Baru Samping MUI itu Art and Culture Centre tho!

3. Gedung Megah Mahasiswa, Pusgiwa Baru

Sumber: ui.ac.id

Untuk menunjang aktivitas mahasiswa dalam kegiatan non akademis, UI menyediakan gedung khusus kegiatan mahasiswa yang diberi nama Pusgiwa (Pusat Kegiatan Mahasiswa). Gedung yang terdiri dari 7 lantai di atas lantai dasar dibangun untuk menunjang aktivitas mahasiswa khususnya dalam kegiatan non akademis, seperti olahraga, seni, budaya, dan aktivitas organisasi mahasiswa lainnya.

Diresmikan pada 24 Oktober 2018, Gedung Pusgiwa Baru UI dilengkapi dengan auditorium yang mampu menampung hingga 500 orang. Selain itu, gedung ini juga menyediakan ruang penyimpanan peralatan UKM dan ruang rapat organisasi mahasiswa, ruang untuk latihan tari dan dansa, ruang musik untuk latihan paduan suara dan orkestra, ruang latihan teater dan sinematografi, dan perkantoran bagi Direktorat Kemahasiswaan dan Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni UI.

BACA JUGA: Perjalanan Senja Seorang Ibu di Pusgiwa

4. Kantin Baru Fakultas Psikologi, Kantin SEJIWA

Sumber: psikologi.ui.ac.id

Mahasiswa Psikologi pasti tak asing dengan Kancil alias Kantin Cikologi (Psikologi). Nah, mulai 4 Juli 2019, Kancil hadir dengan konsep yang berbeda dan berganti nama menjadi Kantin SEJIWA. Kantin SEJIWA ini memiliki 10tenant mampu menampung hingga ±360 orang, lho!

Perbedaan antara kantin psikologi baru dan lama terdapat dalam bentuk pelayanan yang mencakup beberapa aspek, seperti sistem pembayaran cashless dan sistem self-service. Pengunjung diwajibkan untuk mengembalikan alat makan dan minum yang sudah dipakai ke tempat yang disediakan. Untuk higienitas makanan sendiri gak usah takut. Sebab, Kantin SEJIWA mewajibkan pedagang untuk memakai celemek, sarung tangan, dan penutup kepala saat operasional.

BACA JUGA: Berikut Ini Tipe-Tipe Pengunjung Kantin di UI, Kamu Termasuk yang Mana?

5. Rumah Sakit UI (RS UI)

Sumber: viva.co.id

Bangunan yang dinantikan sivitas akademika UI akhirnya rampung juga. Rumah sakit Universitas Indonesia (RSUI) merupakan rumah sakit perguruan tinggi negeri pertama di Indonesia yang mempunyai rancang bangun fisik dengan konsep hijau yang ramah lingkungan.

Dibangun di atas lahan seluas 106.100 m2 yang terdiri atas 14 lantai, gedung yang berada di kompleks area Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan UI tidak hanya dibangun untuk melayani masyarakat saja, namun juga berfungsi sebagai rumah sakit pendidikan.

Untuk mendukung proses kegiatan belajar mengajar, RS UI dilengkapi dengan ruang observasi yang memungkinkan mahasiswa untuk memantau tindakan medis secara live di ruang kelas. Pastinya, tindakan ini dilakukan atas izin pasien dan tanpa mengganggu kenyamana pasien. Dengan mantra ajaib ‘We Provide Outstanding Care, RS UI siap memberikan pelayanan yang berorientasi pada keselamatan pasien secara efisien.

BACA JUGA: PKM, Yuk… Males ah, yang ada Gua makin sakit!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ditha Adinda

Content Writer. Are you the end of my prayer? Because Amen love with you. Hit me on: Ditha Adinda (Vokasi, Administrasi Rumah Sakit 2017). Baca artikel Ditha Adinda lainnya.

0 Comments

Leave a Reply