Yuk Membuat Resolusi Tahun Baru Ala Anak UI


0

Membuat resolusi tahun baru. Anak UI, tahun 2020 akan segera berakhir dalam waktu hitungan hari. Ada yang merasa tahun ini begitu panjang karena harus menghabiskan waktu hampir satu tahun untuk tetap di rumah aja. Ada juga sebagian orang yang merasa bahwa tahun ini berlalu begitu cepat karena memang banyak sekali yang terjadi di tahun 2020 ini. Mulai dari pandemi virus covid-19 yang tak berkesudahan di negeri kita, pemilihan presiden di Amerika Serikat, demo di beberapa negara seperti Korea Selatan, Thailand dan tak luput juga di Indonesia, hingga persoalan mengenai Pilkada yang digelar pada tanggal 9 Desember lalu.

Walaupun tahun 2020 akan segera berakhir, dan belum ada kepastian mengenai pandemi covid-19 di Indonesia hingga tahun depan, mari kita tanamkan harapan-harapan baru untuk di tahun berikutnya, mari beradaptasi dan realisasikan mimpi atau rencanamu yang sempat tertunda dengan membuat resolusi tahun baru, penasaran bagaimana caranya? Baca artikel ini sampai habis.

1. List the Goals

Sumber: yourtrainingedge.com

Ada yang berencana untuk menghilangkan berat badan, berhenti merokok, atau menaikan nilai IPK biar grafiknya jadi naik di SIAK di tahun depan tapi gagal karena stres akibat di rumah terus. Nah karena sudah 10 bulan di rumah aja, harusnya kita sudah bisa beradaptasi dan mencari celah bagaimana caranya agar pencapaian kita bisa stabil seperti sebelum adanya pandemi. Jika kamu berencana untuk menurunkan berat badan, seharusnya karena di rumah aja kamu dapat memaksimalkan waktu yang kamu punya untuk berolah raga melalui tutorial di Youtube, dan lain-lain.

2. Realistic

Sumber: ziprecruiter.com

Tulis daftar mengenai apa saja tujuan kamu di tahun depan dengan se-realistis mungkin. Pertimbangkan kemungkinan yang ada jika keadaan di Indonesia semakin buruk. Pertimbangkan juga jika keadaan lebih baik dan Indonesia terbebas dari covid-19. Tulis dengan realistis hal atau kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan di masa itu. Misalnya kamu berencana untuk mengikuti pengabdian masyarakat di tahun depan. Nah kamu bisa mulai membuat daftar, lembaga atau organisasi apa di UI yang tetap melaksanakan kegiatan di tengah pandemi. Coba tanya-tanya lebih jelas tentang program yang mereka jalankan.

3. Commitment

Sumber: medium.com

Untuk menjalankan resolusi tahun baru ini, kamu harus berkomitmen penuh bukan dengan pacar, teman kuliah, atau organisasi, tetapi komitmen dengan dirimu sendiri. Setiap kali kamu berpikir untuk menyerah, ingat kembali kenapa kamu ingin menggapai goals tersebut. Ingat pula usaha dan waktu yang kamu alokasikan untuk goals tersebut. Jangan jadikan rintangan kecil atau bahkan kemalasan menghalangi kamu untuk mencapai tujuan tertentu.

4. Baby steps

Sumber: methodsman.com

Jika kamu ingin mendapatkan beasiswa di tahun depan, maka kamu harus memenuhi persyaratannya, siapkan dari jauh-jauh hari berkas pendaftaran dan esai. Tak jarang pihak penyelenggara hanya menginginkan siswa yang memiliki prestasi di bidang lomba, nah kamu bisa mulai memenuhi peryaratan beasiswa dengan cara mengikuti lomba. Begitu pula dengan tujuan lainnya misal magang di luar negeri atau student exchange, baiknya kamu menyusun rencana bagaimana menggapai tujuan tersebut, misal dengan menyusun rencana dan membaginya ke dalam langkah-langkah kecil. Dengan hal demikian, akan lebih mudah bagimu untuk merealisasikan tujuan-tujuanmu.

BACA JUGA: Beasiswa Unggulan Kemendikbud, Informasi Lengkap Jenjang S1, S2, dan S3

5. Self Reward

Sumber: vancouverisawesome.com

Ketika salah satu tujuanmu tercapai, kamu bisa memberi penghargaan kepada dirimu sendiri, entah itu dengan cara membeli barang baru, membeli makanan atau boba favorit di Margonda, hingga mengikuti les bahasa asing di LBI FIB UI. Jangan lupa untuk selalu menghargai dan berterima kasih kepada dirimu sendiri atas apa yang telah kamu lakukan selama setahun ini.

Tahun 2020 memang tahun yang berat bagi hampir semua orang di dunia. Berterimakasihlah pada dirimu dan support system-mu karna masih bisa tetap waras hingga di ujung tahun ini. Semangat!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Rahmadianty Alivia
Saya Rahmadianty Alivia. Dari program Vokasi prodi Komunikasi Penyiaran Multimedia (2019). Saya senang mempelajari hal baru, memelihara hewan, dan tumbuhan liar di rumah. Satu fakta unik dari saya adalah saya alergi mi instan.