Memasuki semester baru adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu. Semester baru berisi banyak hal baru yang bisa mahasiswa eksplor. Namun, apakah semester baru tetap ditunggu-tunggu bila berhubungan dengan pengeluaran baru?

Mahasiswa dituntut untuk banyak membaca. Buku teks kuliah pun menjadi hal yang tidak bisa dihindari, sifatnya wajib untuk dimiliki. Bagaimana jika kantong tidak bisa diajak bekerjasama untuk membeli buku-buku teks kuliah tersebut? Tenang saja! Disini kamu bisa menemukan berbagai celah yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kantongmu tetap sehat dan tidak kering kerontang.

 
Tablets and phones

1. Versi Digital

Hidup di tahun berapakah kamu saat ini? Jangan mau ketinggalan jaman. Saat ini sudah banyak buku teks yang tersedia dalam versi online. Rajin-rajinlah mencari, mengunduh, dan menyimpannya dengan rapi di laptop kesayanganmu.

 
J.H.Edits-12

2. Malu bertanya senior, kering di kantong

Ingatlah bahwa kamu hidup di dunia perkuliahan itu tidak sendiri. Ada banyak senior-senior yang sebelumnya sudah mempelajari apa yang kamu pelajari. Bangun koneksi dengan senior dan pinjam buku teks kuliah mereka! Bahkan kamu bisa mengusulkan pada himpunan jurusanmu untuk menggelar “Pekan Buku Kuliah”, dimana buku-buku senior dikumpulkan menjadi satu agar bisa dipilah-pilih dan dipinjam oleh mahasiswa di bawahnya.

advertisement

 
Chinese Teacher

3. Jangan bosan dengan dosen

Selain senior, orang yang bisa kamu tanyakan mengenai buku teks kuliah adalah dosen. Dosen, yang mengajar kamu, tentunya tahu dan memiliki buku-buku teks kuliah yang kamu perlukan. Tak jarang, dosen memberikan bukunya untuk kamu perbanyak. Dosen juga memiliki kumpulan buku teks kuliah versi digital yang dapat dengan mudah kamu copy. Perlu diingat, bahwa sumber informasi itu terdapat dimana-mana, termasuk di dosen.

 
“I fell asleep reading a dull book and dreamed I kept on reading, so I awoke from sheer boredom.”

4. Toko buku alternatif

Jika kamu mengaku mahasiswa UI, kamu pasti pernah mendengar istilah barel. Hidup itu jangan mengendap di kosan dan kampus melulu, main-mainlah kamu ke barel karena disitu terdapat toko buku yang menyediakan berbagai buku teks kuliah dengan harga murah. Jangan lupa untuk mengasah skill persuasimu, karena disini kamu bisa menawar harga.

 
Books!

5. Perpustakaan

Buku teks kuliah wajib setiap mata kuliah memang hal yang perlu dimiliki oleh mahasiswa, akan tetapi jangan menutup kemungkinan untuk belajar dari buku-buku lain. Tengoklah perpustakaan universitas, fakultas, atau bahkan jurusan. Dari situ, kamu dapat mempelajari hal baru serta menambah wawasan. Wawasan yang luas dapat membantu kamu bersinar di proses belajar mengajar.

advertisement

Jadi jangan lagi mau kantongmu dibuat kering oleh buku-buku kuliah. Jangan lagi bingung bagaimana mencari buku teks kuliah seperti anak kucing mencari induknya. Yang kamu perlukan adalah informasi-informasi di atas dan setelah kamu mengetahui informasi tersebut, ayo gercep!

Gerak cepat untuk mengunduh versi digital, bertanya pada senior, bertanya pada dosen, pergi ke toko buku alternatif, dan kunjungi perpustakaan. Jika kamu masih kesulitan, tandanya kamu perlu mencari lebih banyak informasi, tengoklah sekitarmu, terdapat banyak orang yang bisa kamu tanyai.

Mana cara yang pernah kamu pakai? Tulis di komentar ya!

Photo Credit: wohnai via Compfight cc



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😒 (33%)
  • 😆 (33%)
  • 😡 (17%)
  • 😮 (17%)
  • 😍 (0%)
  • 😭 (0%)
  • 😊 (0%)