Pernahkah kamu mengurus sesuatu yang berkaitan dengan administrasi di kantor-kantor pemerintahan atau pun nonpemerintah? Ada banyak prosedur dan birokrasi, belum lagi waktu menunggu yang membosankan. Hal ini kemudian membuatmu berpikir, bagaimana caranya mewujudkan good governance dari segi administrasi? Nah, mempelajari Ilmu Administrasi Negara adalah salah satu pintu yang harus kamu masuki supaya pengurusan administrasi di Indonesia ini semakin baik dan rapi.

Deskripsi Umum Jurusan Ilmu Administrasi Negara

Deskripsi Umum Jurusan Ilmu Administrasi Negara via mirunasays

Deskripsi Umum Jurusan Ilmu Administrasi Negara via mirunasays

Program Studi (prodi) Ilmu Administrasi Negara berada di Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Indonesia. Tujuan dari Prodi Ilmu Administrasi Negara sesuai dengan visi dan misinya, antara lain menghasilkan lulusan yang menguasai teori dan metodologi Ilmu Administrasi Negara agar mampu mengaplikasikannya dalam dunia administrasi secara global. Selain itu, lulusan prodi ini juga diharapkan mampu mendefinisikan kebijakan makro dan mikro pemerintahan dalam dunia administrasi sehingga membentuk sistem yang terintegrasi, dan mampu mengembangkan konsep administrasi, sehingga dapat menjawab permasalahan yang semakin berkembang. Dengan kata lain, kamu adalah perantara antara pemerintahan yang membuat aturan sistem administrasi dan masyarakat yang menjalankan aturannya.

Administrasi negara adalah sebuah proses yang dilakukan oleh perorangan atau organisasi yang berkaitan dengan implementasi atau pelaksanaan peraturan dan hukum yang dikeluarkan oleh pemerintahan, baik dari badan legislatif maupun eksekutif. Tidak hanya itu saja, dalam prosesnya dibutuhkan kepiawaian manajemen organisasi publik. Administrasi negara yang sehat untuk mewujudkan good governance memerlukan manajemen sumber daya manusia, manajemen pelayanan umum, manajemen kinerja, sistem pemerintah daerah, leadership, kebijakan publik, bahkan administrasi keuangan, akuntansi dan e-government.

 

Jurusan Ilmu Administrasi Negara Ini Cocok Bagi Kamu yang…

Jurusan Ilmu Administrasi Negara Ini Cocok Bagi Kamu yang... via hmadm.ui.ac.id

Jurusan Ilmu Administrasi Negara Ini Cocok Bagi Kamu yang… via hmadm.ui.ac.id

Buat kamu yang menyukai kerapian dan “kebersihan” dalam proses administrasi sebuah organisasi, baik itu milik pemerintahan dan swasta. Passion kamu ini akan membuat kamu enjoy mempelajari Imu Administrasi Negara. Semua itu biasanya tercermin dalam kepribadian kamu yang rapi, suka mendokumentasikan dan menyimpan arsip atau berkas-berkas penting dengan baik, memiliki kemampuan manajerial yang baik, tidak suka bertele-tele dalam suatu urusan dan menyukai dunia birokrasi yang bersih. Semoga kamu menjadi salah satu dari orang-orang yang memperbaiki sistem administrasi pemerintahan atau sektor privat di Indonesia kelak.

 

advertisement

Mata Kuliah, Kurikulum, dan Peminatan

Mata Kuliah, Kurikulum, dan Peminatan

Mata Kuliah, Kurikulum, dan Peminatan

Mata kuliah apa sajakah yang akan kamu pelajari di sini? Program sarjana Departemen Ilmu Administrasi Negara memiliki banyak mata kuliah dari A-Z untuk memperkaya pengetahuan kamu tentang teori administrasi negara dan melatih soft skill yang berguna saat kamu bekerja nanti. Beberapa contoh mata kuliah itu adalah Pengantar Ilmu Administrasi Negara, Sistem Administrasi Negara, Pengantar Perpajakan, Pengantar Teori Organisasi, Ekonomi untuk Administrasi Negara, Pengantar Manajeman, Hukum dan Pembangunan, Birokrasi dan Pemerintahan, Keuangan Negara, Administrasi Pembangunan, Evaluasi Proyek dan Pengambilan Keputusan, Pelayanan Publik, Hukum dan Administrasi Negara, Etika Administrasi, bahkan tentang Desentralisasi dan Otonomi Daerah. See? Betapa komprehensifnya pembahasan tentang Ilmu Administrasi Negara ini. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat sendiri detail mata kuliah yang diberikan di sini: (http://s1adm.ui.ac.id/administrasi-negarapublik/)

Untuk melatih soft skill dan penerapan dari semua mata kuliah yang telah kamu dapatkan, nanti akan ada program magang (internship). Kegiatan ini merupakan praktik dari semua teori yang telah kamu pelajari, sebelum nantinya bekerja dalam pengabdian masyarakat. Dalam Jurusan Imu Aministrasi Negara, terdapat dua peminatan, yaitu pembangunan regional dan sumber daya manusia dalam sektor publik. Pembangunan regional menitikberatkan pada teori dan konsep pembangunan, perencanaan pembangunan, konsep regional, keterkaitan pemerintahan pusat dan daerah, dan pembahasan antara aspek sosial dan ekonomi. Sementara sumber daya manusia dalam sektor publik membahas mengenai konsep kepemimpinan, perencanaan strategis, sumber daya sektor publik, dan yang berkaitan dengan legitimasi publik.

 

BACA JUGAIni Alasan Kenapa Kamu Harus Masuk Hubungan Internasional FISIP UI

Prospek Kerja

Prospek Kerja lulusan ilmu administasri negara UI

Prospek Kerja lulusan ilmu administasri negara UI

Dari semua mata kuliah yang telah diberikan, diharapkan para lulusan memiliki ilmu teori dan praktik yang matang dalam dunia administrasi. Harus memiliki kompetensi intelektual, manajerial, dan etika yang sopan (behavior) serta solutif dalam menyelesaikan permasalahan administrasi publik. Profesi dan karier lulusan sarjana Ilmu Administrasi Negara dapat bekerja di hampir semua sektor administrasi dalam pemerintahan atau pun nonpemerintah. Posisi yang bisa diisi adalah sebagai profesional, analis, konsultan, administrator, peneliti, dosen, politikus, atau anggota Dewan, bahkan manajer sebuah instansi.

Lembaga yang sesuai dengan keilmuan ini antara lain BUMN, BAPPENAS, BAPPEDA, lembaga keuangan, lembaga pelayanan publik atau pun instansi pemerintahan lainnya dan perusahaan swasta. Jangan khawatir, dengan bekal teori dan soft skill yang kamu dapatkan sejak perkuliahan ditambah pembawaan yang meyakinkan akan membuat kamu bernilai saat melamar pekerjaan.

advertisement

 

Kampus Lain dengan Jurusan Serupa

Selain di UI, di mana lagi kamu bisa temukan prodi ini?

Selain di UI, di mana lagi kamu bisa temukan prodi ini?

Berdasarkan data dari Badan Akreditas Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT), terdapat universitas negeri di Jawa Barat dan universitas swasta di sekitar Jakarta yang mendapatkan akreditasi A selain Universitas Indonesia. Univeritas negeri adalah Universitas Padjajaran di Bandung. Sedangkan daftar universitas swasta adalah:

  • Universitas Prof. Dr. Moestopo
  • Universitas Nasional
  • Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia (STIAMI)

Biaya Kuliah

Berapa biaya kuliah Ilmu Administrasi Negara UI?

Berapa biaya kuliah Ilmu Administrasi Negara UI?

Biaya kuliah sarjana reguler di UI menggunakan sistem Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BPO-B) yang pembayarannya disesuaikan dengan kemampuan keuangan penanggung biaya. BPO-B untuk jurusan ini dimulai dari Rp100.000,00 – Rp5.000.000 tanpa perlu membayar uang pangkal. Sementara untuk sarjana kelas paralel, nilai BPO yang yang harus dibayarkan sebesar Rp8.500.000,00 dan harus membayar uang pangkal sebesar Rp10.000.000,00.

Yuk, mari kita wujudkan sistem administrasi pemerintahan Indonesia yang lebih baik. Salah satu caranya adalah bergabung dengan kami di jurusan Ilmu Administrasi Negara. Mana nih, emoticon kedip-kedip mata?

Sumber:

s1adm.ui.ac.id/administrasi-negarapublik/

http://ban-pt-universitas.blogspot.co.id/2015/05/universitas-jurusan-ilmu-administrasi-negara-terbaik-peringkat-a-ban-pt.html

http://www.ui.ac.id/akademik/sarjana-reguler/fakultas-ilmu-sosial-dan-ilmu-politik/s1-ilmu-administrasi-negara-fiskal-niaga.html

 



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😊 (68%)
  • 😮 (29%)
  • 😍 (4%)
  • 😡 (0%)
  • 😭 (0%)
  • 😒 (0%)
  • 😆 (0%)