Pernah terpikir oleh kamu untuk menjadi analis di bidang ekonomi? Kagum pada orang-orang yang menjadi pengambil kebijakan dalam perekonomian Indonesia dan berpikir di mana mereka belajar untuk menjadi seperti itu? Di sini tempatnya! Program Studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

 

Sekilas Tentang Prodi Ilmu Ekonomi

Sekilas Tentang Prodi Ilmu Ekonomi via opkfebui

Sekilas Tentang Prodi Ilmu Ekonomi via opkfebui

Program Studi (atau Prodi) Ilmu Ekonomi FEBUI merupakan salah satu prodi dari beberapa prodi di FEBUI. Serupa dengan prodi lainnya (Akuntansi dan Manajemen), Prodi Ilmu Ekonomi memperoleh akreditasi A dengan nilai tertinggi (391 dari 400) yang bisa membuat kamu tenang akan kualitas pengajaran di prodi ini. Lantas, apa saja sih yang dipelajari di prodi ini?

Di Prodi Ilmu Ekonomi, kamu akan mendapatkan pengetahuan yang berkaitan dengan ekonomi makro, misalnya tentang pengelolaan ekonomi negara, analisis terhadap masalah moneter, perindustrian, hubungan keuangan pusat dan daerah, serta keuangan internasional.

Selain itu, kamu juga akan mempelajari bagaimana masyarakat mengambil keputusan dalam mengalokasikan sumber daya yang terbatas. Di sini kamu tidak hanya mempelajari uang, tetapi juga perilaku yang menjadi sebab akibat dari kegiatan ekonomi itu sendiri, contohnya penyebab tingkat inflasi yang tinggi dengan tingkat pengangguran.

advertisement

Kamu juga akan belajar memformulasikan fenomena ekonomi ke dalam persamaan matematis agar lebih sederhana. Karena itulah, jika kamu ingin masuk prodi ini, kamu harus mempersiapkan diri untuk terbiasa dengan mata kuliah Statistik dan Matematika Ekonomi. Termasuk mengubah bentuk persamaan ke dalam bentuk gambar (baca: kurva). Persamaan matematis dan pembentukan kurva ini bisa dikatakan sebagai hal yang akan terus kamu temui, mulai dari hari pertama kuliah hingga hari kamu menjalani sidang skripsi. Singkatnya, tiada hari tanpa angka dan kurva.

Untuk prodi ini, S1 yang tersedia hanya S1 reguler. Namun untuk kuota, prodi ini serupa dengan Prodi Akuntansi dan Manajemen, yakni terbagi rata (50:50) antara jalur undangan (SNPMTN) dan jalur tulis (SBMPTN dan SIMAK UI). Dibuka pada program S1 Reguler, di mana kuotanya terbagi rata antara jalur masuk undangan (SNPMTN) dan jalur tulis (SBMPTN dan SIMAK-UI).

 

Bagaimana Perkuliahan di Prodi Ilmu Ekonomi?

Bagaimana Perkuliahan di Prodi Ilmu Ekonomi? via HumasFEBUI

Bagaimana Perkuliahan di Prodi Ilmu Ekonomi? via HumasFEBUI

Seperti banyak prodi lainnya, beban SKS di Prodi Ilmu Ekonomi adalah minimal 144 SKS. Tepatnya harus menempuh 144-146 SKS untuk bisa lulus dari prodi ini. Prodi Ilmu Ekonomi juga tidak memiliki peminatan atau konsentrasi.

Di tahun awal (semester pertama hingga ketiga), ada beberapa mata kuliah prodi ini yang sama dengan prodi lainnya di FEBUI. Mata kuliah tersebut antara lain Pengantar Akuntansi 1, Pengantar Akuntansi 2, Pengantar Mikro Ekonomi, Pengantar Makro Ekonomi dan Pengantar Bisnis.

Untuk kamu yang agak bingung kenapa harus belajar Akuntansi dan Manajemen, ketika yang menjadi pilihan kamu jelas-jelas adalah Ilmu Ekonomi, begini penjelasannya.

advertisement

– Prodi Ilmu Ekonomi bertujuan mencetak (sebut saja) analis atau ahli ekonomi; orang yang mampu membuat keputusan ekonomi setelah melihat kondisi ekonomi secara keseluruhan.

– Untuk dapat membaca kondisi ekonomi secara keseluruhan, dia harus memahami sifat dan mekanisme kerja area-area dalam ekonomi, yakni Akuntansi dan Manajemen.

– Jadi, untuk dapat membuat keputusan yang menjadi solusi dari masalah ekonomi, kamu kudu, wajib mengerti Akuntansi dan Manajemen.

Begitu ceritanya.

Nanti setelah kamu memasuki semester berikutnya, barulah kamu akan berkenalan dengan mata kuliah yang lain seperti.

  • Administrasi dan Perencanaan Pembangunan
  • Akuntansi Biaya
  • Akuntansi Pemerintahan
  • Akuntansi Sektor Publik
  • Akuntansi Syariah
  • Analisis dan Teknik Demografi
  • Analisis Kebijakan Publik
  • Analisis Multivariat
  • Analisis Proyek Publik
  • Bisnis Global
  • Ekonometrika Cross Section dan Panel Data
  • Ekonometrika Time Series
  • Ekonomi dan Kebijakan Energi
  • Ekonomi Industri
  • Ekonomi Industri dan Regulasi
  • Ekonomi Internasional
  • Ekonomi Kemiskinan

 

Dilihat dari mata kuliahnya, prodi ini cocok untuk kamu yang suka meneliti, berpikir kritis, dan menemukan hubungan dalam setiap hal. Terutama yang terakhir; menemukan hubungan dalam segala hal. Di prodi ini, kamu akan diajarkan untuk meneliti hubungan atau interaksi dalam setiap unit (rumah tangga, perusahaan, dll) dalam ekonomi sehingga ketika suatu kebijakan dibuat, akan dapat diramalkan apa yang akan terjadi pada unit-unit itu.

Dan sekali lagi, itulah kenapa kamu harus mengetahui dasar-dasar Akuntansi dan Manajemen dalam perkuliahan ini; karena keputusan ekonomi yang akan kamu buat akan sangat dipengaruhi dan memengaruhi area-area tersebut. Got it?!

 

Ke Mana Setelah Lulus dari Prodi Ilmu Ekonomi?

Ke Mana Setelah Lulus dari Prodi Ilmu Ekonomi?

Ke Mana Setelah Lulus dari Prodi Ilmu Ekonomi? via kastratfebui

Prodi S1 Ilmu Ekonomi di FEBUI didirikan untuk memenuhi kebutuhan pemerintah dan swasta akan tenaga analis ekonomi untuk kajian makroekonomi maupun mikroekonomi. Jadi, prodi ini didirikan sebagai jawaban dari permintaan tersebut.

Lulusan Prodi Ilmu Ekonomi dapat bekerja sebagai analis ekonomi di perusahaan ataupun institusi penelitian, perbankan, pemerintahan, tenaga advokasi lembaga swadaya masyarakat ataupun melanjutkan studi untuk menjadi akademisi. Lebih jelasnya, berikut contoh pekerjaan yang dapat diisi oleh lulusan Prodi Ilmu Ekonomi:

  • Menjadi Analis di Kementrian Keuangan, Kementrian Pendidikan, BPK, BAPPENAS, BAPPEDA, Bank Indonesia, Pegadaian dan Dinas Perpajakan.
  • Menjadi Perencana pertama, asisten peneliti atau asisten analis kebijakan di lembaga penelitian pemerintah (misalnya LIPI) atau Internasional NGO.
  • Tenaga pendidik di Institusi Ekonomi.
  • Penilai di lembaga perbankan, asuransi, dan leasing.

Dan tentunya masih banyak lagi. Area pekerjaan yang membutuhkan pengambilan keputusan yang melibatkan berbagai bidang dalam ekonomi, umumnya merupakan area kerja lulusan Ilmu ekonomi.

 

Selain UI, Universitas Mana yang Membuka Prodi Ilmu Ekonomi?

Selain UI, Universitas Mana yang Membuka Prodi Ilmu Ekonomi? via bemfemipb

Selain UI, Universitas Mana yang Membuka Prodi Ilmu Ekonomi? via bemfemipb

Selain di UI, ada beberapa universitas lain yang membuka prodi ini. Untuk PTN di wilayah Jawa, Prodi Ilmu Ekonomi dengan akreditas A dapat ditemui di UGM, UI, IPB, UNAIR, UNIBRAW, UNDIP, UNEJ (Jember), UNS sebelas maret Surakarta, Unsoed Purwokerto, Unpad Bandung, dan UIN Syarif Hidayatullah. Sedangkan untuk universitas swasta area Jabodetabek, Prodi Ilmu Ekonomi dengan akreditasi A baru dibuka di Universitas Trisakti.

 

Berapa Biaya Perkuliahan di Prodi Ilmu Ekonomi?

Berapa Biaya Perkuliahan di Prodi Ilmu Ekonomi? via umasFEBUI

Berapa Biaya Perkuliahan di Prodi Ilmu Ekonomi? via umasFEBUI

Sama halnya dengan S1 reguler di Prodi Akuntansi dan Manajemen, selain tidak dikenakan uang pangkal, biaya kuliah di Prodi Ilmu Ekonomi ini juga berkisar Rp100.000,00 – Rp5.000.000,00 yang dinamakan BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan), artinya besar biaya kuliah yang dibayarkan akan sesuai dengan kemampuan ekonomi mahasiswa yang bersangkutan. Uang kuliah ini dibayarkan sekali tiap semesternya tanpa perlu lagi membayar uang SKS.

Source:

http://www.ui.ac.id/akademik/sarjana-reguler/fakultas-ekonomi/ilmu-ekonomi.html

http://www.jurusankuliah.info/2015/05/prospek-lapangan-kerja-jurusan-ekonomi-pembangunan.html



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😊 (70%)
  • 😍 (9%)
  • 😭 (9%)
  • 😡 (7%)
  • 😆 (4%)
  • 😒 (2%)
  • 😮 (0%)