Citizen Journalism, sebuah fenomena di masyarakat yang makin lama makin meningkat seiring dengan berkembangnya teknologi. Dengan berkembangnya citizen journalism ini, masyarakat jadi punya banyak alternatif  berita dan perspektif suatu hal dari berbagai pihak. Jadi ga cuma jurnalis profesional aja yang bisa memberikan berita. Masyarakat biasa juga bisa menjadi jurnalis dengan menulis blog atau memuat gambar di twitter yang kadang-kadang justru memuat kejadian yang gak terlacak oleh para jurnalis profesional. Contohnya aja waktu menteri sosial ditegur sama gubernur DKI Jakarta gara-gara mobilnya masuk ke jalur busway. Itu terjadi karena ada warga yang emang ngeliat kejadian tersebut terus nge-upload foto kejadian itu ke twitter.

Anyway, fenomena citizen journalism juga marak di UI. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya postingan mengenai berita, informasi, opini, serta publikasi kegiatan di anakUI.com. Memang gak bisa dipungkiri kalo keberadaan media kaya anakUI.com itu sangat penting bagi citizen journalism itu sendiri serta mahasiswa yang emang haus akan berita. Karena tanpa media tersebut, mahasiswa jadi gak bisa sharing berita, pendapat, dan yang paling penting mahasiwa jadi gak tau berita apa aja yang ada di sekitarnya. Kan gak lucu banget kalo anak UI tapi gak tau berita apa yang lagi update di UI.

Selain lewat website, anakUI.com juga mencoba lebih dekat dengan mahasiswa UI melalui twitter. Hal ini bisa memudahkan anggota komunitas anakUI.com (mengingat twitter lebih mobile) karena mereka gak perlu repot-repot buka laptop mereka dulu untuk ngeliat postingan berita yang ada di anakUI.com atau sekedar memberikan pendapat mereka mengenai postingan tersebut.

Akhir kata, kita sebagai mahasiswa dan masyarakat harus kritis sekaligus peka terhadap segala peristiwa di sekeliling kita dengan menjadi citizen journalism dan jangan lupa ramaikan anakUI.com dengan postingan serta berita-berita yang bermanfaat buat semuanya.

Lomba anakUI.com berhadiah tiket Jakarta FantastiKpop ini didukung oleh Plasa.com. Informasi tentang konser dan pembelian tiket konser Jakarta FantastiKpop bisa dilihat di website ini: http://ticket.plasa.com/fantastikpop. Ayo ajak teman-temanmu penggemar KPOP buat nonton bareng!



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😭 (0%)
  • 😡 (0%)
  • 😒 (0%)
  • 😮 (0%)
  • 😍 (0%)
  • 😆 (0%)
  • 😊 (0%)

advertisement