Waktu bergerak begitu cepat! Rasa-rasanya kalimat satu itu benar juga. Saking cepatnya, gak terasa kalau sekarang Tiga Lembaga penting di lingkungan UI sudah berganti. Lembaga penting itu tidak lain dan tidak bukan adalah BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa), dan MWA (Majelis Wali Amanat) UI. Wihh, kayaknya baru kemarin Bang Andi dan Taufik bagi-bagiin ice cream sekaligus kampanye. Sekarang… sudah harus lengser.

Genap satu tahun masa kepengurusan tiga lembaga tersebut, pasti menyisakan kenangan dan harapan bagi kepengerusan yang lalu. Tepat Rabu, 6 Januari 2016 kemarin, Evaluasi Akhir Tahun dan Pelantikan 3 Lembaga digelar. FYI, tahun lalu pun acara EAT dan pelantikan ini dilaksanakan tanggal 6 Januari juga. Oleh karena itu, 6 Januari ditetapkan sebagai tanggal pergantian kepengurusan, biar genap pas satu tahun.

Rabu, 6 Januari 2016 kemarin, Evaluasi Akhir Tahun dan Pelantikan 3 Lembaga digelar

Rabu, 6 Januari 2016 kemarin, Evaluasi Akhir Tahun dan Pelantikan 3 Lembaga digelar

 

Acara tersebut dilakukan di Aula Terapung UI, mulai pukul 09.00 WIB sampai 13.00 WIB dan dihadiri oleh sejumlah kalangan civitas akademika, khususnya Pak Muhammad Anis selaku Rektor UI dan Pak Arman Nefi selaku Direktur Kemahasiswaan UI.

advertisement

Hm…, acara ini bisa dibilang khidmat, tapi santai juga, sih! Karena di sela-sela kekhdimatan itu, pasti ada aja guyonan-guyonan dari mahasiswanya. Meskipun sedikit ngaret, acara ini berjalan lancar dan berakhir tepat waktu serta banyak yang datang—mungkin karena free snack and lunch, hehe.

Layaknya acara sakral, acara ini pun dibuka dengan sambutan. Ada sambutan dari ketua BEM, DPM UI 2015, Direktur Kemahasiswaan, dan Rektor UI. Kemudian pembacaan Laporan Pertanggungjawaban dari lembaga tersebut dengan 3 orang presidium.

LPJ pertama, yaitu LPJ BEM UI 2015 yang dibacakan oleh Ketua dan Waka BEM UI 2015. Kedua, dari DPM UI, dan ketiga dari MWA UI. Berbeda dengan DPM dan MWA, BEM UI membacakan laporan tersebut dengan cara dibacakan langsung, sedangkan DPM dan MWA melalui presentasi. Setelah LPJ dibacakan, penyerahan LPJ pun disahkan oleh presidium.

Pembacaan LPJ ini sebetulnya bikin pendengar mengingat kembali apa aja yang sudah dilakukan oleh ketiga lembaga tersebut. Mulai dari seruan aksi sampai mengayomi mahasiswa UI. Banyak deh kalau dijabarin satu-satu. Ketiga lembaga ini juga gak membacakan LPJ selembar-selembar karena LPJ mereka lebih tebal daripada skripsi! Jadi, yang dibacain hanya yang intinya aja.

Setelah selesai, sesi pembacaan dan pengesahan LPJ kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan hasil survei DPM dan Litbang mengenai nilai yang diperoleh oleh lembaga tersebut dalam menjalani tugas-tugasnya setahun ini. Maka dibukalah sesi tanya-jawab. Gak ada pertanyaan yang neko-neko, agak kurang gereget juga liatnya. Tapi, yaudahlah dengan selesainya itu semua maka LPJ diterima.

Pengucapan sumpahmenjalankan tugas dan kewajiban mereka secara sungguh-sungguh di lembaga tersebut

Pengucapan sumpah untuk menjalankan tugas dan kewajiban secara sungguh-sungguh.

Lanjut ke acara yang paling ditunggu-tunggu. Kenapa ditunggu-tunggu? Karena saat acara ini mau berlangsung tiba-tiba aula terapung jadi dipenuhi orang-orang yang mau nonton. Sampai-sampai banyak yang gak dapet kursi duduk, saking pentingnya acara ini mungkin. Dan mungkin inilah yang paling sakral dari semua mata acara, yaitu pelantikan kepengurusan tiga lembaga tersebut. Dimulai dengan pelantikan anggota DPM yang baru, kemudian Ketua dan Waka BEM UI 2016, dan ketua MWA UI 2016.

advertisement

Mereka maju ke depan, di atas kepalanya ditaruh Alquran dan mengucap sumpah. Penontonnya pada merinding dengerin mereka mengucap janji. Dimulai dengan Bismilahirahmanirahim, janji itu diucapkan, deh!

Tau kan kalau sudah ngucap janji artinya apa? Artinya mereka harus menjalankan tugas dan kewajiban mereka secara sungguh-sungguh di lembaga tersebut. Dan kesimpulannya, terhitung tanggal 6 Januari 2016 mereka resmi menduduki jabatan yang sudah ditentukan.

Penyerahan bendera IKM UI dari pengurus yang lama pada pengurus yang baru

Penyerahan bendera IKM UI dari pengurus yang lama pada pengurus yang baru.

Secara simbolis, pergantian kepengurusan dilakukan dengan penyerahan bendera IKM UI dari pengurus yang lama pada pengurus yang baru. Serah terima jabatan ini dilakukan oleh Bang Andi dan Taufik selaku Ketua dan Waka BEM UI 2015 kepada Arya dan Majid selaku Ketua dan Waka BEM UI 2016. Kemudian serah terima jabatan dari Catur Alfath Satriya selaku Ketua DPM UI 2015 kepada anggota DPM UI 2016 terpilih, dan Abdel Setya selaku ketua MWA UI 2015 kepada ketua MWA UI 2016.

Tiga Lembaga penting di lingkungan UI sudah berganti

Tiga Lembaga penting di lingkungan UI resmi berganti.

Selamat untuk nama-nama terpilih. Selamat menjalani jabatan baru yang pasti penuh dengan warna-warni dan segala perasaan yang campur aduk, hehehe. Penulis cuma bisa memberikan satu kalimat yang mungkin gak bagus-bagus banget, tapi ini tulus, “Semakin sulit melakukan sesuatu, semakin banyak pelajaran yang dapat diambil.” Sekian.

Kami, mahasiswa UI pastinya menunggu terobosan baru yang akan dibawa oleh ketiga lembaga tersebut. Karena dari lembaga tersebutlah mahasiswa UI hidup. Menaruh banyak harapan supaya perkuliahan ini bisa tentram. Jadi, jadikanlah PR yang memotivasi, ya!

 



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😭 (100%)
  • 😡 (0%)
  • 😒 (0%)
  • 😮 (0%)
  • 😍 (0%)
  • 😆 (0%)
  • 😊 (0%)